Cara Menanam Bayam Cabut Di Polybag

Penanaman bayam cabut di polybag sanggup dilakukan dengan sangat gampang lantaran tidak memerlukan materi atau peralatan yang rumit begitu juga dengan proses pemeliharaannya yang sanggup diikuti dengan mudah. Di bawah ini akan dibahas perihal bagaimana cara menanam bayam yang tepat serta bagaimana pemeliharaannya.


 cabut di polybag sanggup dilakukan dengan sangat gampang lantaran tidak memerlukan materi atau p Cara Menanam Bayam Cabut Di Polybag
Jika Anda tinggal di tempat perkotaan yang umumnya tidak mempunyai lahan yang cukup untuk bercocok tanam, menanam dengan polybag bisa menjadi alternatif Anda. Menanam sayuran bayam juga bisa dilakukan dalam polybag.

Salah satu jenis sayuran hijau yang kaya akan kandungan zat besi ialah bayam. Sayuran ini baik dikonsumsi oleh seluruh kalangan umur baik untuk belum dewasa sampai orang remaja dan ibu hamil pun sangat dianjurkan untuk mengonsumsi sayuran ini. Budidaya bayam sangat gampang dilakukan lantaran sanggup ditanam di pekarangan sekitar rumah. Bayam juga sanggup ditanam dengan memakai media polybag sehingga tidak memerlukan lahan luas ketika menanamnya. Jadi, cara penanaman polybag ini juga sangat cocok bagi anda yang mempunyai rumah di perkotaan.


Adapun jenis-jenis bayam sangat bervariasi, salah satunya ialah bayam cabut yang ciri-cirinya mempunyai batang berwarna merah atau sanggup juga berwarna hijau keputihan. Terdapat bunga yang biasanya muncul pada ketiak batang bayam. Jadi, untuk bayam cabut yang berwarna merah sering disebut dengan bayam merah sedangkan untuk bayam cabut yang berwarna hijau agak keputih-putihan disebut dengan bayam putih. Bagi Anda yang belum pernah sama sekali menanam sayur bayam dan ingin tau ingin mencobanya, maka pribadi saja simak ulasan di bawah ini.


Menanam Bayam Dengan Tepat


Alat Dan Bahan Untuk Menanam Bayam



Langkah Langkah Menanam Bayam



  1. Pertama, siapkan benih bayam terlebih dahulu yang sanggup Anda beli di toko pertanian sekitar anda. Jika tidak memakai benih sanggup juga menanam pribadi batang bayam dengan memakai metode stek.

  2. Kedua, menciptakan media tanam dengan cara mencampurkan tanah dan pupuk sangkar kemudian diremas sampai merata kemudian diayak sampai media mempunyai tekstur yang sangat halus.

  3. Media tanah yang halus dimasukkan ke dalam polybag dan pada pecahan dasar polybag dilandasi dengan pecahan genteng untuk menahannya sehingga pada ketika polybag disiram, tanah di dalamnya tidak akan gampang keluar.

  4. Apabila menanam memakai batang bayam maka memerlukan polybag dengan ukuran sedang dan pecahan akar batang bayam dikuburkan ke dalam tanah.

  5. Untuk yang memakai benih bayam maka benih sanggup disemai ke dalam polybag berukuran kecil dengan banyak benih 2 – 3 biji.

  6. Pada ketika benih bayam sudah mulai tumbuh maka sanggup dipindahkan pada polybag yang ukurannya lebih besar.

  7. Tahap pemindahan bibit sanggup dilakukan dengan cara yang sama pada ketika proses penyemaian yaitu media tanah dan pupuk sangkar dicampur terlebih dahulu kemudian bibit dimasukkan ke dalamnya.

  8. Jika sudah maka sanggup disiram dengan air semoga kelembaban sayur ini sanggup terjaga. Perlu diingat pada ketika proses pemindahan bibit dilakukan harus dengan cara yang sangat hati-hati semoga nantinya tidak merusak pecahan akarnya.

  9. Sayur bayam dalam polybag ini sanggup dipindahkan pada rak tumbuhan dengan intensitas cahaya yang cukup. Jika semua sudah simpulan maka tahap berikutnya yang harus di perhatikan yaitu merawat tumbuhan sayur bayam semoga tumbuh cepat dan subur.


Itulah cara untuk menanam bayam cabut dan beberapa alat yang dipakai juga sudah lumrah dan tidak sulit untuk ditemukan. Tidak hanya sekedar menanam saja namun ada beberapa hal yang juga harus anda perhatikan, yaitu apa saja yang menjadi syarat semoga tumbuhan bayam sanggup tumbuh sempurna. Karena penentuan lokasi juga sanggup mempengaruhi tumbuh kembang tumbuhan bayam cabut ini. Berikut ialah syarat tumbuh tumbuhan bayam cabut.


Syarat Lokasi Tanaman Bayam



  • Hindari peletakkan polybag bayam pada tempat yang berangin kencang lantaran hal ini sanggup merobohkan batang bayam ketika usianya semakin tinggi.

  • Curah hujan letak penanaman sekitar 1500 mm / th.

  • Jangan dampingi bayam dengan tumbuhan lain yang ukuran tingginya lebih dari tumbuhan bayam lantaran hal ini sanggup menghambat pemberian cahaya pada tumbuhan bayam.

  • Untuk suhu udara diperkirakan 16 – 20 cc.

  • Untuk kelembaban yang baik yaitu 40 % – 60 %.

  • Tumbuh di tanah yang gembur yang mempunyai unsur hara cukup.

  • pH tanah yang baik ialah 6 – 7.

  • Mempunyai ketersedian perairan yang cukup.


Menanam bayam juga tidak hanya sekedar menanam saja. Pemilihan benih harus dilakukan dengan tepat semoga nantinya tumbuhan sanggup menawarkan hasil yang sesuai harapan. Bagi anda yang masih awal dalam mengerjakan budidaya bayam cabut ini, maka berikut ialah syarat benih atau hibrida yang sanggup digunakan.


Cara Memilih Bibit Bayam Unggul



  • Pilihlah benih bayam yang sehat.

  • Pilihlah benih bayam yang terhindar dari hama serta penyakit.

  • Pilihlah bayam yang mempunyai kemampuan untuk berkecambah melebihi 80 %.


Pada ketika menanam benih atau bibit bayam dibutuhkan metode persemaian. Apabila persemaian dilakukan dengan cara yang salah maka penanaman pun tidak sanggup dilanjutkan alias harus mengulang kembali dari awal. Oleh alasannya ialah itu metode utama ini harus benar-benar dilakukan dengan tepat. Bagi pemula mungkin agak kesusahan dan belum paham dengan metode persemaian. Oleh alasannya ialah itu, simak cara persemaian yang tepat di bawah ini.


Cara Persemaian Bayam Cabut



  1. Pertama anda harus menyiapkan lahan untuk persemaian. Mengetahui lahan yang baik atau tidak sanggup anda tentukan dari syarat lokasi tanam yang telah diberikan di atas. Usahakan lahan terhindar dari hama, gulma, dan penyakit.

  2. Buatlah atap untuk menjaga benih bayam dari intensitas yang berlebihan serta dari angin puting-beliung dan hujan yang mengganggu. Atap epilog sanggup dibentuk dari plastik atau jerami.

  3. Jika sudah maka benih bayam sanggup disebar ke dalam polybag dan tutup tanah kembali dengan ukuran tipis 2 cm.

  4. Kemudian bibit harus rutin di siram pada pagi dan sore hari.

  5. Apabila usia bibit yang di tanam sudah mencapai 2 ahad maka sanggup dipindahkan ke dalam polybag yang ukurannya lebih besar dan takaran yang dipakai antara media tanah dan pupuk sangkar ialah 1 : 1.

  6. Setelah itu siram kembali tumbuhan dan biarkan bayam tumbuh subur.


 cabut di polybag sanggup dilakukan dengan sangat gampang lantaran tidak memerlukan materi atau p Cara Menanam Bayam Cabut Di Polybag
Benih bayam yang sudah mulai tumbuh harus dipelihara dengan baik semoga tumbuh subur. Berikan penyiraman dan pemupukan rutin serta berikan cahaya matahari yang cukup.

Itulah cara persemaian yang sangat gampang dilakukan. Kemudian tumbuhan bayam yang mempunyai pertumbuhan dan perkembangan pesat juga tidak lepas dari yang namanya pemeliharaan atau perawatan. Makara kalau Anda menginginkan tumbuhan Anda lebih subuh dan mempunyai hasil panen yang cukup memuaskan maka rawatlah tumbuhan sayur bayam Anda dengan benar. Berikut ini ialah cara merawat tumbuhan bayam.


Cara Memelihara Bayam


Metode Pemupukan


Pemeliharaan bayam sanggup dilakukan dengan cara pemupukan yang tepat. Pupuk juga sanggup diberikan sebagai media penyubur tumbuhan bayam. Penggunaan pupuk sangkar jauh lebih baik ketimbang pupuk kimia. Apabila ternyata tumbuhan sayur bayam Anda terjangkit hama, gulma, atau penyakit maka sanggup pribadi disemprotkan dengan memakai pestisida yang dosisnya rendah. Untuk pemupukan sanggup dilakukan sebanyak seminggu sekali. Cara pemupukan sanggup dilakukan dengan cara memasukkan pupuk ke dalam lubang media tanah atau disebarkan pribadi di atas media tanah dan disiram dengan air.


 cabut di polybag sanggup dilakukan dengan sangat gampang lantaran tidak memerlukan materi atau p Cara Menanam Bayam Cabut Di Polybag
Bayam yang telah tumbuh besar sebaiknya dipindahkan pada polybag atau wadah yang lebih besar juga. Tetap berikan pupuk dan disiram secara teratur. Selain itu, gulma yang tumbuh disekitarnya harus segera dibersihkan. Hindari hama dan penyakit dengan penggunaan pestisida yang benar.

Metode Pengapuran


Metode ini dipakai apabila media tanah yang dipakai mempunyai pH yang terlalu rendah. Pengapuran ini sanggup meningkatkan pH dalam tanah dengan memakai calcinit atau dolomit. Apabila media yang dipakai berpasir maka diharapkan 998 kg kapur sehingga pH yang awalnya 5,5 akan bertambah menjadi 6,5. Apabila media tanah yang dipakai berlempung maka juga sanggup ditingkatkan pH nya. Dan apabila ternyata pH tanah terlalu tinggi maka sanggup diturunkan dengan memakai welirang atau gipsum. Caranya hanya dicampurkan saja ke dalam tanah yang dilakukan sebulan sebelum bayam di tanam. Makara sekarang anda tidak perlu khawatir perihal media tanam yang Anda miliki.


Metode Pemberian Mulsa


Pemberian mulsa ini bertujuan semoga hasil produksi tumbuhan bayam berkualitas tinggi. Mulsa yang dipakai sanggup berupa plastik berwarna perak atau plastik hitam. Dengan metode ini, seluruh hama dan penyakit pun juga akan berkurang.


Metode Perempalan


Metode ini dipakai apabila pertumbuhan tumbuhan sayur bayam terlalu subur. Untuk memperkuat dan menciptakan tumbuhan menjadi tetap tegak maka diharapkan perempalan pada tunas tunas liar serta diharapkan pemasangan ajir atau turus semoga tumbuhan bayam tidak rebah.


Metode Pengairan


Pemeliharaan bayam juga sanggup dilakukan dengan memakai metode pengairan atau penyiraman. Pengairan ini sanggup dilakukan secara rutin dan juga harus intensif yaitu sebanyak 2 kali dalam sehari terlebih pada ketika animo kemarau. Waktu pengairan sebaiknya dilakukan pada ketika pagi dan sore hari yang sanggup dilakukan dengan memakai proteksi alat gembor atau emrat sehingga air yang disiramkan sanggup merata pada tumbuhan bayam.


Metode Pemberian Pestisida


Pestisida berkhasiat untuk mengusir hama, gulma, dan juga penyakit yang menyerang tumbuhan bayam. Jenis pestisida yang baik dipakai secara organik yaitu daun mindi yang mempunyai kandungan glikosdida, margosin, dan flafonoid yang sanggup mengatasi ulat grayak serta kutu daun. Pestisida organik bisa dibentuk sendiri. Silahkan baca artikel perihal cara menciptakan pestisida organik dan insektisida nabati. Selain itu, untuk pestisida nabati juga bisa dibentuk sendiri dengan tanaman-tanaman alami yang ada disekitar kita. Kemudian untuk mengatasi penyakit sanggup memakai bunga chamomile. Cara pengaplikasian pestisida ini memakai 60 cc dan 1 liter air yang sanggup pribadi disemprotkan pada batang dan daun bayam sebanyak 1 kali dalam seminggu.


 cabut di polybag sanggup dilakukan dengan sangat gampang lantaran tidak memerlukan materi atau p Cara Menanam Bayam Cabut Di Polybag
Biasanya sesudah berumur 25 – 35 hari, bayam ini sudah bisa dipanen. Bayam ini panen dengan cara dicabut kemudian dijual kepasar, batangnya cukup lunak kerena ketika masih kecil bayam ini sudah dipanen.

Itulah beberapa info yang sanggup Anda ketahui dari cara menanam bayam cabut di polybag. Makara sekarang kalau Anda tidak mempunyai lahan luas, Anda tidak perlu kerepotan dan menunda waktu tanam bayam hanya lantaran lahan. Anda pun juga sanggup menanamnya dengan memakai media polybag. Anda pun juga tidak perlu khawatir perihal media tanam yang dipakai untuk menanam bayam lantaran media seadanya pun juga sanggup anda gunakan baik yang pH rendah maupun pH tinggi. Semua sanggup diatur dengan memakai metode pengapuran. Dan tentunya cara pembudidayaan bayam cabut polybag sanggup berjalan dengan lancar apabila Anda mengikuti alur yang telah dijelaskan di atas secara satu persatu.


Silahkan klik disini untuk membeli benih bayam dan klik disini untuk perlengkapan berkebun lainnya.



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Menanam Bayam Cabut Di Polybag"

Posting Komentar