Pengertian Geografi Berdasarkan Para Ahli, Lengkap!!!

Geografi yakni ilmu perihal bumi. Begitu kira-kira yang saya ingat waktu berguru geografi dulu. Menyenangkannya berguru geografi yakni mengenal lebih banyak mengenai bumi. Ya walupun agak begitu rumit saat masuk ke bahasa-bahasa ilmiah yang menyangkut mengenai bumi, tapi saya suka berguru geografi. Bukan alasannya gurunya yang cantik, hehehe, tapi juga seru mengenal bumi, memahami fenomena alam yang terjadi, dan mengenal tempat-tempat eksotis yang ada di seluruh dunia.

Nah, bagi sahabat yang sedang mencari Pengertian Lengkap Geografi baik berdasarkan asal mula kata atau pun berdasarkan para tokoh andal geografi, untuk itu pada kesempatan kali ini mencoba menghadirkannya lengkap untuk sobat. Semoga bermanfaat. Check this out!!!!

A. Pengertian Geografi Menurut Bahasa

Ketika kita mendengar kata geografi, terlintas di pikiran kita geografi yakni ilmu yang memmpelajari bumi, tempat-tempat di dunia, negara di dunia, cara menciptakan peta atau cara menyajikan data. Sobat yang mendengar kata geografi, niscaya ada dari pengertian tersebut yang terpintas di kepala. Tapi apakah bahu-membahu geografi???

Kata geografi diambil dari bahasa Inggris 'geography' yang merupakan turunan dari bahasa Yunani yaitu 'geo' yang berarti bumi dan 'graphien' yang berarti goresan pena atau penjelasan. Ke dua kata tersebut lalu terbentuk menjadi 'geography' yang bisa di artikan secara istilah sebagai ilmu bumi atau ilmu yang mempelajari perihal bumi.

kira yang saya ingat waktu berguru geografi dulu Pengertian Geografi Menurut Para Ahli, LENGKAP!!!
B. Pengertian Menurut Para Ahli

Konsep geografi telah ada semenjak zaman dahulu kala. Bangsa Yunani Kuno telah berusaha mendokumentasikan banyak sekali macam keterangan yang berkaitan dengan geografi. Geograf pertama pada masa itu yakni Thales (640-546 SM). a telah menyibukkan diri dengan banyak sekali penelitan dan menggali gosip geografi dengan melaksanakan perjalanan ke banyak sekali tempat.

Langkah Thales diikuti oleh geograf Yunani lainnya. Sebut saja Herodotus (485-425 SM) yang menciptakan geografi sekitar wilayah timur tengah, Phytheas yang mengukur jarak matahari ke bumi dan yang paling fenomenal yakni Eratosthenes (276-194 SM) yang bisa menghitung keliling bumi hanya berselisih 1% dari keliling sebenarnya.

Berikut di bawah ini yakni kosep pengertian geografi dari beberapa ahli:

1. Immanuel Kant
Geografi yakni ilmu yang objek studinya yakni benda-benda, hal-hal atau gejala-gejala yanb tersebar dalam wilayah di permukaan Bumi.

2. Alexander von Humboldt
Alexander manyatakan bahwa gegorafi yakni studi perihal imbas lingkungan alam terhadap manusia.

3. Karl Ritter
Geografi merupakan suatu telaah Bumi sebagai daerah hidup manusia. Hal-hal yang menjadi objek studi geografi yakni semua fenomena di permukaan Bumi, baik organik maupun anorganik yang berkaitan dengan kehidupan manusia.

4. Friederich Ratzel
Ratzel mengemukakan konsep geografi dalam bukunya yang berjudul Politische Geographie.  Konsep itu diberi nama Lebensraum yang artinya wilayah geografis sebagai sarana bagi organism untuk berkembang. Ia melihat suatu negara cenderung meluaskan Lebensraum-nya sesuai kekuatan yang ia miliki.

5. Elsworth Huntington
Geografi yakni studi perihal fenomena pemukaan Bumi beserta penduduk yang menghuninya. Ia menjelaskan adanya hubungan timbal balik antara tanda-tanda dan sifat-sifat permukaan Bumi dengan penduduknya.

6. Paul Vidal de la Blache
Vidal merupakan pencetus teori posibilisme (kemungkinan) yang menyatakan bawah lingkungan mengatakan kemunkinan insan untuk hidup dan berkembang. Menurutnya, geografi yakni ilmu yang mempelajarai bagaimana proses produksi dilakukan insan terhadap kemungkinan yang ditawarkan oleh alam.

7. Halford Mackinder
Menurut Mackinder, Geografi yakni ilmu yang fungsi utamanya menyelediki interaksi insan dalam masyarakat dengan lingkungan yang berbeda berdasarkan lokasinya.

8. Bintaro
Geografi intinya yakni ilmu pengetahuan yang menceritakan, menandakan sifat-sifat Bumi, menganalisis gejala-gejala alam dan penduduk, serta mempelajari corak yang khas perihal kehidupan dari unsur-unsur Bumi.

9. Daldjoeni
Geografi merupakan ilmu pengetahuan yang mengajarkan insan meliputi tiga hal pokok, yaitu spasial (ruang), ekologi, dan region (wilayah). Dalam hal spasial, geografi mempelajari persebaran tanda-tanda baik yang alami maupun manusiawai di muka Bumi. Kemudian halam hal ekologi, geografi mempelajari bagaimana insan harus bisa menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Adapun dalam hal region, geografi memplejari wilayah sebagai daerah tinggal insan berdasarkan kesatuan fisiografinya.

Semoga artikel Geografi tersebut di atas perihal Pengertian Lengkap Gegorafi bisa bermanfaat bagi sahabat sekalian. Dan apa bila ada dari sahabat yang menemukan kesalahan baik berupa penulisan maupun pembahasan, mohon kiranya kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan bersama. Jangan lupa like dan share juga ya. Terima kasih... ^^Maju Terus Pendidikan Indonesia^^

Sumber http://www.zonasiswa.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Pengertian Geografi Berdasarkan Para Ahli, Lengkap!!!"

Posting Komentar