7 Kendaraan Beroda Empat Listrik Indonesia Terbaru 2019

Mobil Listrik Indonesia Terbaru 2019 – Masa depan industri otomotif dunia akan beralih dari kendaraan beroda empat konvensional ke kendaraan beroda empat listrik yang terbukti lebih ramah lingkungan dan lebih efisien. Tidak hanya di luar negeri, kendaraan beroda empat jenis ini juga berkembang pesat di Indonesia. Sering kali kita mendengar kendaraan beroda empat listrik karya anak bangsa yang teknologinya tidak kalah canggih dari kendaraan beroda empat listrik buatan luar negeri.


Sebenarnya masa depan kendaraan beroda empat listrik Indonesia tergantung dari regulasi pemerintah. Pasalnya, pemerintah Indonesia seolah-olah mempersulit produksi kendaraan beroda empat listrik, sehingga beberapa tipe kendaraan beroda empat gagal diproduksi. Salah satunya yaitu Selo yang notabennya merupakan kendaraan beroda empat sport bertenaga listrik yang mempunyai desian seperti mobil Lamborghini.




Anda saja pemerintah Indonesia bersikap lebih bijak dan mendukung pengembangan kendaraan beroda empat listrik, tentu sudah banyak kendaraan beroda empat listrik yang diproduksi massal di Indonesia. Padahal Indonesia mempunyai SDM berkualitas dan terbukti bisa membuat kendaraan beroda empat listrik berkualitas dunia.


Selain Selo, masih ada beberapa kendaraan beroda empat listrik lainnya yang gagal diproduksi secara massal. Hal ini tidak lepas dari izin pemerintah Indonesia dan regulasi kendaraan beroda empat listrik yang belum akibat hingga sekarang. Nah untuk mengetahui apa saja kendaraan beroda empat listrik Indonesia yang berhasil dikembangkan anak bangsa, silahkan simak warta otomotifo.com berikut ini.


Daftar Mobil Listrik Indonesia Terbaru 2019


 Masa depan industri otomotif dunia akan beralih dari kendaraan beroda empat konvensional ke kendaraan beroda empat listrik  7 Mobil Listrik Indonesia Terbaru 2019

Mobil Listrik Indonesia


1. Mobil listrik Tucuxi


Nah kita awasali dari yang pertama yaitu Tucuxi. Mobil ini merupakan karya Danet Surayatama pada tahun 2012. Nama Tucuxi berarti lumba-lumba, alasannya yaitu dari segi desain seperti dengan lumba-lumba. Mobil ini juga dilengkapi motor listrik yang bisa mengeluarkan tenaga sebesar 268 Horsepower. Itu artinya Tucuxi setara kendaraan beroda empat konvesional yang memakai mesin 3.000 cc.


Tucuxi memakai baterai Lithium Iron Phosphate (LiFEPO4) atau Nano Lithium sebagia sumbu tenaganya. Lebih hebatnya lagi, kendaraan beroda empat listrik Indonesia tersebut telah dilengkapi fitur Fast Charging, sehingga baterainya bisa terisi penuh dalam waktu 3-5 Jam. Teknologi yang digunakan kendaraan beroda empat listrik Indonesia ini tidak kalah dari kendaraan beroda empat listrik Tesla. Bahkan dikala terisi penuh, Tucuxi bisa menempuh jarak sejauh 321 km.


Sayangnya kendaraan beroda empat ini bernasib naas, alasannya yaitu sempat mengalami kecelakaan dikala diuji coba oleh Menteri BUMN Dahlan Iskan di Magetan, Jawa Timur. Sekarang nasib kendaraan beroda empat sport listrik yang dikembangkan di Yogyakarta ini tidak jelas.  Apabila nantinya diproduksi massal kami yakin rata-rata masyarakat Indonesia tidak bisa membelinya, alasannya yaitu harga kendaraan beroda empat listrik Indonesia ini bisa mencapai 1.5 Miliar.


2. Mobil listrik Gendhis


 Masa depan industri otomotif dunia akan beralih dari kendaraan beroda empat konvensional ke kendaraan beroda empat listrik  7 Mobil Listrik Indonesia Terbaru 2019

Gambar Mobil listrik Gendhis


Apabila Tucuxi merupakan kendaraan beroda empat sport, maka Gendhis merupakan kendaraan beroda empat listik kelas MPV. Mobil ini mempunyai desain seperti Toyota Alphard dan sempat dipamerkan pada KTT APEC di Nusa Dua Bali. Rupanya kendaraan beroda empat listrik Indonesia ini yaitu hasil karya Dasep Ahmadi yang dikembangkan di Bengkel Kupu-Kupu Malam pada tahun 2013.


Awal mulanya Gendhis dirancang sebagai kendaraan beroda empat tujuh penumpang. Namun pada kenyatannya, kendaraan beroda empat ini hanya mempunyai bangku 6 penumpang. Selain itu, kendaraan beroda empat listrik Indonesia ini mempunyai pintu model sliding door yang mempermudah susukan keluar masuk penumpangnya.


Tidak hanya di tenagai listri, Gendhis juga mendukung materi bakar biodiesel yang ramah lingkungan. Sayangnya kendaraan beroda empat ini kalah tenar dari kendaraan beroda empat Jepang dan Eropa, sehingga tidak akan diproduksi massal dalam waktu erat ini.


3. Mobil listrik Selo


 Masa depan industri otomotif dunia akan beralih dari kendaraan beroda empat konvensional ke kendaraan beroda empat listrik  7 Mobil Listrik Indonesia Terbaru 2019

Gambar Mobil Listrik Selo


Bisa dikatakan Selo yaitu kendaraan beroda empat listrik tercanggih karya anak bangsa. Mobil ini merupakan mahakarya Ricky Nelson pada tahun 2013. Dia rela kembali ke Indonesia sesudah meniti karir selama 14 tahun di Jepang. Ricky Nelson juga berhasil menemukan belasan teknologi motor penggagas listrik yang sudah dipatenkan di Jepang.


Nah salah satu yang menarik dari Selo yaitu desainnya. Mobil listrik Indonesia terlihat seperti kendaraan beroda empat Lamborghini ataupun supercar lainnya. Didalamnya telah terpasang motor listrik dengan tenaga 182 horsepower 130 kw. Untuk mengisi baterainya secara penuh diperlukan waktu sekitar 4 Jam dan baterai tersebut bisa digunakan untuk menjelajah sejah 250 kilometer.


Beragam teknologi canggih telah dimasukan Ricky Nelson pada Selo. Mobil listrik Indonesia ini diklaim bisa berlari hingga kecepatan 220km/jam. Selain itu, tersedia pula fitur regenerative brake yang membuat daya pengereman bisa digunakan untuk mengisi baterai. Lalu ada pula fitur rem mekanik dan rem mesin berkat penggunaan gearbox.


4. Mobil Listrik Evina


 Masa depan industri otomotif dunia akan beralih dari kendaraan beroda empat konvensional ke kendaraan beroda empat listrik  7 Mobil Listrik Indonesia Terbaru 2019

Gambar Mobil Listrik Evina


Mobil listrik Indonesia selanjutnya yaitu Evina. Namanya merupakan kependekan dari Electric Vehicle Indonesia. Mobil ini mempunyai desain city car dengan lima pintu yang cocok dijadikan sebagai kendaraan beroda empat perkotaan.


Evina dirancang oleh Dasep Ahmadi yang kini mendekam di penjara. Menurut kompas.com, Dasep terbukti memperkaya diri sendiri dan menjadikan kurugian negara lebih dari Rp. 28 Miliar. Dia divonis 7 tahun penjara dan harus membayar dendan sebanyak Rp. 17 Miliar.


Mimpinya membuat kendaraan beroda empat listrik telah pupus. Padahal Evina merupakan salah satu kendaraan beroda empat listrik Indonesia terbaik yang dilengkapi motor listrik 20 kWh dan baterai lithium-ion berkapasitas 21 kWh yang diimport pribadi dari Amerika. Tenaga yang dikeluarkan kendaraan beroda empat ini bisa mencapai 50 daya kuda, dan mampu menjangkau 135 km dalam satu kali pengisian baterai.


5. Bus Listrik Ahmadi


 Masa depan industri otomotif dunia akan beralih dari kendaraan beroda empat konvensional ke kendaraan beroda empat listrik  7 Mobil Listrik Indonesia Terbaru 2019

Gambar Bus Listrik Ahmadi


Tidak hanya kendaraan beroda empat listrik, Indonesia juga bisa membuat bus listrik. Bus ramah lingkungan ini ditenagai 132 sel baterai lithium ferophospat berdaya 150 kwh. Sedangkan untuk dapur pacunya memakai motor listrik yang bisa menghasilkan tenaga sebesar 220 kw atau setara 294 daya kuda.


Kecematan maksimal kendaraan beroda empat listrik ini bisa mencapai 80 km/jam. Untuk menguji kehebatannya, PT Sarimas Ahmadi Pratama telah melaksanakan ujicoba dari Bandung melalui Puncak dan hingga ke Cibinong. Sayangnya harga bus Listrik Indonesia ini sangat mahal, alasannya yaitu dibanderol dengan harga mulai Rp. 1.2 Miliar.


6. Mobil Listrik Hevina


 Masa depan industri otomotif dunia akan beralih dari kendaraan beroda empat konvensional ke kendaraan beroda empat listrik  7 Mobil Listrik Indonesia Terbaru 2019

Gambar Mobil Listrik Hevina


Hevina adadalah kendaraan beroda empat listrik Indonesia yang dikembangkan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Mobil berjenis sedan ini ditenagai motor listrik berdaya 62 Horsepower dan bisa memuntahkan torsi sebesar 156 Nm. Tenaga dan torsi yang dikeluarkan cukup besar, sehingga kendaraan beroda empat ini bisa melaju hingga kecepatan 140 km/jam.


Walaupun diperkenalkan pada tahun 2013, namun kendaraan beroda empat listrik Indonesia tersebut belum akan di produksi secara massal. Butuh tahapan panjang untuk merealisasikannya, jadi jangan harap bisa membelinya dalam waktu dekat.


7. Mobil Listrik Si Elang


 Masa depan industri otomotif dunia akan beralih dari kendaraan beroda empat konvensional ke kendaraan beroda empat listrik  7 Mobil Listrik Indonesia Terbaru 2019

Gambar Mobil Listrik Si Elang


Indonesia butuh kendaraan beroda empat ramah lingkungan. Oleh alasannya yaitu itulah mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Tidar (Untidar) membuat kendaraan beroda empat listrik berjulukan Si Elang. Mobil ini bisa bergerak, alasannya yaitu didalamnya tertanam penggagas motor listri berkekuatan 350 watt. Dengan daya sebesar itu, Si Elang bisa berlari dengan kecepatan maksimal 40 km/jam.


Daya tahan baterainya bisa mencapai 3 Jam, sehingga tidak cocok dijadikan sebagai kendaraan beroda empat penumpang ataupun kendaraan beroda empat commercial. Mobil listrik Indonesia tersebut masih sebatas prototype dan perlu pengembangan lebih lanjut semoga bisa diproduksi secara massal.





















Baca Juga Informasi Menarik Lainnya


Harga Motor Royal Enfield Harga Motor Trail Kawasaki 
Harga Shock YSSHarga Motor Trail Yamaha 
Harga Motor Harley Davidson Mobil Matic Murah

Kreativitas anak bangsa dalam menyebarkan kendaraan beroda empat listrik patut diacungi jempol. Bisa dikatakan kendaraan beroda empat listrik merupakan kendaraan beroda empat masa depan, alasannya yaitu lebih efesien dan ramah lingkungan. Semoga kedepannya ada kendaraan beroda empat listrik Indonesia yang diproduksi secara massal, sehingga bisa menjadi pujian seluruh masyarakat Indonesia.



Sumber https://www.otomotifo.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "7 Kendaraan Beroda Empat Listrik Indonesia Terbaru 2019"

Posting Komentar