Rumus Asing Mencar Ilmu Matematika


Oleh : Bambang Hidayat

          Sudahkah kita berguru matematika? Tentu kebanyakan dari kita niscaya menjawab sudah. Bayangkan! selama kurang lebih 12 tahun lamanya kita telah mempelajari matematika. Mulai dari jenjang sekolah dasar, sekolah menengah atau bahkan sampai kejenjang perguruan tinggi tinggi. Namun, Bagaimana kalau pertanyaan di awal tadi kita ubah menjadi “sudahkah kita berguru matematika dengan benar?”. Kira-kira apakah balasan kita semua masih sama yaitu “sudah”. Kekurangan bangsa Indonesia dalam berguru matematika yaitu hanya sebatas memakai rumus atau konsep yang telah ada bukan berguru sebagai penemu atau pengembang matematika. Hal ini, selaras dengan pendapat Maman Djauhari yang menyampaikan bahwa : “Karena tidak memberikan wacana filsafat matematika, ke depan Indonesia masih akan tetap sebagai bangsa yang hanya pengguna ilmu, bukan penemu ilmu”.  Benarkah demikian, mari kita buktikan bersama apakah kita telah berguru matematika dengan benar. Coba kita renungkan bersama, sudah siap dan mantapkah kita menjawab kalau ditanya oleh khalayak ramai wacana matematika itu apa? Atau untuk apa kita berguru matematika? Pertanyaaan-pertanyaan tersebut merupakan pertanyaan filsafati yang sanggup mengubah cara berpikir, bertindak, dan berguru kita mengenai matematika. Sehingga, memungkinkan kita di masa yang akan tiba akan menjadi bangsa penggebrak khasanah matematika secara radikal dan komprehensif. Akibatnya akan bermunculan jago atau tokoh-tokoh matematika di tanah air tercinta ini. Mudah-mudahan, amin.
              Rumus atau konsep yang akan aku tawarkan bagi para pembaca biar berguru matematika kita tidak sia-sia dan menempel di sanubari kita yang paling dalam yaitu “5W+H+WI”. Apakah 5W+H+WI itu? Berikut ini kami berikan penjabarannya :
5W itu yaitu What, When, Where, Why, Who
Sedangkan H itu yaitu How dan WI itu yaitu What If.

              Sebagai contoh, dikala kita berguru salah satu topik matematika yaitu fungsi. Maka kita harus memunculkan semua pertanyaan yang mungkin, wacana apa itu fungsi, kapan konsep fungsi itu hadir, dimana konsep fungsi itu lahir, mengapa fungsi dipelajari, siapa penemunya, bagaimana menggunakannya, bagaimana kalau konsep fungsi itu dikembangkan.

Sumber http://gemarmatematika21.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Rumus Asing Mencar Ilmu Matematika"

Posting Komentar