√ Tugas Rumah Tangga Negara

Peran Rumah Tangga Negara (Pemerintah) - Negara yakni komunitas sosial, politik dan ekonomi. Pemerintah yakni salah satu unsur dari negara. Pemerintah yakni pelaku acara ekonomi. Peran pemerintah dalam acara ekonomi yakni sebagai berikut.


1. Konsumen
Sebagai konsumen pemerintah membeli dan mengonsumsi aneka macam barang dan jasa untuk mengelola negara. Misalnya: membeli jasa pegawai, kendaraan dinas, kertas, alat-alat kantor, listrik, telepon, dan lain-lain. Sebagai konsumen, pemerintah harus mengeluarkan dana untuk pembelian barang dan jasa tersebut. Dana pemerintah diperoleh dari APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara).


Sebelumnya mengenai Peran Rumah Tangga Produksi ini mungkin sanggup menambah pengetahuan anda


2. Produsen
Sebagai produsen, pemerintah menghasilkan barang dan jasa. Barang dan jasa tersebut diproduksi oleh tubuh perjuangan milik pemerintah. Sesuai amanat Undang-Undang Dasar 1945 pasal 33 ayat 2 dan 3, pemerintah bertugas menyediakan barang dan jasa yang penting (vital) diperlukan oleh rakyat. Melalui BUMN, pemerintah menyediakan barang dan jasa tersebut. minyak dan gas bumi disediakan oleh PT Pertamina, listrik disediakan oleh PT PLN, jasa transportasi udara disediakan oleh PT Garuda, jasa transportasi darat disediakan oleh Perum Damri, jasa keuangan/ perbankan oleh PT Bank Rakyat Indonesia, dan lain-lain.

 Pemerintah yakni salah satu unsur dari negara √ PERAN RUMAH TANGGA NEGARA


3. Regulator
Sebagai regulator, pemerintah bersama dewan perwakilan rakyat menciptakan peraturan dalam bidang ekonomi. Tujuannya mendorong acara ekonomi biar lebih optimal dan sanggup meningkatkan kesejahteraan rakyat. Misalnya Undang-Undang No. 19 Tahun 2003 wacana BUMN, Undang- Undang No. 1 tahun 1967 wacana Penanaman Modal Asing.

 Pemerintah yakni salah satu unsur dari negara √ PERAN RUMAH TANGGA NEGARA


Sekian mengenai Peran Rumah Tangga Negara, semoga ini sanggup membantu kalian.

Sumber http://www.ssbelajar.net/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "√ Tugas Rumah Tangga Negara"

Posting Komentar