6 Cara Termudah Mencari Modal Usaha

www.bacaanku.com, Salah satu hambatan yang paling umum bagi entrepreneur ialah ketika dihadapkan dengan problem modal ketika akan mendirikan suatu bisnis. Begitu banyak pandangan gres kreatif mendirikan perjuangan namun tidak hingga terealisasikan hanya dikarenakan mininya modal atau bahkan tidak ada modal sama sekali.


Artikel kali ini akan membahas 6 Cara Termudah Mencari Modal Usaha :


1. Kerja Sama/Partner


Anda bisa mencari kerabat keluarga, teman atau bahkan dari internet (grup bisnis social media). Karena tentunya memungkinkan saja pandangan gres bisnis yang anda miliki kesamaan pandangan gres dengan orang lain diluar sana dan dengan hambatan yang sama untuk memulai bisnisnya.


Anda bisa membagi modal perjuangan menyerupai 50% : 50%, atau anda bisa membagi modal usaha dalam bentuk supply barang sebagai materi baku produksi.


Baca juga Manfaat organisasi yang mungkin bermanfaat untuk mencari partner yang berkelas.




2. Ikuti Peluang


Banyak sekali diluar sana, event-event untuk para pengusaha pemula yang mempunyai ide-ide kreatif dan besar. Sebagai misalnya anda bisa mencoba mengikuti jadwal yang disediakan :



  • Mandiri wirausaha muda

  • Dari Pemerintah setempat semisal MASYARAKAT EKONOMI ASEAN (MEA)

  • Dan dari pihak swasta lainnya


Tentunya tidak semuanya bisa mendapat modal dari event-event tersebut, diperlukan kerja keras dan pandangan gres kreatif serta persiapan yang matang dalam mendirikan usaha, silahkan baca point penting dalam mendirikan usaha.




3. Menjual Aset


Salah satu cara tergampang untuk mencari modal usaha, yaitu menjual asset atau barang yang kita miliki. Namun yang perlu kita rencanakan sebelum menjual asset tersebut adalah.



  • Apakah barang tersebut lebih bermanfaat apabila kita gunakan untuk mensupport perjuangan kita daripada sekedar menjualnya?

  • Melihat nilai jual dari barang tersebut, semisal kita mempunyai warisan rumah. Tetapi kebutuhan akan modal perjuangan tersebut belum begitu mendesak, sehingga kita bisa menunda untuk menjual rumah tersebut hingga harganya lebih tinggi. Dikarenakan harga property rumah setiap ketika akan mengalami penaikan.




4. Menggadaikan Aset


Apabila dirasa kebutuhan modal kita tidak terlalu besar, sehingga bila kita menjual asset tersebut uang hasil penjualannya masih lebih untuk penggunaan modal maka menggadaikan akan lebih baik daripada menjualnya langsung.


Namun beberapa hal yang perlu dicermati sebelum menggadaikan asset ialah :



  • Apabila hasil gadai tersebut terdapat bunga, usahakan cari kawasan penggadaian yang memberikan suku bunga ringan. Walaupun tidak dianjurkan dikarenakan mengandung unsur riba, mungkin artikel baca 10 cara dagang rasulullah sanggup membantu memahaminya

  • Gadai ialah bahasa lain daripada hutang, sehingga apabila kita menggadaikan asset kita, kita harus menghitung gadai tersebut sebagai hutang usaha. Agar tidak mengalami kesusahan untuk membagi modal usaha, batas maximal pembayaran hutang ialah 30% dari penghasilan kita.


Menggadaikan aset yang kita miliki mungkin lebih bijak daripada eksklusif menjualnya. akan tetapi, kita juga harus sanggup memaksimalkan penggunaan income bisnis. dikarenak kita sudah mempunyai “hutang” sebelum memulai bisnis.




5. Mencari Investor


Apa beda investor dengan mencari partner menyerupai di point pertama?


Investor lebih bermodal tinggi dibandingkan dan tentunya lebih professional, hubungan kita dengan investor tidak hanya sebatas pemberi pertolongan dan pelaku usaha. Namun terlebih ialah hubungan professional yang harus menguntungkan.


Yang perlu dipahami sebelum mencari investor adalah, bahwa seorang investor ialah orang professional. Tidak akan mau seorang investor meminjamkan uangnya puluhan hingga ratusan juta apabila pandangan gres perjuangan anda tidak brillian.


Beberapa persiapan penting sebelum mengajukan pertolongan modal ke investor ialah :



  • Tentukan Banyak Uang Yang Dibutuhkan


Tentukan berapa, dan rekap semuanya dalam soft file maupun hard file (print) supaya sanggup dengan praktis dijelaskan. Sehingga kita sanggup tetapkan dengan praktis berada modal yang kita butuhkan.



  • Ketahui Nilai Kredit Usaha anda


Bagaimana caranya? Tentunya secara budi mustahil seorang dengan pandangan gres akan menjual minuman jus di depan kampus hendak meminjam ratusan juta.


Apabila berupa took, tentukan harga tanah/m untuk kawasan perjuangan anda, tentukan berapa pendapatan tiap bulan anda, dsb.



  • Bandingkan pertolongan dari beberapa investor


Tak kalah penting, jangan tergesa-gesa dalam mencari modal. Bandingkan investor A dengan investor B. berapa maximal pertolongan yang sanggup merke berikan kepada kita.



  • Buat paket dokumen yang perlu dipersiapkan


Selalu persiapkan dokumen dokumen penting, baik berupa file maupun hard copy.


Disarankan untuk mencari investor dengan metode bagi hasil daripada mengajukan pertolongan dengan metode suku bunga, supaya kita jauh dari riba’.




6. Kredit Bank


Walaupun sangat tidak dianjurkan, ialah mencari modal melalui pertolongan kredit pada bank. Karena penuh dengan unsure riba’.


Ada 2 jenis pertolongan pada bank, yaitu :



  • pinjaman dengan jaminan


Pinjaman dengan memberikan jaminan kepada bank, bisa berupa dokumen berharga atau barang.



  • pinjaman tanpa agunan.


Dengan suku bunga yang relative sangat tinggi (bisa mencapai 10 persen keatas), walaupun dengan sarat yang relative ringan.


Bagaimanapun cara yang kita pilih, kredit pertolongan terhadap bank ialah cara terakhir apabila memang sangat membutuhkan modal. Karena tidak sedikit para pengusaha baik kecil, mengenah, hingga tinggi yang gulung tikar sebab tidak bisa membayar hutang ditambah suku bunga dari bank.


Sekian pembahasan artikel 6 Cara Termudah Mencari Modal Usaha, tentunya masih banyak cara untuk mencari modal, namun penulis hanya memberikan yang benar-benar praktis kita lakukan dalam mencari modal.


Terima Kasih, Silahkan Share Jika Menurut Anda Bermanfaat Untuk Anda dan Orang Lain.


Sumber https://bacaanku.com/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "6 Cara Termudah Mencari Modal Usaha"

Posting Komentar