Pengertian Dan Klarifikasi Black Box (Kotak Hitam) Pesawat

Hai teman BlogTeknisi, hari ini saya akan mencoba sharing  terkait dengan Black Box (Kotak Hitam) sebuah pesawat. Akhir-akhir ini kita banyak menyaksikan petaka kecelakaan pesawat, nah untuk mengetahui atau memeriksa lantaran kecelakaan tersebut biasanya pihak yang berwajib dalam hal ini KNKT (Komite Nasional Keselamatan Transportasi) mencari penyebabnya lewat benda tersebut.

Sederhananya pengertian Black Box (Kotak Hitam) yaitu sekumpulan perangkat yang dipakai dalam bidang transportasi yang umumnya merujuk kepada perekam data penerbangan (flight data recorder; FDR) dan perekam bunyi kokpit (cockpit voice recorder; CVR) dalam pesawat terbang.

Uniknya walaupun benda ini dinamakan Black Box (Kotak Hitam) tetapi sebetulnya kotak tersebut tidak berwarna hitam tetapi berwarna orange (jingga). Hal ini dimaksudkan semoga suatu ketika kalau terjadi kecelakaan sanggup memudahkan inovasi benda tersebut. 

Gambar Black Box (Kotak Hitam) [Foto : Wikipedia]
Jadi, dalam dalam Black Box (Kotak Hitam) tersebut berisi perekam data penerbangan (flight data recorder; FDR) dan perekam bunyi kokpit (cockpit voice recorder; CVR) yang fungsinya untuk merekam pembicaraan antara pilot dan pemandu kemudian lintas udara atau air traffic control (ATC) serta untuk mengetahui tekanan udara dan kondisi cuaca selama penerbangan.

Komponen Black Box (Kotak Hitam)
Black Box (Kotak Hitam) ini sudah didesain sedemikian rupa untuk tahan dan tidak rusak dalam kondisi apapun, baik lantaran benturan, panas, terkena cairan, dll. Sehingga sanggup dipastikan kalau terjadi kecelakaan pesawat, benda ini sanggup mengungkap penyebabnya.

Penempatan kotak hitam inipun dilakukan sedemikian rupa semoga gampang ditemukan ketika terjadi kecelakaan pesawat. Umumnya terdapat dua unit Black Box (Kotak Hitam) yang diletakkan pada pecahan depan pesawat dan pecahan ekor pesawat, yang diyakini merupakan pecahan yang utuh ditemukan.

Membaca Data Black Box (Kotak Hitam) [Foto : Detikcom]
Seiring dengan perkembangan teknologi, Black Box (Kotak Hitam) ini juga terus dioptimasi semoga fungsinya sanggup semakin maksimal. Contoh kecil dahulu awal-awal ditemukan alat perekamnya masih memakai pita kaset biasa kini sudah diubah menjadi sebuah chip yang mempunyai memori yang khusus, bahkan ada yang mengusulkan tidak hanya sanggup merekam bunyi (voice), kedepan sebuah Black Box (Kotak Hitam) sanggup dilengkapi dengan video recorder untuk merekam kegiatan pilot dan co pilot pada detik-detik menjelang kecelakaan. [BT]

Sumber http://www.blogteknisi.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Pengertian Dan Klarifikasi Black Box (Kotak Hitam) Pesawat"

Posting Komentar