Sistem Pemerintahan Presidensial Ciri-Ciri, Kelebihan, & Kekurangan

Sistem Pemerintahan Sistem pemerintahan presidensial yaitu sistem pemerintahan yang dipimpin oleh seorang presiden. Kedudukan presiden sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan (eksekutif). Presiden dibantu oleh menteri-menteri yang bertanggung jawab kepadanya. Pada sistem pemerintahan presidensial yang murni, administrator dan legislatif tidak berafiliasi secara langsung. Antara administrator dan legislatif tidak sanggup saling mempengaruhi, sebab kedua badan/lembaga tersebut mempunyai kedudukan yang sama-sama merdeka.

Pemerintahan presidensial memang membutuhkan tunjangan riil dari rakyat yang akan menyerahkan mandatnya kepada Capres. Namun, rakyat tak sanggup menyerahkan begitu saja mandatnya tanpa tahu apa yang akan dilakukan capres. 

Nah, pada kesempatan kali ini akan menghadirkan klarifikasi lengkap mengenai sistem pemerintahan presidensial, baik dari segi ciri-ciri, kelebihan, dan kekurangannya. Semoga bermanfaat. Check this out!!!

A. Ciri-Ciri Sistem Pemerintahan Presidensial

Adapun ciri-ciri pemerintahan presidensial adalah:

  1. Presiden sebagai badan penyelenggaraan negara. Presiden berkedudukan sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan (eksekutif).
  2. Presiden tidak dipilih parlemen, tetapi dipilih secara eksklusif oleh rakyat (PEMILU) atau oleh suatu tubuh khusus yang dikuasakan.
  3. Hubungan antara presiden dan tubuh legislatif tidak sanggup saling menjatuhkan, sebab presiden dan tubuh legislatif dipilih oleh rakyat melalui pemilihan umum, sehingga keduanya bertanggung jawab kepada rakyat.
  4. Presiden dibantu oleh seorang wakil presiden dan para menteri yang terdapat dalam suatu kabinet oleh presiden.
  5. Presiden tidak bertanggung jawab kepada parlemen, sebab presiden tidak dipilih oleh parlemen.
  6. Presiden tidak sanggup diberhentikan oleh tubuh legislatif sebelum masa jabatannya berakhir. Apabila terjadi pelanggaran yang bertentangan dengan konstitusi atau hukum, presiden sanggup dikenakan impeachment (pengadilan parlemen) yang dilakukan oleh hakim tinggi.
  7. Masa jabatan presiden ditetapkan dalam jangka waktu tertentu.


 Sistem pemerintahan presidensial yaitu sistem pemerintahan yang dipimpin oleh seorang pr Sistem Pemerintahan Presidensial   Ciri-Ciri, Kelebihan, & Kekurangan

B. Kelebihan Sistem Pemerintahan Presidensial

Sistem pemerintahan presidensial ini mempunyai kelebihan dan kelemahan. Adapun kelebihan sistem pemerintahan presidensial yaitu sebagai berikut.

  1. Kedudukan presiden cukup berpengaruh dan stabil sebab tidak sanggup dijatuhkan oleh parlemen.
  2. Penyusunan kegiatan kerja sanggup diadaptasi dengan jangka waktu masa jabatannya.
  3. Masa jabatan presiden lebih terang sehingga mempunyai waktu yang cukup untuk melakukan kegiatan kerjanya.


C. Kekurangan Sistem Pemerintahan Presidensial

Kelemahan sistem pemerintahan presidensial yaitu sebagai berikut:

  1. Presiden berada pada posisi di luar pengawasan eksklusif legislatif serta pengawasan rakyat yang kurang mempunyai efek terhadap pemerintah, sehingga menjadikan kekuasaan yang mutlak.
  2. Hasil dari keputusan yang kurang tegas, sebab keputusan yang diambil merupakan hasil tawar-menawar (lobying) antara kekuasaan administrator dan legislatif.
  3. Sistem pertanggungjawaban presiden kurang jelas.

Semoga artikel Pendidikan Kewarganegaraan di atas wacana Sistem Pemerintahan Presidensial sanggup bermanfaat dan menambah wawasan teman sekalian. Apabila ada suatu kesalahan baik berupa penulisan maupun isi dari artikel di atas, mohon kiranya kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan bersama. Jangan lupa like dan share juga ya sobat. Terima kasih... ^^Maju Terus Pendidikan Indonesia^^

Lihat juga artikel wacana Sistem Pemerintahan Parlementer, di sini.


Sumber http://www.zonasiswa.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Sistem Pemerintahan Presidensial Ciri-Ciri, Kelebihan, & Kekurangan"

Posting Komentar