√ Problem Kualitatif Dan Kuantitatif Kependudukan Indonesia

Masalah Kuantitatif dan Kualitatif Kependudukan Indonesia - Jumlah penduduk Indonesia menempati urutan keempat terbesar di dunia.


Penduduk suatu negara merupakan objek dan subjek pembangunan. Sebagai obyek artinya penduduk merupakan faktor yang harus dibangun atau ditingkatkan kualitas hidupnya. Sebagai subjek penduduk merupakan faktor pelaku proses pembangunan. Di lihat dari sisi yang lain, penduduk merupakan beban sekaligus potensi bagi suatu negara. Penduduk dianggap sebagai beban negara alasannya negara harus sanggup memperlihatkan pelayanan kepada penduduknya. Penduduk juga dianggap sebagai potensi alasannya penduduk merupakan kekuatan negara dari unsur Sumber Daya Manusia (SDM) yang sanggup memperlihatkan proteksi nyata bagi negara.


Masalah Kuantitatif dan Kualitatif Kependudukan Indonesia √ MASALAH KUALITATIF DAN KUANTITATIF KEPENDUDUKAN INDONESIA



Ada negara yang penduduknya besar, ada negara yang penduduknya sedikit. Ada negara yang tingkat pertumbuhan penduduknya tinggi ada negara yang pertumbuhannya rendah. Apabila suatu negara pertumbuhan penduduknya sangat tinggi, ini merupakan masalah. Hal ini dikarenakan kapasitas wilayah suatu negara terbatas. Sebaliknya kalau pertumbuhan penduduk rendah atau negatif (penduduknya semakin berkurang), ini juga mengakibatkan masalah. Sebab, penduduk negara tersebut akan habis. Begitulah permasalahan kependudukan pada sebuah negara. Kaprikornus persoalan kependudukan yaitu persoalan yang berafiliasi dengan dinamika keadaan penduduk.



Masalah kependudukan di Indonesia yaitu sebagai berikut:


Masalah Penduduk yang Bersifat Kuantitatif

a. Jumlah Penduduk Besar
Penduduk dalam suatu negara menjadi faktor terpenting dalam pelaksanaan pembangunan alasannya menjadi subjek dan objek pembangunan. Manfaat jumlah penduduk yang besar:
1) Penyediaan tenaga kerja dalam persoalan sumber daya alam.
2) Mempertahankan keutuhan negara dari bahaya yang berasal dari bangsa lain.
b. Pertumbuhan Penduduk Cepat
Secara nasional pertumbuhan penduduk Indonesia masih relatif cepat, walaupun ada kecenderungan menurun. Antara tahun 1961 – 1971 pertumbuhan penduduk sebesar 2,1 % pertahun, tahun 1971 – 1980 sebesar 2,32% pertahun, tahun 1980 – 1990 sebesar 1,98% pertahun, dan periode 1990 – 2000 sebesar 1,6% pertahun. 

c. Persebaran Penduduk Tidak Merata
Persebaran penduduk di Indonesia tidak merata baik persebaran antarpulau, provinsi, kabupaten maupun antara perkotaan dan pedesaan.



Masalah Penduduk yang Bersifat Kualitatif

a. Tingkat Kesehatan Penduduk yang rendah
Meskipun telah mengalami perbaikan, tetapi kualitas kesehatan penduduk Indonesia masih tergolong rendah. Indikator untuk melihat kualitas kesehatan penduduk yaitu dengan melihat:
1) Angka Kematian
2) Angka Harapan Hidup


b. Tingkat Pendidikan yang Rendah
Tingkat pendidikan bukanlah satu-satunya indikator untuk mengukur kualitas SDM penduduk suatu negara. Kualitas SDM berafiliasi dengan produktivitas kerja. Orang yang tingkat pendidikannya tinggi dibutuhkan punya produktivitas yang tinggi.

c. Tingkat Kemakmuran yang Rendah
Meskipun tidak termasuk negara miskin, jumlah penduduk Indonesia yang hidup di bawah garis kemiskinan cukup besar. Sebanyak 37,5 juta penduduk Indonesia hidup di bawah garis kemiskinan berdasarkan standard yang ditetapkan PBB.


Sumber http://www.ssbelajar.net/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "√ Problem Kualitatif Dan Kuantitatif Kependudukan Indonesia"

Posting Komentar