Cara Mempercepat Loading Website/Blog

Rifaus.ID - Kecepatan loading sebuah blog merupakan faktor terpenting sehabis konten yang sanggup mempengaruhi trafik pengunjung. Tentunya teman tidak ingin kalau blognya lemot sehingga dijauhi pengunjung padahal kontennya bagus, sangat disayangkan alasannya yaitu teman telah kehilangan satu kesempatan untuk mendapat ranking di SERP (Seacrh Engine Result Page).
Sederhananya, blog yang loading-nya cepat (istilah kerennya fast loading) akan banyak disukai pengunjung alasannya yaitu mereka tidak ingin kehilangan banyak waktu ketika surfing di blog. Makanya teman jangan egois dalam mendesain blog dan jangan terlalu nafsu dengan style karena sanggup menjebakmu. Oleh alasannya yaitu itu kini sudah waktunya berfikir bagaimana cara mempercepat loading blogmu supaya gampang diakses oleh pengguna.
Silahkan perhatian poin penting berikut ini :
A. Untuk Blog Platform Blogspot dan WordPress
    1. Hapus widget yang tidak penting
      Banyak kawanan blogger yang terjebak dengan niat mengindahkan pandangan pertama visitor dikala mendarat di blognya yaitu dengan cara memasang aneka widget pada home page dengan maksud supaya blognya terlihat elok oleh visitor. Memang tidak sanggup dipungkiri lagi kalau pandangan pertama visitor sangat besar lengan berkuasa terhadap evaluasi kualitas blog yang ia kunjungi dan pandangan pertama mereka itu mendarat di home page. Jadi, kalau home page-nya informatif maka visitor dijamin akan melanjutkan surfing-nya ketika ia berkunjung.
      Pasanglah widget yang informatif dan hapuslah widget yang dirasa tidak begitu penting. Untuk hal ini saran penulis silahkan pasang widget Tag Labeldan Popular Posts saja rasanya itu sudah cukup supaya ada space untuk pasang iklan.
    2. Kurangi penggunaan gambar di home page
      Penggunaan gambar di home page dinilai kurang efisien alasannya yaitu kapasitas home page akan menjadi besar dan hasilnya bukannya mempercepat loadingblog tapi malah sebaliknya blog jadi lemot. Gunakan gambar yang berukuran kecil kurang dari 30 Kb kalau memang itu perlu sekali, misalkan logo website atau favicon. Lupakanlah foto pacarmu atau emakmu untuk sanggup dipasang di widget home page karena itu tidak efektif.
    3. Jangan memakai warna berlebihan
      Penggunaan warna yang berlebihan juga sanggup menambah kapasitas home page sehingga loading blog menjadi lemot, perbanyak mengggunakan warna dasar yaitu hitam dan putih supaya sanggup mempercepat loading blog. Gunakan warna lain seperlunya yang sekiranya itu penting. Untuk goresan pena gunakan warna hitam saja dan background-nya warna putih.
    4. Kurangi pemasangan link aktif di footer
      Footer merupakan area serpihan margin bawah halaman (page) yang memungkinkan untuk disisipkan gambar atau teks di dalamnya. Penulis sering menjumpai link aktif di serpihan ini dan itu sanggup memperlambat loadingblog apabila di pasang berlebihan. Disarankan memasang link aktif di footer tidak lebih dari tiga link saja.
B. Untuk Blog Platform WordPress Self Hosting
  1. Bersihkan Cache
    Cache merupakan daerah penyimpan data yang telah diakses dan bersifat sementara (temporary) yang fungsinya meningkatkan kecepatan data requestyang sama sehingga sanggup mempercepat loading blog alasannya yaitu saluran data lebih ringan.
    “Terus, kenapa harus dibersihkan? “
    Cache akan menumpuk dalam virtual memory (RAM) sehingga apabila dibiarkan terlalu usang maka akan menyita banyak ruang dan itu sanggup menyebabkan over capacity, kalau kapasitas virtual memory penuh maka akan memperlambat kinerja processor dan tentunya loading blog akan jadi lambat.
    Untuk menangani hal ini penulis merekomendasikan plugin w3 total cache. Plugin ini telah dipakai oleh jutaan webmaster di dunia dan untuk memperoleh kualitas yang prima silahkan gunakan versi pro (berbayar) tetapi versi gratisannya pun penulis rasa sudah cukup anggun untuk sanggup mempercepat loading blog.
  2. Gunakan virtual memory usage yang support
    Ada yang sering terlupakan oleh para pengguna web self hosting yaitu kapasitas virtual memory. Biasanya kalau membeli paket hosting yang murah itu kapasitas memory-nya kecil dan kurang mendukung untuk blog berplatform wordpress self hosting. Akhirnya koneksinya sering mengalami gangguan atau error.
    Script CMS di masa kini ini rata-rata kebutuhan memory-nya minimal 512 MB. Untuk mengatasi kebutuhan ini penulis menyarankan untuk menggunakan memory di atas 512 MB lebih mantapnya lagi 1 GB niscaya akan lebih nyaman alasannya yaitu sanggup mempercepat loading blog. Oleh alasannya yaitu itu sebelum teman membeli paket hosting alangkah baiknya tanyakan dulu kapasitas virtual memory usage-nya alasannya yaitu itu sangat penting dan biasanya hanya paket bisnis yang memperlihatkan memory yang besar dan harganya pun tidak mengecewakan sekitar 500 ribu – 1 juta setahun.
  3. Gunakan hosting berkualitas
    Hosting sangat mempengaruhi performa website alasannya yaitu sanggup mempercepat loading blog, jadi jangan sembarangan menentukan hosting dan lakukan uji koneksi terlebih dahulu sebelum kita menentukan hosting yang sempurna untuk website kesayangan kita. Ingat, jangan melihat kuantitas client-nya sebagai parameter untuk mengukur kualitas hosting dan lakukanlah pengujian kualitasnya secara teknis.
Kesimpulan, untuk mempercepat loading blog alangkah baiknya kita memakai banyak teks daripada gambar dan perbanyaklah memakai warna dasar. Untuk widget yang tidak terlalu penting pasanglah di bagian post page jangan di home page karena akan memperlambat saluran dikala blog pertama kali dibuka pengguna. Selalu perhatikan kapasitas home page jangan melebihi 1 MB disarankan dibawah 500 KB, untuk sanggup mengukurnya gunakan tools di www.gtmetrix.com. Jangan mengabaikan kualitas hosting dan kapasitas virtual memory usage.
Sumber : https://kursuskomputergratis.com/cara-mempercepat-loading-blog/ dengan perubahan seperlunya

Sumber http://alzhidan1.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Mempercepat Loading Website/Blog"

Posting Komentar