Soal Bahas Tbi Usm Stan #3

adj. clause
     Dalam TBI USM STAN terdapat bahan yang disebut clauses, salah satu di antara clauses tersebut yaitu adjective clause. Soal nomor 123 USM STAN 2014 masuk ke bahan adjective clause. Adjective clause yaitu sebuah clause yang dipakai untuk pertanda kata benda yang disebutkan sebelumnya. Untuk mengerjakan soal semacam ini kita harus tahu dulu jenis-jenis relative clause, yaitu kata hubung yang dipakai di adjective clause, beserta penggunaannya.
       


Berikut ini relative clause beserta penggunaannya :
a. who, dipakai untuk menggantikan orang sebagai Subjek.
b. whom, dipakai untuk menggantikan orang sebagai objek.
c. whose, dipakai untuk kepemilikan seseorang atas suatu benda.
d. which, untuk menggantikan benda sebagai subjek maupun objek.
e. of which, untuk menggantikan kepemilikan suatu benda.
f. that, dipakai untuk semuanya, kecuali kepemilikan. 
      Sekarang, mari kita kerjakan soal tersebut. Pertama kali yang kita lakukan yaitu mencari kata yang digantikan oleh relative clause. Dalam soal tersebut, yang digantikan yaitu "girls" yang merupakan orang sebagai objek.  Lihat point b di atas, sehingga yang sempurna kita gunakan yaitu whom. Kaprikornus tanggapan untuk soal di atas yaitu D, yaitu of whom.
      Namun, biasanya ada juga yang menduga bahwa tanggapan untuk soal tersebut yaitu C, yaitu of them yang merupakan pronoun (kata ganti), hal itu salah.  . Karena pronoun kita gunakan di dalam sebuah kalimat, sedangkan yang ditanyakan di soal ada di dalam sebuah clause. Agar lebih jelasnya, lihat kalimatnya berikut :
1. Cahyo met many beautiful girls at the dinner party last night, the most beautiful OF WHOM was Dina. ( Setelah kata last night terdapat tanda KOMA yang menandakkan bahwa kata-kata selanjutnya bukanlah kalimat gres akan tetapi clause, sehingga kita gunakan relative clause yaitu OF WHOM).
2. Cahyo met many beautiful girls at the dinner party last night. The most beautiful OF THEM was Dina.  ( Setelah kata last night terdapat tanda TITIK yang menandakkan bahwa kata-kata selanjutnya merupakan kalimat baru, sehingga kita gunakan pronoun yaitu OF THEM).
      Jadi, untuk menjawab soal semacam ini, kita harus pelajari terlebih dahulu relative clause dan penggunaannya.  Serta harus tahu kata benda apa yang digantikan oleh relative clause tersebut, apakah orang, benda, atau kepemilikan.


Sumber http://realmaun.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Soal Bahas Tbi Usm Stan #3"

Posting Komentar