√ Prinsip Pengelolaan Sumber Daya Alam

Prinsip Pengelolaan Sumber Daya Alam - Adalah Sumber-sumber daya alam aneka macam macamnya merupakan materi dasar bagi pengelolaan untuk memenuhi segala kebutuhan manusia. Sumber daya alam akan benar-benar mempunyai kegunaan apabila pemanfaatannya lebih menyangkut kebutuhan manusia. Pengelolaan yang kurang menyangkut kebutuhan insan di samping akan merusak lingkungan sekitarnya juga akan menjadi bumerang bagi insan sendiri.

Oleh sebab itu, dalam mengolah sumber daya alam harus menurut prinsip-prinsip berwawasan lingkungan dan berkelanjutan. Berwawasan lingkungan artinya mempertimbangkan kelestarian dan jangan hingga menjadikan imbas negatif bagi lingkungan hidup. Berkelanjutan, artinya pengolahan sumber daya alam jangan hingga punah, perlu dipikirkan kelanjutannya.


Prinsip dan Cara penggunaan sumber daya alam oleh insan yang sanggup dipertanggungjawabkan dengan cara sebagai berikut.


sumber daya alam aneka macam macamnya merupakan materi dasar bagi pengelolaan untuk memen √ PRINSIP PENGELOLAAN SUMBER DAYA ALAM

a. Selektif, ialah memilih, menggunakan, dan mengusahakan sumber daya alam dengan sungguh-sungguh untuk kepentingan kehidupan.

b. Menjaga kelestarian. Untuk menggali dan mengolah sumber daya alam perlu memakai teknologi maju sehingga memungkinkan terpeliharanya kelestarian.

c. Menghemat. Perlu dihindarkan pemborosan dalam mengolah sumber daya alam.

d. Memperbarui. Perlu adanya upaya untuk memperbarui sumber daya alam antara lain dengan cara sebagai berikut.
1) Reboisasi dan penghijauan lahan yang gundul.
2) Mengembangbiakkan binatang dan flora secara modern melalui tindakan pelestarian.
3) Penanaman ladang secara bergilir.
4) Pengolahan tanah pertanian dengan pancausaha pertanian.




Versi materi oleh Dibyo S dan Ruswanto

Sumber http://www.ssbelajar.net/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "√ Prinsip Pengelolaan Sumber Daya Alam"

Posting Komentar