Dampak Nyata Globalisasi Dan Contonya

Dampak faktual globalisasi sanggup kita lihat dalam banyak sekali dimensi. Kemunculannya terlihat dalam kehidupan sehari-hari. Globalisasi merupakan fenomena sosial dimana relasi-relasi sosial sifatnya menggobal. Artinya, di periode globalisasi hal-hal detail yang berada dalam skala kecil tidak lagi sepenuhnya steril dari unsur-unsur yang sifatnya global.


Baca juga Globalisasi: Definisi dan Dampaknya







Dalam postingan ini saya akan memaparkan beberapa pola efek faktual globalisasi yang terjadi di sekitar kita. Dampak faktual globalisasi yang akan dipaparkan di sini mencakup banyak sekali dimensi, ibarat sosial, politik, ekonomi, dan sebagainya. Namun untuk akomodasi penjelasan, saya tidak akan menuliskan dimensinya satu-persatu, melainkan eksklusif pada contohnya saja.


Dampak faktual globalisasi dan contohnya


» Meningkatnya kecepatan untuk mengenal kebudayaan lain


Globalisasi sebagai proses hubungan antara lokal dan global telah memberi akomodasi bagi kita untuk mengenal kebudayaan lain di luar sana yang sebelumnya sulit dijangkau. Kemudahan ini tentu dibantu oleh beberapa penemuan khususnya di bidang teknologi, info dan transportasi.


Tidak hanya budaya di kampung sebelah yang bisa kita kenal, namun juga kebudayaan di negeri seberang atau di benua tetangga. Misalnya, kita sanggup mengenal pakaian tradisional Tiongkok. Eropa mengetahui bahwa sarung yaitu pakaian khas dari Indonesia.


Mengenal kebudayaan lain merupakan salah satu modal penting yang harus dimanfaatkan di periode globalisasi ini. Dengan mengenal, kita bisa menentukan untuk lebih toleran sehingga bisa hidup bersama secara harmonis.


Baca juga: Pengertian Budaya dan Unsur-Unsurnya






» Mempercepat terjadinya perubahan sosial


Globalisasi juga sanggup mempercepat terjadinya perubahan sosial. Memang, perubahan sosial bisa terwujud dalam banyak sekali macam bentuk, bisa faktual dan bisa pula negatif. Dampak faktual globalisasi terhadap perubahan sosial yaitu terjadinya perubahan semakin cepat.


Globalisasi membuka peluang adanya pertukaran informasi, ide, pengetahuan, barang dan jasa. Dengan proses pertukaran ini, perubahan sosial sangat gampang terjadi. Kehidupan masyarakat yang stagnan bisa dengan cepat berubah dikala pandangan gres baru dari luar masuk.


Sebagai contoh, suatu kampung yang selama beberapa dekade mengalami perubahan sosial budaya yang lambat, dikala globalisasi memberi jalan masuknya korporasi multinasional, kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat setempat berubah drastis.


Dampak faktual globalisasi sanggup kita lihat dalam banyak sekali dimensi Dampak Positif Globalisasi dan Contonya


» Terjadinya demokratisasi teknologi


Globalisasi memberi kesempatan bagi terjadinya demokratisasi teknologi. Artinya, penemuan dan konsumsi teknologi tidak lagi terpusat, melainkan tersebar ke beberapa wilayah. Hal ini sanggup terjadi alasannya yaitu salah satunya, globalisasi mengijinkan distribusi terknologi dengan pola yang tidak lagi dari sentra ke daerah-daerah, melainkan dari daerah-daerah ke beberapa kawasan lain yang membentuk jaringan yang kompleks.


Kita bisa memakai teknologi buatan Jepang, orang Amerika menciptakan komunitas pecinta drama Korea, makanan halal menjadi tren di Eropa, dan sebagainya yaitu bentuk bagaimana demokratisasi teknologi ikut andil mengenalkan sesuatu yang lain dari bagian bumi lain.


Internet merupakan salah satu teknologi yang paling sering dianggap sebagai penopang utama globalisasi. Anggapan ini tentu saja problematik alasannya yaitu seolah globalisasi tidak ada sebelum internet. Namun pastinya, dengan internet, ekskalasi proses globalisasi menjadi semakin pesat.


Baca juga Perubahan Sosial Budaya: Pengertian dan Contohnya






» Terjadinya konvergensi sistem politik


Konvergensi sistem politik maksudnya yaitu penyatuan sistem politik yang semula bervariasi ke dalam sistem mapan yang lebih dominan. Dua pola yang bisa saya paparkan di sini antara lain demokrasi dan Hak Asasi Manusia (HAM).


Banyak negara mengadopsi sistem demokrasi sebagai sistem politiknya. Secara praktis, pemilihan pemimpin tertinggi dilakukan lewat voting dalam proses pemilu. Demokrasi menjadi identik dengan pemilu dan pemilu identik dengan voting.


Globalisasi juga mengenalkan sebuah prinsip yang dikenal dengan istilah HAM. HAM merupakan pandangan gres politik yang sekarang telah menyebar luas di banyak sekali negara. Negara tanpa penegakkan HAM akan dianggap sebagai negara yang tidak demokratis. Negara yang tidak demokratis akan menjadi musuh bersama.


Baca juga: Pengertian Demokrasi dan Jenisnya






» Munculnya solidaritas sosial lintas bangsa


Solidaritas sosial di periode global tidak lagi ditentukan oleh teritori dan batasan geografis semata. Kita bisa bersimpati dan mengekspresikan rasa simpati kita terhadap orang atau tragedi apapun yang terjadi jauh dari kita.


Sebagai contoh, kita bisa menawarkan sumbangan simpatik kita terhadap rakyat Palestina dan menyuarakan kemerdekaan Palestina. Kita juga bisa bersimpati atas apa yang terjadi di Paris dan Syiria, misalnya.


Aksi solidaritas lintas bangsa, bahkan agama dan bahasa telah menjadi fenomena umum dalam bahasan gerakan sosial. Dampak faktual globalisasi yang bisa kita saksikan di sini yaitu terbukanya sumbangan dari luar dan bangsa lain. Dukungan yang melimpah ini tentu merupakan citra faktual terutama bagi mereka yang didukung.


» Memperkuat intensitas hubungan diplomatik


Hubungan diplomatik antar negara bisa semakin intens dengan sumbangan arus globalisasi yang kuat. Di periode globalisasi, negara tidak lagi bisa bangun sendiri. Negara yang mengisolasi diri akan terancam eksistensinya.


Hubungan diplomatik ini bisa terjadi di banyak sekali sektor. Hubungan internasional itu sendiri merupakan bentuk globalisasi yang banyak dimaknai secara politis. Terlepas dari apapun kepentingannya, hubungan internasional menjadi semakin intens seiring meningkatnya kesadaran negara-negara akan globalisasi.


Sebagai contoh, dalam pertemuan diplomatik antara Indonesia dengan Swedia membahas kerjasama di bidang pendidikan dan perdagangan. Kerjasama yang disepakati dalam pertemuan akan secara intens ditindaklanjuti seiring kesadaran keduanya bahwa mereka menjadi saling tergantung satu sama lain.


Baca juga Hubungan Internasional: Pengertian dan Contohnya







Dampak faktual globalisasi telah menjadi senjata ampuh bagi para globalis untuk mempromosikan ideologinya. Pada dasarnya, dunia akan dianggap menjadi semakin bagi jikalau masyarakat mempunyai kesadaran akan pentingnya globalisasi. Namun perlu diingat bahwa efek faktual globalisasi yang dipaparkan tersebut perlu dikontekstualisasikan biar kita paham negara mana dan siapa saja yang diuntungkan serta siapa yang dirugikan jawaban globalisasi.


Baca juga: Pengertian Ideologi dan Contohnya



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Dampak Nyata Globalisasi Dan Contonya"

Posting Komentar