Penawaran (Supply)

Penawaran - Transaksi di pasar tidak terwujud bila hanya ada undangan dari pihak pembeli saja. Permintaan sanggup terwujud apabila ada barang-barang dan jasa yang disediakan penjual (penawaran). Dengan demikian, bila ada undangan dan penawaran terjadilah transaksi di pasar. Nah, pada kesempata kali ini akan mencoba membahas perihal Penawaran (Supply) baik pengertian, faktor-faktor yang mempengaruhi juga serta aturan penawaran. Semoga bermanfaat. Check this out!!!

A. Pengertian Penawaran

Dalam aktivitas ekonomi, produsen memproduksi barang/jasa namun tidak dipakai untuk keperluan sendiri melainkan untuk dijual kepada konsumen dengan tujuan memperoleh keuntungan atau atau keuntungan. Inilah yang dinamakan dengan penawaran. Penawaran memperlihatkan jumlah barang dan jasa yang ditawarkan produsen kepada konsumen pada banyak sekali tingkat harga dan waktu tertentu.

Penawaran ialah sejumlah barang atau jasa yang ditawarkan oleh penjual (produsen) pada banyak sekali tingkat harga dan dalam waktu tertentu (per hari, per minggu, per tahun).

Seperti dalam undangan berdasarkan ekonomi mikro dijelaskan bahwa penawaran juga sanggup digolongkan menjadi penawaran perorangan dan penawaran pasar.
  1. Penawaran perorangan
    Penawaran perorangan ialah penawaran yang dilakukan oleh seorang penjual dalam memperlihatkan banyak sekali jumlah barang pada banyak sekali tingkat harga.
  2. Penawaran pasar
    Penawaran pasar ialah keseluruhan penawaran yang didapat dari penjumlahan penawaran perorangan suatu barang atau jasa pada banyak sekali tingkat harga.

B. Faktor yang Mempengaruhi Penawaran

Terdapat beberapa faktor yang memengaruhi produsen dalam memperlihatkan produknya pada suatu pasar di antaranya sebagai berikut.

  1. Harga Barang Itu Sendiri
    Dalam aturan penawaran dikatakan, jumlah barang yang ditawarkan dipengaruhi oleh perubahan harga barang itu sendiri. Hubungan ini bersifat positif, yaitu kalau harga barang naik, jumlah barang yang ditawarkan oleh produsen bertambah. Tujuannya ialah untuk meraih keuntungan yang lebih besar.

  2. Kemajuan Teknologi
    Kemajuan teknologi sanggup meningkatkan kapasitas produksi. Hal ini akan memengaruhi besarnya jumlah barang yang ditawarkan di pasar. Seorang pengrajin sepatu sebelum adanya mesin sanggup menghasilkan sepatu 250 pasang seminggu, tetapi dikala menemukan mesin yang sanggup memproduksi sepatu 1.000 pasang dalam seminggu, jumlah penawaran pun bertambah.

  3. Biaya Input (Faktor Produksi)
    Biaya-biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan dalam memperoleh faktor-faktor produksi memengaruhi besarnya biaya produksi. Biaya produksi akan naik kalau harga faktor-faktor produksi naik. Biaya produksi yang melebihi hasil penjualan akan mengakibatkan kerugian. Hal ini sanggup menjadikan jumlah barang yang ditawarkan berkurang.

  4. Adanya tingkat persaingan
    Semakin tinggi persaingan suatu barang alasannya ialah semakin banyaknya produsen maka jumlah penawaran pun semakin banyak.

  5. Ekspektasi (Harapan Masa Depan)
    Ketika suatu barang langka di pasaran, produsen mencoba menahan barang tersebut untuk tidak ditawarkan dulu ke pasar dengan impian harga naik terus dan produsen akan mendapat keuntungan yang besar dari perbuatannya.

  6. Harga Barang Subtitusi dan Komplementer
    Apabila harga barang substitusi meningkat, maka penawaran harga barang yang diamati akan turun. Hal ini alasannya ialah harga barang yang diamati menjadi relatif lebih murah dibandingkan harga barang substitusinya. Demikian sebaliknya. Sedangkan kalau harga suatu barang komplementer meningkat, maka penawaran terhadap barang yang diamati meningkat.

C. Hukum Penawaran

Hukum penawaran menyatakan bahwa hubungan antara harga barang/jasa dan jumlah yang ditawarkan positif. Artinya, kalau harga naik, jumlah yang ditawarkan juga naik. Demikian pula sebaliknya kalau harga turun, jumlah yang ditawarkan juga mengalami penurunan dengan syarat ceteris paribus, yaitu faktor-faktor lain dianggap konstan.

Secara eksplisit, aturan penawaran menyatakan bahwa semakin tinggi tingkat harga suatu barang, semakin banyak jumlah barang yang ditawarkan oleh pengusaha (ceteris paribus).

Untuk memahami aturan penawaran tersebut di atas, lihat pola berikut ini perihal table data penawaran terhadap harga gitar.

Penawaran Harga Gitar (P) Jumlah yang Ditawarkan (Q)
       A    Rp 600.000                           100
       B    Rp 500.000                            80
       C    Rp 400.000                            70
       D    Rp 300.000                            60
       E    Rp 200.000                            50
       F    Rp 100.000                            40

D. Kurva Penawaran

Dalam kurva penawaran perlu dibedakan antara dua pengertian yaitu penawaran dan jumlah barang yang ditawarkan. Penawaran berarti keseluruhan kurva penawaran. Adapun jumlah barang yang ditawarkan berarti jumlah barang yang ditawarkan pada suatu tingkat harga tertentu.

Berdasarkan pola table data penawaran di atas, berikut di bawah ini ialah kurva aturan penawarannya.

 Transaksi di pasar tidak terwujud bila hanya ada undangan dari pihak pembeli saja Penawaran (Supply)


Semoga artikel tersebut di atas perihal Penawaran (Supply) sanggup bermanfaat terutama bagi sahabat yang membtuhkan. Penjelasan di atas memang masih jauh dari sempurna, untuk itu kritik dan saran sahabat akan sangat berarti. Terima kasih sobat. ^^ Maju Terus Pendidikan Indonesia ^^

Sumber http://www.zonasiswa.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Penawaran (Supply)"

Posting Komentar