Tips Jitu Berguru Matematika


Oleh : Bambang Hidayat

Kemampuan ber-matematika anda akan senantiasa meningkat apabila dibarengi dengan intensitas atau seberapa sering anda berlatih mengerjakan soal-soal matematika. Kalau anda belum percaya silahkan buktikan sendiri. Berikut beberapa poin yang sanggup diterapkan untuk meningkatkan kemampuan ber-matematika anda :
1.      Siapkan pensil/pulpen dan kertas untuk membuat coretan-coretan perhitungan selama anda mencar ilmu matematika. Sebab, pulpen dan kertas merupakan senjata yang ampuh bagi anda yang sedang fokus dalam mencar ilmu memecahkan soal-soal matematika. Selain daripada itu, pulpen dan kertas ialah alat bantu dalam memvisualisasikan segala bentuk anutan (intelektual) anda selama memecahkan soal-soal matematika.
2.      Hindari ketergesa-gesaan dalam memecahkan soal-soal matematika. Berikan pikiran anda kesempatan untuk menelaah secara mendalam maksud dari soal yang sedang anda hadapi. Adalah penting untuk menjadi benar ketimbang cepat dalam proses mencar ilmu matematika. Tapi, kalau sedang menghadapi ujian kedua-duanya sangat diperlukan.
3.      Anda sanggup melihat teladan terlebih dahulu yang berkaitan dengan soal yang sedang anda kerjakan. Hal ini diharapkan untuk menghindari kebingungan awal. Biasanya, kalau kita gres pertama kali melihat soal itu lantas terasa sulit maka motivasi kita akan menurun untuk menyelesaikannya. Dan motivasi sangatlah penting dalam proses belajar. Menurunnya motivasi berarti menurunnya minat mencar ilmu kita.
4.      Anda sanggup juga mencar ilmu secara bahu-membahu dengan teman atau dalam kelompok mencar ilmu matematika. Keuntungan dari mencar ilmu bersama ialah anda sanggup berdiskusi bertukar pikiran dengan teman anda dalam mencari solusi atau penyelesaian dari soal-soal yang sedang kalian hadapi. Disarankan kelompok mencar ilmu beranggotakan maksimal 5 orang dalam satu kelompok. Agar sanggup lebih fokus dan tidak terlalu banyak bercerita alias gosip.
5.      Jangan terpaku pada satu metode penyelesaian soal. Bila perlu anda membuat metode atau cara-cara gres dalam menuntaskan soal matematika. Karena, tidak menutup kemungkinan satu soal matematika sanggup anda kerjakan dengan beberapa cara. Dengan kata lain kembangkan penemuan dan kreatifitas anda dalam menuntaskan soal-soal matematika.

Rujukan :
Dharmawan,Eko Prasetyo.2011.Pengantar Kalkulus Diferensial : Cepat dan Praktis Mengenal Dunia Kalkulus Diferensial Secara Filosofi.Jakarta:Prestasi Pustaka Publisher.

Sumber http://gemarmatematika21.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Tips Jitu Berguru Matematika"

Posting Komentar