Macam-Macam Koperasi

Salah satu  tujuan pendirian koperasi didasarkan kepada kebutuhan dan kepentingan para anggotanya. Masing-masing  kelompok masyarakat yang mendirikan koperasi mempunyai kepentingan atau tujuan yang berbeda. Perbedaan kepentingan ini menimbulkan koperasi dibuat dalam beberapa jenis sesuai dengan kebutuhan kelompok tersebut.

Koperasi yang ada di Indonesia sanggup dibedakan menjadi beberapa macam berdasarkan  fungsi,  jenis usaha,  keanggotaan maupun lokasi dan jenjang atau tingkatan wilayah. Ada juga yang menyebutkan pengelompokan koperasi hanya ditinjau dari tiga poin yaitu jenis usaha, keanggotaan dan tingkatannya.

Jika dilihat menurut funginya, koperasi terbagi menjadi tiga yaitu koperasi produksi, koperasi konsumsi dan koperasi jasa. Koperasi produksi yaitu  koperasi  yang beranggotakan kelompok orang yang mempunyai perjuangan memproduksi barang. Koperasi konsumsi yaitu koperasi yang didirikan untuk memenuhi kebutuhan atau konsumsi anggotanya. Terakhir, koperasi jasa yaitu koperasi yang bergerak dalam bidang jasa yang diperlukan dan diusahakan oleh anggotanya.


Koperasi yang dipilah menurut jenis usahanya terbagi menjadi dua yaitu  Koperasi Simpan Pinjam  (KSP) dan  Koperasi Serba Usaha  (KSU). Dua koperasi dalam kategori inilah yang sering didengar atau dekat dalam kehidupan ekonomi mayarakat.  Koperasi simpan pinjam yaitu koperasi yang menjalankan perjuangan simpan pinjam sebagai satu-satunya perjuangan atau aktivitas lembaga. Sedangkan koperasi serba perjuangan yaitu koperasi yang  bergerak dalam banyak sekali bidang atau lapangan usaha, seperti, perjuangan konsumsi,simpan pinjam, pemasaran dan jasa.

Jenis koperasi menurut keanggotaan maupun lokasi usahanya ibarat koperasi yang didirikan pada suatu lingkungan tertentu dan anggotanya berasal dari komunitas yang ada pada lingkangan tersebut, ibarat koperasi mahasiswa, koperasi karyaman dan koperasi unit desa.

Koperasi yang dibedakan menurut jenjang kewilayahan dan keanggotaannya terbagi menjadi dua,  yaitu,  koperasi primer dan koperasi sekunder. Koperasi primer yaitu koperasi yang  didirikan  oleh dan beranggotan  sekelompok orang, sedangkan koperasi sekunder yaitu koperasi yang anggotanya mencakup kumpulan dari koperasi primer homogen atau kumpulan dari koperasi-koperasi yang sejenis.



Sumber http://makalahahli.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Macam-Macam Koperasi"

Posting Komentar