Kelebihan Dan Kekurangan Rumah Minimalis

Rumah minimalis merupakan gaya desain rumah yang lagi naik daun belakangan ini. Tren rumah minimalis menyebar luas di kalangan masyarakat di indonesia, mencakup semua kalangan dan kelas sosial masyarakat. Diminatinya rumah minimalis di indonesia alasannya yakni bentuknya yang simpel, tidak banyak ornamen, elegan, dan higienis sehingga terlihat lebih modern.

Rumah minimalis merupakan gaya desain rumah yang lagi naik daun belakangan ini Kelebihan dan Kekurangan Rumah Minimalis
Kelebihan dan Kekurangan Rumah Minimalis (img by google)

Sebagai sebuah gaya desain, pastinya rumah minimalis mempunyai keunggulan dan kelemahan dibandingkan gaya rumah lainnya. Rumah minimalis juga mempunyai keunikan huruf yang menciptakan masyarakat menggemari tren ini. Berikut akan saya jelaskan keunggulan dan kelemahan bila anda ingin membangun rumah minimalis.

Kelebihan Rumah Minimalis

Berikut merupakan keunggulan rumah minimalis yang menciptakan trennya begitu digemari masyarakat indonesia. Diantaranya yakni : bentuk yang sederhana, pengerjaan yang mudah, minim penggunaan dekorasi, higienis dan elegan, terlihat rapi dan modern. Masing-masing akan saya jelaskan di bawah ini :

Bentuk Yang Sederhana Dan Berlaku Umum

Salah satu hal yang digemari masyarakat berkaitan dengan rumah minimalis yakni bentuknya yang sederhana dan apa adanya. Bentuk rumah benar-benar mengacu pada fungsi dengan sangat sedikit dekorasi. Dengan demikian, tidak akan ada perbedaan yang signifikan antara gara rumah kelas atas dan kelas menengah.

Hal ini yang menciptakan terjadinya keseimbangan desain dalam suatu kawasan. Meskipun rumah minimalis dibentuk dengan budget yang melimpah, biasanya yang tampak hanya perbedaan kelas material finishing, kerapian pengerjaan dan beberapa elemen perhiasan yang digunakan. Kecuali kalau masuk ke dalam rumah mungkin akan melihat perbedaan pada furniture.

Pengerjaan Yang Praktis Dan Cepat

Rumah minimalis dengan bentuk yang sederhana sehingga relatif lebih gampang dikerjakan. Bagian finishing merupakan bab yang cukup usang dikerjakan apalagi mempunyai banyak motif dan dekorasi. Karena itu, rumah minimalis yakni pilihan rumah yang selesai tercepat. 

Rumah minimalis biasanya memakai finishing satu warna yang ngeblok  dan tidak tidak terlalu banyak permainan warna. Hal inilah yang menciptakan pekerjaan finishing rumah minimalis menjadi lebih cepat dan efisien.

Minim Penggunaan Dekorasi

Rumah minimalis merupakan gaya desain rumah yang lagi naik daun belakangan ini Kelebihan dan Kekurangan Rumah Minimalis
Kelebihan dan Kekurangan Rumah Minimalis

Rumah minimalis sangat menghindari penggunaan dekorasi yang tidak penting. Dekorasi dianggap mempunyai multitafsir dan untuk beberapa orang mungkin akan memperlihatkan pandangan jelek terhadap dekorasi tersebut. Dekorasi juga dianggap tidak mempunyai fungsi yang bermanfaat bagi rumah dan dianggap pemborosan.

Sedikit dekorasi pada rumah minimalis biasanya memakai dan geometris menyerupai bidang dan garis.  Bidang dan garis merupakan elemen universal yang sanggup diterima setiap orang dan tidak memperlihatkan dampak multitafsir yang berlebihan.

Bersih Dan Elegan

Dengan absennya dekorasi pada rumah menjadikan elemen rumah tampak lebih higienis dan lega. Hal ini yang menciptakan kesan elegan pada rumah minimalis. Bidang-bidang pada dinding terlihat begitu luas dan bersih.

Kebersihan inilah yang mengangkat nilai tampilan pada rumah minimalis. Masyarakat mengidamkan rumah yang higienis dan elegan sehingga rumah minimalis sanggup menjadi salah satu jawaban.

Terlihat Rapi Dan Modern

Dengan absennya dekorasi dan minimnya permainan bentuk yang dianggap kurang penting maka rumah minimalis akan terlihat lebih rapi. Bentuk-bentuk akan terlihat terang lurus dan licin. Ini merupakan salah satu ciri arsitektur modern.

Bentuk rumah tidak lagi terlihat ruwet dan berbelit-belit.  Apalagi perkembangan budaya masyarakat indonesia yang mulai menuju arah kehidupan modern sehingga menciptakan rumah minimalis semakin laku.

Sedang Populer


Tidak sanggup dipungkiri bahwa gaya rumah minimalis sedang naik daun di kalangan masyarakat indonesia. Hampir semua kalangan masyarakat baik atas menengah dan bawah mulai melirik gaya rumah minimalis.

Itulah yang menciptakan developer menentukan gaya rumah minimalis sebagai gaya desain untuk properti dan rumah-rumah yang dijual. Secara pasaran, gaya rumah minimalis juga lebih menjual.

Kekurangan Rumah Minimalis

Jika tadi disebutkan beberapa keunggulan rumah minimalis maka juga terdapat kekurangan rumah minimalis dari banyak sekali segi. Berikut akan saya jelaskan beberapa kekurangan rumah minimalis :

Tidak Memiliki Identitas Lokal

Rumah minimalis termasuk ke dalam gaya arsitektur modern yang tidak memperhatikan kondisi lingkungan sekitar. Rumah minimalis mempunyai gaya yang berlaku umum dan terlihat sama di semua daerah. Inilah yang menciptakan rumah minimalis tidak mengindahkan identitas arsitektur lokal.

Hal ini yang menciptakan para desainer mencoba menambahkan elemen dekorasi dan ciri khas arsitektur lokal pada rumah minimalis. Namun kalau ditambahkan dekorasi maka rumah tersebut tidak akan menjadi rumah minimalis lagi.

Tidak Praktis Membuat Rumah Minimalis Yang Rapi

Rumah minimalis memang sanggup dikerjakan lebih cepat alasannya yakni absennya elemen dekorasi dan minimnya permainan material dan warna pada rumah. Namun ternyata tidak gampang untuk menciptakan finishing yang rapi untuk sebuah bidang besar. Dengan keterbatasan teknologi yang ada dan skill pekerja yang belum cukup menjadikan finishing rumah minimalis di indonesia terkesan kurang rapi.

Anda sanggup melihat sendiri misalnya pada rumah-rumah minimalis yang gres dibangun di sekitar tempat tinggal anda. Meskipun memakai kontraktor ternama tetapi terkadang tetap saja ada finishing yang tidak terlihat rapi.  Anda sanggup melihat pada pertemuan antara dinding dan lantai, sudut ruangan, pada overstek dan topi beton.

Bidang dinding yang putih besar juga seringkali tidak lurus. Dari jauh mungkin terlihat cantik namun kalau didekati akan terlihat dinding yang bergelombang. Ini yakni kasus yang sangat umum alasannya yakni memang sangat sulit untuk menciptakan finishing yang rapi pada bidang besar. Apalagi pertemuan dua warna cat yang berbeda niscaya sangat sulit menciptakan rapi.

Terkesan Kosong Dan Tanpa Makna

Rumah minimalis merupakan gaya desain rumah yang lagi naik daun belakangan ini Kelebihan dan Kekurangan Rumah Minimalis
Kelebihan dan Kekurangan Rumah Minimalis

Rumah minimalis memang dibentuk sederhana tanpa adanya dekorasi.  Terkadang ini yang menjadikan rumah minimalis terlihat kosong.  Tidak ada makna yang tersirat pada desain rumah minimalis. Yang ada hanyalah fungsi dan kekuatan struktur.

Salah satu dampak negatif dari berkembangnya gaya rumah minimalis yakni hilangnya identitas arsitektur lokal. Seperti yang kita tahu indonesia terlalu kaya dengan keragaman termasuk gaya arsitektur. Masing-masing daerah punya keunikan arsitektur sendiri yang menjadikannya berbeda dengan yang lain. Apabila semua dilabrak dengan gaya rumah minimalis,  bagaimana nasib arsitektur lokal kita ?  Jawabannya dikembalikan lagi kepada masyarakat indonesia sendiri

Beberapa kalangan mungkin tidak menyukai hal ini. Mereka ingin rumah mereka mempunyai makna dan identitas yang membedakannya dengan rumah lainnya. Inilah yang mendorong munculnya gaya kombinasi pada rumah-rumah sekarang. Berapa mencoba memakai gaya minimalis hanya semoga konsepnya lebih menjual meskipun sesungguhnya tidak minimalis.

Misalnya gaya rumah bali minimalis. Gaya rumah minimalis yang ditambahkan dekorasi ala arsitektur bali. Dengan ditambahkan dekorasi, mustahil disebut minimalis lagi.  Begitu juga dengan daerah-daerah lain di indonesia.

Agak Susah Dibersihkan

Rumah minimalis memang akan terlihat higienis dan rapi pada dikala gres selesai dibangun. Namun pernahkah ada yang memikirkan bagaimana cara membersihkan dan merawat rumah minimalis ?

Pertanyaan ini mungkin belum sepenuhnya terjawab. Dominasi penggunaan warna putih untuk keseluruhan fasad bangunan membuatnya cepat kotor. Dinding yang lebar dan kosong juga lebih gampang terlihat kotor.

Tren Yang Cepat Berubah

Gaya rumah minimalis yakni sebuah musim yang sedang terkenal di masyarakat dikala ini. Namun tidak ada yang tahu hingga kapan tren ini akan terus berlanjut. Pertanyaan ini juga masih belum terjawab.

Karakter masyarakat yang gampang bosan akan menciptakan gaya rumah cepat berubah dari waktu ke waktu.  Kita tidak tahu apakah gaya rumah minimalis ini akan bertahan berapa lama.

Kesimpulan

Tren rumah minimalis yang berkembang dikala ini sejatinya mempunyai keunggulan dan kekurangan tersendiri. Rumah minimalis disenangi alasannya yakni higienis dan elegan. Namun rumah minimalis juga relatif susah dirawat dan dibersihkan. Membangun rumah minimalis bukan berarti lebih murah alasannya yakni mengejar finishing yang rapi justru menjadi lebih mahal. Menurut saya sebagai orang indonesia kita dihentikan terlalu idealis mengejar kata minimalis.

Demikianlah artikel ini semoga bermanfaat dan sanggup menambah wawasan bagi pembaca. Jika teman-teman ingin mendapat Inspirasi wacana Layout Rumah Minimalis, bisa kunjungi artikel yang telah saya tulis berikut ini :

Baja Juga :


Sumber http://www.arsitur.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Kelebihan Dan Kekurangan Rumah Minimalis"

Posting Komentar