Pengertian Perencanaan Dalam Arsiitektur

Perencanaan dalam Arsitektur

 

Pengertian Perencanaan

Pada dasarnya perencanaan merupakan suatu proses acara untuk menyiapkan keputusan mengenai apa yang diharapkan, bukan sebuah asumsi tetapi fatwa yang dilakukan dengan matang. 

Seperti halnya pada perencanaan gedung bertingkat yang harus dipertimbangkan dengan baik alasannya yaitu mempunyai resiko yang besar dan mempunyai sangkut paut dengan investasi dana yang jumlahnya tentu tidak sedikit. 

Dalam perencanaan arsitektur gedung ada beberapa nilai yang perlu di perhatikan, yaitu :
-    Firmitas (kekuatan)
-    Utilitas (dapat dipergunakan)
-    Venusitas (keindahan)

 

Pengertian perencanaan berdasarkan para hebat :

1. Menurut Conyers & Hills, perenanaan yaitu : “suatu proses bersinambung yang meliputi keputusan-keputusan atau pilihan-pilihan alternative untuk mencapai tujuan pada masa yang akan datang.”

2. Menurut George Terry, perencanaan yaitu : “memilih dan menghubungan fakta, menciptakan serta memakai asumsi mengenai masa depan dalam visualisasi dan perumusan acara yang diangap perlu untuk mencapai hasil.”

3. Menurut George Picket 7 John J. Hanlon, perencanaan yaitu : “proses menentukan bagaimana mencapai suatu tujuan begitu tujuan itu ditetapkan.”

4. Menurut Husein Umar, perencanaan yaitu : “kegiatan atau proses menciptakan planning yang kelak digunakan perusahaan dalam rangka melakukan pencapaian tujuannya.”

5. Menurut Cuningham, perencanaan yaitu : “menyeleksi dan menghubungkan pengetahuan, fakta, imajinasi, dan asumsi untuk masa yang akan tiba dengan tujuan memvisualisasi dan emformulasi hasil yang diinginkan, urutan acara yang diperlukan, dan sikap dalam batas-batas yang sanggup diterima dan digunakan dalam penyelesaian.”

6. Menurut Deacon, perencanaan yaitu : “upaya menyusun banyak sekali keputusan yang bersifat pokok, yang dipandang paling penting dan yang akan dilaksanakan berdasarkan urutannya guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan.”

Kesimpulan yang sanggup ditarik dari pengertian perencanaan diatas :

1. Perencanaan yaitu sebuah konsep yang berkala dan disusun secara sistematis demi tercapainya suatu tujuan.

2. Perencanaan yaitu suatu hal yang menyangkut masa yang akan tiba dan menyangkut tindakan-tindakan yang akan dilakukan.

3. Perencanaan yaitu pemilihan dan penetapan kegiatan, selanjutnya apa yang harus dilakukan, kapan, bagaimana dan oleh siapa.

 

Tahapan yang dilalui dalam perencanaan

Secara umum, tahapan perencanaan terbagi atas beberapa proses sebagai berikut :
1. Identifikasi Persoalan
2. Perumusan tujuan umum
3. Proyeksi keadaan di masa yang akan datang
4. Pencarian dan evaluasi banyak sekali alternatif
5. Penyusunan planning terpilih

Sumber http://www.arsitur.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Pengertian Perencanaan Dalam Arsiitektur"

Posting Komentar