Cara Pemupukan Cengkeh Dewasa

Pemupukan yang baik untuk cengkeh yaitu kalau kita lakukan pada permulaan atau simpulan ekspresi dominan penghujan. Pupuk yang baik yaitu pupuk sangkar atau kompos. Cara proteksi pupuk yang baik bukan di erat batang pohon, akan tetapi di bawah mahkota daun, yaitu dengan menciptakan lubang (parit galian) daerah pupuk melingkari pohon, dengan cara ini juga untuk mencegah akar terjangkit rayap.


Akan tetapi hal ini haruslah diawali dengan cara menanam cengkeh yang baik. Sehingga tumbuhan cengkeh akan tumbuh dan siap diberi pupuk. Selain itu, waktu proteksi pupuk dan cara menciptakan pupuk semoga tumbuhan cepat  berbuah juga penting untuk diperhatikan.


Pupuk sangkar untuk setiap pohon kira-kira banyaknya 30-60 kg. Tanaman cengkeh juga sanggup di pupuk dengan urea, serta pupuk lain yang mengandung zat NPK. Pohon cengkeh yang di pupuk akan cepat berbuah bila di bandingkan dengan pohon cengkeh yang tidak di pupuk dan pohon cengkeh genjah (subur) akan berbuah sekitar umur 5 tahun.


Pemberian Pupuk



  • Pemupukan dengan NPK di lakukan dengan takaran 10 gr/pohon/tahun atau dengan urea, SP-36 dan KCI dengan takaran masing-masing 3,5 gr/bibit/tahun.

  • Pupuk tersebut di berikan tiap 3 bulan sekali sedangkan untuk yang di dalam polibag di berikan sebanyak 1,5 bulan sekali.

  • Pemberian pupuk sangkar bertujuan untuk meningkatkan jumlah hara yang sanggup di serap oleh tanaman, di berikan setahun dua kali yaitu pada awal ekspresi dominan hujan.

  • Dosis pemupukan memakai pupuk sangkar antara 5-10 kg/pohon.

  • Jenis pupuk sangkar antara lain dari kotoran sapi, kerbau atau kambing yang telah mengalami pelapukan.


Tanaman cengkeh mempunyai perakaran dengan akar rambut yang menyebar mulai dari pangkal batang hingga ke proyeksi tajuk terluar. Oleh alasannya yaitu itu semoga pupuk yang di berikan sanggup efektif dan efisien harus di bagi menjadi dua, dua pertiga bab di berikan pada alur dangkal sedalam 5-10 cm di sekeliling proyeksi tajuk terluar, kemudian di tutup kembali dengan tanah. Sepertiga sisanya di berikan dengan cara di sebar sekitar tajuk bab bawah kemudian di tutup tanah.


Dan tidak banyak yang tau bahwa bekerjsama tumbuhan cengkeh sanggup dicangkok. Ada beberapa cara mencangkok cengkeh yang harus Anda ketahui. Dengan mencangkok tentunya mempunyai nilai plus tersendiri bagi penanam cengkeh.


Waktu Pemberian Pupuk



  1. Pemberian pupuk umur tanaman1 tahun urea 0,06 kg/pohon/tahun, TSP 0,05 kg/pohon/tahun dan KCI 0,035 kg/pohon/tahun di tambah pupuk kieserit 0,035 kg/pohon/tahun serta kapur pertanian (dolomit) sebanyak 0,5 kg/pohon/tahun

  2. Untuk umur tumbuhan 3 tahun proteksi pupuk lebih banyak di bandingkan umur sebelumnya yaitu urea sebesar 0,25 kg/pohon/tahun, TSP 0,15 kg/pohon/tahun dan KCI 0,12 kg/pohon/tahun di tambah pupuk kiserit 0,1 kg dan dolomit 0,5 kg/pohon/tahun.

  3. Sedangkan untuk cengkeh yang berumur 6 tahub di berikan pupuk anorganik sebagai berikut, Urea 0,9 kg, TSP 0,6 kg, dan KCI 0,6 kg/pohon/tahun serta pupuk kiserit 0,25 kg/pohon/tahun.

  4. Umur tumbuhan 10 tahun di berikan pupuk urea 3 kg, TSP 0,8 kg dan KCI 2,0 kg serta pupuk kiserit 0,8 kg/pohon/tahun.


Tips :



  • Bila di berikan dua periode proteksi pupuk pertama di lakukan awal ekspresi dominan hujan (september-oktober) dan kedua pada simpulan ekspresi dominan hujan (maret-april).

  • Siramkan SUPERNASA atau NUTRITION takaran 1 sendok makan per 10 liter air per pohon setiap 3-6 bulan sekali.

  • Semprotkan POC NASA takaran 3-4 tutp + HORMONIK takaran 1-2 tuto pertangki setiap 1-2 bulan sekali hingga umur 5 tahun.


Untuk tumbuhan cengkeh yang sudah di produksi atau berbuah gunakan POWER NUTRITION untuk meningkatkan pembuahan. Pupuk organik POWER NUTRITION yaitu pupuk yang di formulasikan secara khusus untuk merangsang pertumbuhan bunga dan meningkatkan pembuahan semoga lebih optimal. POWER NUTRITION di buat dari banyak sekali materi organik alami yang di proses secara khusus dengan kandungan unsur hara esensial yang sangat di butuhkan oleh tumbuhan untuk meningkatkan produksi cengkeh.


Cara pemakaiannya pun mudah, 3 sendok makan POWER NUTRITION di larutkan ke dalam air di campurkan 1/2 tutup AERO 810 untuk membantu penyerapan nutrisi pada akar. Selanjutnya siramkan di sekeliling perakaran tanaman. Lakukan pemupukan ini setiap 3 bulan sekali untuk hasil optimal.


Tips :


Pemupukan cengkeh remaja proteksi di lakukan 2 kali/tahun yaitu 3-4 bulan ketika menjelang pembentukan bakal bunga di awal ekspresi dominan kemarau dan 3 bulan sehabis pembentukan bakal bunga. Aplikasian pupuk ini juga harus sempurna dan sesuai, juga harus di kombinasikan dengan kebutuhan mikro yaitu POWER NUTRITION dan SUPERNASA semoga kebutuhan unsur makro dan unsur mikronya terpenuhi dan seimbang.









  • Penaburan


Dosis pemakaian : Taburkan 5 sendok makan 100 gr Pupuk Agrodyke cengkeh + 1 kg pupuk urea atau NPPK Pada setiap pohon cengkeh.


Arah : Galilah tanah dengan di beri jarak sekitar 10 cm di sekitar pohon cengkeh, taburkan secara merata ke dalam lubang tersebut kemudian di tutup kembali dengan tanah semoga terhindar dari hujan.



  • Penyemprotan


Dosis pemakaian : Taburkan 5 sendok makan 100 gr pupuk agrodyke cengkeh di campir dengan 15 liter air.


Arah : Semprotkan dari tanah, batang hingga cabang secara merata. Rapatkan handsprayer pada waktu anda melaksanakan penyemprotan.


Durasi : Lakukan penyemprotan pada pohon cengkeh sebanyak 3 kali setahun (4 bulan sekali).


Rawatlah pohon cengkeh anda walau hanya tersisa beberapa lembar daun saja, alasannya yaitu kalau di semprotkan dengan cairan agrodyke maka pohon akan berdaun dan sehat kembali. Dan kalau menemukan hama apapun pada tumbuhan cengkeh anda, maka semprotkanlah cairan agrodyke (5 sendok makan + 15 liter air).


Cengkeh sendiri sanggup di panen mulai umur tumbuhan 4,5-6,5 tahun. Untuk memperoleh mutu yang baik bunga cengkeh di petik ketika matang petik, yaitu ketika kepala bunga kelihatan sudah penuh tetapi belum membuka. Matang petik setiap tumbuhan umumya tidak serempak dan pemetikan sanggup di ulangi setiap 10 – 14 hari selama 3 – 4 bulan.


Bunga cengkeh di petik menandakan sempurna di atas buku daun terakhir. Bunga yang telah di petik kemudian di masukkan ke dalam keranjang atau karung kecil dan sanggup juga di bawa ke pengolahan. Menanam cengkeh dan merawatnya dengan baik sanggup dikatakan sebagai ladang uang, alasannya yaitu cengkeh termasuk tanaman penghasil uang banyak yang cukup gampang dibudidayakan.


Pohon cengkeh harus dirawat dengan baik semoga sanggup berbuah dengan baik. Baca juga cara merawat tumbuhan cengkeh yang sanggup jadi solusi pengetahuan Anda. Dan diatas yaitu cara pemupukan cengkeh remaja yang patut dicoba dalam menanam cengkeh. semoga artikel ini bermanfaat.



Sumber https://ilmubudidaya.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Pemupukan Cengkeh Dewasa"

Posting Komentar