Cara Budidaya Sayuran Organik Di Polybag Dan Tanah

Cara menanam sayuran organic tergolong mudah, hanya saja memang kebutuhan akan pupuk dan pestisida sama sekali dihentikan memakai materi kimia. Karena materi yang dipakai yaitu bahan-bahan alami, oleh lantaran itu, sayuran organik disebut juga sayuran sehat yang memiliki peminat cukup banyak. Hanya saja ketersediaan sayuran organic di pasar sangat terbatas dan tidak semua pasar menjual sayuran ini. Maka dari itu Anda sanggup mengakibatkan budidaya sayuran organic di rumah sebagai alternative untuk memenuhi kebutuhan Anda. Cara budidaya sayuran organic ini sangat mudah, Anda sanggup menyimak langkah-langkah yang akan kami sajikan di bawah ini sebagai anutan untuk menanam sayuran organic di rumah.


Cara menanam sayuran organic tergolong gampang Cara Budidaya Sayuran Organik di Polybag dan Tanah
Aneka macam sayuran organik yang sanggup Anda tanam . Penanaman sanggup dilakukan di pekarangan belakang atau samping rumah Anda.

Sayuran organic yaitu sayuran yang dibudidayakan tanpa memakai pupuk kimia ataupun pestisida kimia. Sehingga kandungan dalam sayuran benar-benar alami dan menyehatkan untuk badan manusia. Budidaya sayuran organic ini ternyata juga sangat baik-baik lahan yang ditanami, alasannya yaitu lahan tersebut akan terbebas dari materi kimia sehingga kesuburannya tetap terjaga. Ada beberapa sayuran yang gampang untuk dibudidayakan secara organic lantaran ketahanannya terhadap serangan hama yang sangat kuat, contohnya sawi hijau, sawi putih, kangkung, selada, dan beberapa jenis sayuran lainnya. Nah, untuk memulai budidaya sayuran organic, Anda sanggup menyimak uraiannya berikut ini.


Pembibitan sayuran organik


Untuk sanggup menanam sayuran organic, Anda perlu menciptakan bibitnya terlebih dahulu. Bibit sanggup Anda buat dengan cara menyemai benih pada media tanam yang telah disediakan. Media tanam sanggup dibentuk dengan cara mencampurkan tanah dengan kompos perbandingan 1:3. Gunakan daerah persemaian yang cukup lebar, contohnya baki semai atau sejenisnya. Semai biji dengan jarak sekitar 2 cm, lalu tunggu sampai biji tersebut tumbuh dan keluar daunnya. Dalam masa penungguan. Anda sanggup menyiraminya secara rutin tiap pagi dan sore.


Penyiapan lahan untuk sayuran organic


Sebenarnya sayuran organic sanggup ditanam pada dua media, baik itu di tanah eksklusif ataupun di pot atau polybag. Keduanya memerlukan perlakuan yang berbeda, persiapan lahannya pun berbeda. Untuk lahan yang berupa tanah langsung, Anda sanggup menciptakan greenhouse dengan pelindung plastic di pecahan atapnya. Greenhouse ini sangat membantu pertumbuhan sayuran organic lantaran menghindarkan sayuran dari terik matahari langsung, tetesan air hujan serta hama yang mungkin menyerang. Untuk media tanam di polybag, Anda perlu menciptakan adonan tanah dan kompos dengan perbandingan kira-kira 1:2. Sementara untuk lahan di tanah langsung, Anda juga perlu memberi kompos biar kesuburan tanah tetap terjaga.


Cara menanam sayuran organic tergolong gampang Cara Budidaya Sayuran Organik di Polybag dan Tanah
Anda sanggup menciptakan greenhouse mini untuk menanam sayuran organik di rumah Anda. Pengadaan greenhouse yang mempunyai atap plastik berwarna perak sanggup mendukung pertumbuhan sayuran organik dengan baik.

Cara menanam sayuran organic tergolong gampang Cara Budidaya Sayuran Organik di Polybag dan Tanah
Cara penanaman sayuran organik yang lebih sederhana yaitu dengan menanamnya dalam polybag dan diberi atap plastik yang ditopang oleh bambu atau kayu.

Perawatan gampang untuk sayuran organic



  • Perawatan untuk budidaya sayuran organic bantu-membantu tidaklah sulit, hanya saja Anda perlu memberi perhatian lebih untuk setiap hari memeriksanya. Pemeriksaan ini sangat penting guna menghindarkan sayuran organic dari kemungkinan terjangkit hama dan penyakit.

  • Lakukan penyiraman secara rutin setiap pagi dan sore dengan kadar yang pas sehingga tidak mengakibatkan tanahnya becek.


Cara menanam sayuran organic tergolong gampang Cara Budidaya Sayuran Organik di Polybag dan Tanah



  • Jangan lupa melaksanakan penyiangan terhadap area sekitar sayuran biar rumput-rumput liar tidak tumbuh dan mengganggu pertumbuhan sayuran organic tersebut. Untuk menghambat pertumbuhan rumput liar, Anda sanggup memakai mesin pemotong rumput. Selain itu Anda juga sanggup memakai cara menghilangkan rumput dengan dicabut secara manual. Rumput liar juga sanggup dihambat pertumbuhannya dengan menutup rumput-rumput liar tersebut dengan plastic berwarna perak. Tujuannya biar rumput tidak sanggup menyerap sinar matahari dan kesudahannya mati dengan sendirinya.

  • Beri pupuk yang cukup. Pemberian pupuk pada sayuran organic memang sangat penting guna menambah kesuburan tanah demi menjaga biar pertumbuhan sayuran organic. Pupuk yang diberikan juga harus benar-benar terbebas dari materi kimia. Salah satu pupuk yang sanggup Anda buat sendiri di rumah yaitu pupuk cair organic. Pupuk ini terbuat dari ampas kedelai yang sudah dihaluskan lalu ditambahkan dengan mikroba yang baik untuk tumbuhan, brambut, dan juga tetes. Tambahkan air higienis lalu diamkan beberapa saat. Cara penggunaannya pun sangat mudah, Anda tinggal menyemprotkan pupuk tersebut pada daun sayuran organic, atau dengan cara mengalirkan pupuk cair tersebut di sela-sela lahan.

  • Pengendalian hama. Sayuran organik memang sangat rentan diserang hama. Untuk sanggup mengendalikan hama, Anda sanggup melaksanakan pengendalian secara fisik, contohnya dengan membuang secara langsung, menangkap, atau memancingnya dengan biar hama pergi dengan sendirinya. Selain itu Anda sanggup memakai obat-obatan yang dibentuk secara alami. obat alami ini sanggup dibentuk dari aneka macam materi tergantung hama yang menyerang. Bahan yang sering dipakai untuk mengusir hama contohnya minyak serai, minyak kamper, cairan gula asam, dan lainnya.

  • Pemanenan. Untuk sayur organic ini sanggup dipanen sesuai dengan jenis sayurnya, alasannya yaitu setiap sayuran mempunyai masa panen yang berbeda. Masa panen sayur organic juga tidak jauh berbeda dengan sayuran biasa, cara pemanenannya pun juga demikian.


Cara menanam sayuran organic tergolong gampang Cara Budidaya Sayuran Organik di Polybag dan Tanah
Anda sanggup memanen sayuran organik dengan cara mencabutnya atau memakai alat bantu sabit untuk mengangkat akarnya dengan hati-hati . Lakukan dengan jati-hati biar tidak merusak sayuran lainnya yang mungkin belum sanggup untuk dipanen.

Demikianlah cara menanam dan merawat sayuran organic yang benar biar dihasilkan sayuran yang benar-benar terbebas dari materi kimia dan tentunya sangat menyehatkan bagi badan Anda.


Tersedia aneka macam kelengkapan berkebun di bibitbunga.com. Cek aneka benih tumbuhan sayuran disini dan klik disini untuk perlengkapan berkebun.



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Budidaya Sayuran Organik Di Polybag Dan Tanah"

Posting Komentar