Tips Menciptakan Ruangan Lebih Indah

Semua orang tentunya ingin mempunyai rumah ideal dengan ruangan yang indah untuk ditinggali. Ada banyak cara yang dilakukan orang-orang untuk menciptakan ruangan dalam rumah mereka menjadi lebih baik. Bahkan ada yang membeli furniture dengan harga mahal namun belum tentu berhasil menciptakan ruangan mereka lebih baik.

Tips Membuat Ruangan Lebih Indah 

 Semua orang tentunya ingin mempunyai rumah ideal dengan ruangan yang indah untuk ditinggal Tips Membuat Ruangan Lebih Indah
living room, img by smarthomesbarbados.com

Tips sederhana berikut ini sanggup dijadikan pola untuk menciptakan ruangan anda tampak lebih baik. Semua orang sanggup melaksanakan ini dan sanggup diterapkan untuk banyak sekali ruangan menyerupai ruang tidur ruang tamu ruang keluarga dan lain sebagainya.

Pilihan warna cat

Elemen bangunan yang paling sering dilihat oleh penghuni bangunan ialah dinding, bukan lantai. Saat orang-orang masuk ke ruangan niscaya mata mereka memandang tegak lurus dan yang terlihat ialah dinding ruangan. Inilah kenapa pilihan warna cat dinding menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan bila ingin menciptakan ruangan lebih baik.

Memilih warna cat dinding sanggup dilakukan di awal maupun di selesai perencanaan. Jika menentukan warna cat dinding di awal sebelum menentukan furniture maka warna cat dinding harus menjadi patokan untuk menentukan warna warna furniture. Sementara untuk kasus renovasi rumah yang mempertahankan furniture usang sebaiknya mengecat dulu warna furniture sebelum memutuskan untuk menentukan warna cat dinding.

Umumnya orang-orang di indonesia memakai warna natural menyerupai putih  atau krem yang kondusif disandingkan untuk semua warna furniture.  Namun di satu sisi warna warna tersebut terkesan monoton dan sudah sangat biasa ditemui.

Jarak antar furniture

Umumnya di rumah rumah kecil ruangannya terisi penuh dengan banyak sekali barang yang diletakkan berhimpitan dengan alasan bahwa ruang yang tersedia tidak cukup. Hal ini boleh saja menjadi masuk logika namun meletakkan furniture sedemikian rupa akan menciptakan ruangan terasa sumpek.

Sejatinya kita harus cermat untuk memasukkan furniture ke dalam ruangan. Untuk menciptakan ruangan yang indah dan lega gunakan lebih sedikit furniture dengan fungsi yang lebih kompak. Jangan menambah jumlah furniture yang tidak perlu.

Misalnya untuk meja,  lebih baik memakai meja dengan rak, daripada meletakkan satu meja dan satu rak berdampingan. Beda halnya kalau mempunyai ruangan yang cukup besar maka lebih baik memakai lebih banyak furniture untuk mengisi ruang.

Antara furniture satu dengan yang lainnya perlu diberikan jarak sehingga mereka tidak tampak bersaing satu sama lain. Masing-masing akan mempunyai daerahnya tersendiri dan menampilkan karakternya secara penuh.

Membuat focal point

Focal point atau titik fokus pada ruangan diharapkan biar kita berkonsentrasi pada satu titik saja. Seperti yang dijelaskan tadi bahwa furniture masing-masing akan menawarkan karakternya. Jangan hingga satu dengan yang lain saling bersaing dan menyebabkan ketidak jelasan dalam ruangan.

Cukup satu focal point untuk satu ruangan, kecuali ruangan tersebut merupakan ruangan multifungsi yang luas. Misalnya ruang keluarga yang ruang makan dalam satu ruangan. Tentu saja titik fokus nya ada 2 yaitu pada bangku keluarga dan pada meja makan.

Menciptakan garis pandang

Untuk memperkuat kesan focal point maka diharapkan juga ruang-ruang yang harus kosong. Hal ini tentunya untuk memperkuat kehadiran focal point sebagai titik fokus ruangan. Jangan menata semua furniture untuk memenuhi semua bab ruangan. Terkadang kita perlu menyediakan ruang kosong untuk memperkuat keberadaan benda-benda di sisi lainnya.

Letakkan focal point yang baik biasanya berada di seberang pintu sehingga ketika membuka pintu pribadi terlihat titik fokus ruang tersebut. Sementara kita harus mengurangi jumlah barang-barang yang berada di sekitar focal point sehingga focal point tersebut semakin kuat.

Skala dan proporsi

Untuk meletakkan benda-benda di ruangan tentunya harus memahami skala dan proporsi. Benda-benda tersebut mungkin terlihat anggun ketika berada di toko yang luas. Namun akan terlihat kebesaran dan sangat sumpek ketika diletakkan di rumah.

Untuk menentukan skala dan proporsi kita sanggup gunakan perbandingan ukuran furniture dengan ukuran ruang yang tersedia di rumah kita. Misalnya untuk ruang tamu dengan ukuran 3x3 m maka panjang sofa maksimal yang boleh diletakkan ialah 2 m. Sehingga masih terlihat sofa tersebut secara utuh dalam ruangan.

Demikianlah tips dalam menata ruangan biar terlihat lebih indah. Semoga dengan mengikuti tips-tips di atas ruangan dalam rumah anda terlihat lebih baik dari sebelumnya. Terima kasih.

Sumber http://www.arsitur.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Tips Menciptakan Ruangan Lebih Indah"

Posting Komentar