Aneka Fakta Bunga Bangkai Yang Kami Sadur

Masih menganggap Amorphpophallus atau bunga bangkai itu sama dengan bunga rafflesia arnodli? Mereka berdua ialah dua spesies yang jauh berbeda. Dalam artikel ini sudah kami sadur beberapa fakta-fakta perbedaan antara keduanya, juga beberapa fakta-fakta lain yang akan menambah pengetahuan Anda mengenai bunga Amorphpophallus. Berikut fakta-faktanya.


 atau bunga bangkai itu sama dengan bunga rafflesia arnodli Aneka Fakta Bunga Bangkai yang Kami Sadur
ambang d atas menunjukkan bahwa bunga ini ialah memang sangat elok dan menarik.


  • Dari segi fisik, bunga bangkai dan rafflesia Arnoldi sudah sangat berbeda. Bunga rafflesia berwarna merahbesar dengan kelopak bunga raksasa merekah keluar dan melengkung ke bawah nyaris menyentuh tanah. Tidak berdaun dan bertangkai. Sedangkan bunga Amorphpophallus tumbuh menjualang tinggi ke atas lengkap dengan tangkai dan daunnya yang berukuran besar. Kelopaknya berwarna ungu di bab atasnya.



  • Berbeda dengan bunga rafflesia yang hanya tumbuh di hutan-hutan tertentu, bunga bangkai sanggup dibudidayakan. Kemudian, bunga rafflesia tumbuh sebagai benalu tumbuhan rambat, sedangkan bunga Amorphpophallus tumbuh di atas umbinya sendiri.



  • Bunga Amorphpophallus merupakan bunga yang ditetapkan sebagai maskot atau tumbuhan identitas provinsi Bengkulu.



  • Sebiji bunga Amorphpophallus titanium membutuhkan waktu 20-40 tahun semoga mekar untuk pertama kalinya.



  • Kebun raya di Jerman (Botaniche, Gärten Boon) menggunakan bunga bangkai, Amorphophallus, sebagai ikon kebun raya tersebut.



  • Bunga Amorphpophallus termasuk tumbuhan suku talas-talasan (araceae) yang tumbuh sebagai bunga beragam terbesar di dunia.


 atau bunga bangkai itu sama dengan bunga rafflesia arnodli Aneka Fakta Bunga Bangkai yang Kami Sadur
Kuncup bunga bangkai yang masih belum sempurna.


  • Walaupun berasal dari umbi yang sama, namun warna bunganya berbeda-beda, yaitu mulai dari jingga, merah hati, merah dadu, hingga kehijauan. Kemudian tongkolnya berwarna ungu, sedikit putih dan kuning.



  • Bunga Amorphpophallus mengalami fase vegetatif dan generatif yang berlangsung bergantian terus menerus sepanjang hidupnya. Pada masa vegetatif, umbinya ditumbuhi batang tunggal dan daun yang mirip daun pepaya Sampai batang dan daunnya layu menyisakan umbinya. Selanjutnya pada fase generatif, tumbuhlah bunga beragam yang menggantikan batang dan daunnya yang telah layu.



  • Sesuai dengan namanya, bunga bangkai, Amorphpophallus merebakkan aroma basi dan busuk yang menyengat, terkadang mirip basi kertas terbakar, telur busuk, basi anyir ikan, tapi yang membingungkan, bunga ini juga kadang merebakkan aroma harum yang maskulin.


 atau bunga bangkai itu sama dengan bunga rafflesia arnodli Aneka Fakta Bunga Bangkai yang Kami Sadur
.Sesuai degan namanya,. Bunga bangkai mengeluarkan aroma yang menyengat. Yaitu, berbau mirip bangkai.


  • Pada fase vegetatifnya, daun yang dihasilkan sanggup mencapai 3 hingga 4 meter. Dan pada masa generatifnya, bunga yang dihasilkan mencapai ketinggian 2 meter lebih. Namun ada yang mencapai ketinggian 6 meter pada masa vegetatifnya (hasil penelitian Yuzammi, seorang peniliti LIPI).


 atau bunga bangkai itu sama dengan bunga rafflesia arnodli Aneka Fakta Bunga Bangkai yang Kami Sadur
Amorphpophallus gigas merupakan bunga bangkai tertinggi.


  • Bunga bangkai gigas (Amorphpophallus gigas) di Sumatra, merupakan bunga bangkai tertinggi, yaitu tinggi bunga mencapai 5 meter. Sedangkan bunga bangkai titan (Amorphpophallus titanium) merupakan bunga bangkai yang lebih pendek namun diameternya lebih lebar


 


 atau bunga bangkai itu sama dengan bunga rafflesia arnodli Aneka Fakta Bunga Bangkai yang Kami Sadur
Amorphpophallus titanium merupakan bunga bagkai dengan diameter terlebar diantara genus lainnya.


  • Umbi bunga Amorphpophallus titanuim pernah ditemukan berbobot 100kg dengan diameter mirip roda kendaraan beroda empat L300. Dan 8 orang mengaku kewalahan ketika mengangkat bunga bangkai tersebut.



  • Suhu dalam seludangnya yang belum terbuka mencapai 50-60 derajat celcius pada ketika bunganya menjelang mekar. Membuatnya terlihat mengeluarkan asap di tengah-tengah dinginnya kawasan pegunungan.



  • Dari sekitar 170 jenis bunga bangkai yang tersebar di seluruh dunia, hanya ada 25 jenis saja yang sanggup ditemukan di Indonesia.


Itulah beberapa keunikan yang dikemas menjadi fakta-fakta bunga bangkai (Amorphpophallus) yang menarik. Semoga sanggup menambah wawasan bagi Anda mengenai salah satu tumbuhan yang menjadi pujian bangsa Indonesia.


Lihat juga koleksi tumbuhan hias kami disini.



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Aneka Fakta Bunga Bangkai Yang Kami Sadur"

Posting Komentar