Jupiter: Planet Terbesar Di Tata Surya

Planet Jupiter yakni planet terbesar di sistem tata surya kita. Planet ini dinamakan sesuai dengan raja dari dewa-dewa di mitologi Romawi. Dengan hal yang sama, Yunani kuno pun menamakan planet in Zeus, raja dari dewa-dewa Yunani. Pada kesempatan kali ini akan menghadirkan klarifikasi lengkap mengenai Planet Jupiter. Semoga bermanfaat. Check this out!!!

A. Karakter Fisik Jupiter

Jupiter yakni planet tersbesar di dalam sistem tata surya kita, dua kali lebih besar dari semua planet dikombinasikan bersama. Atmosfer planet Jupiter hamper seolah-olah dengan Matahari, yang sebagian besar terdiri dari hydrogen dan helium. Jupiter mempunyai empat satelit besar dan banyak satelit kecil yang mengorbit mengelilingya. Jupiter bahkan sanggup disebut merupakan miniature sistem tata surya. Saking besarnya planet Jupiter, disebutkan bahwa planet ini sanggup menampung 1.300 bumi.

Corak warna pada planet Jupiter terdiri dari garis gelap dan zona putih yang disebabkan oleh angin timur-barat yang berpengaruh pada atmosfer atas planet ini. Angin berpengaruh tersebut bergerak lebih dari 640 km per jam. Awan putih in zona tersebut terdiri dari cristial dari ammonia beku, sedangkan awan gelap terdiri dari materi kimia lain yang ditemukan di garis gelap. Pada pecahan paling bawah yang terlihat terdapat juga awan biru. Garis-garis awan pada planet tidak membisu begitu saja melainkan berubah setiap waktu. Di dalam atmosfer Jupiter, hujan berlian terjadi.

BACA JUGA: SISTEM TATA SURYA

Ciri yang paling luar biasa dari planet Jupiter yakni titik merah besar atau yang biasa disebut The Great Red Spot. Titik merah tersebut merupakan tornado topan besar yang sudah terlihat lebih dari 300 tahun. Fakta mengejutkannya yakni luas titik merah tersebut tiga kali lebih besar dari ukuran bumi dan topan besar ini bergerak dengan kecepatan 360 km per jam. Warna tornado tersebut bervariasi dari merah bata ke coklat yang mungkin berasal dari welirang dan ammonia cristal di awan Jupiter.

Medan magnet planet Jupiter yakni yang paling berpengaruh dari semua planet di tata surya, 20.000 lebih berpengaruh dari pada medan magnet Bumi. Jupiter berputar lebih cepat dibandingkan dengan planet lain dengan hanya menghabiskan 10 jam untuk melaksanakan satu putaran, bandingkan dengan Bumi yang membutuhkan 24 jam untuk berotasi. Putaran cepat tersebut menciptakan Jupiter menonjol di garis ekuator dengan pecahan kutub lebih rata dengan presentasi garis ekuator lebih lebar 7% dibanding pecahan kutub. 

 yakni planet terbesar di sistem tata surya kita Jupiter: Planet Terbesar di Tata Surya

B. Satelit Planet Jupiter

Jupiter mempunyai 63 satelit yang dinamakan sesuai dewa-dewa Romawi. Empat satelit terbesar Jupiter yakni Io, Europa, Ganymede, dan Callisto, yang ditemukan oleh Galileo Galilei. Oleh lantaran itu, ke-empat satelit tersebut sering di namakan “Galilean Satelites” atau satelit Galilean.

Ganymede yakni satelit terbesar di sistem tata surya kita, bahkan lebih besar dari planet Merkurius dan Pluto. Ganymede juga merupakan satu-satunya satelit yang mempunyai medan magnet sendiri. Satelit alami ini juga mempunyai samudera diantara lapisan-lapisan es.

Io merupakan satelit yang mempunyai aktifitas vulkanis yang sangat aktif. Sulfur yang menyebur keluar dari aktifitas vulakins mengakibatkan satelit ini berwarna kuning-oranye. Ketika Io mengorbit Jupiter, gaya gravitasi Jupiter mengakibatkan ‘ombak’ di daratan Io yang sanggup naik sampai 100 meter, mengakibatkan panas yang cukup untuk aktifitas vulkanis.

Europa yakni satelit Jupiter yang terdiri dari air beku yang mungkin menyimpan samudera cair dengan jumlah 2 kali lebih besar dari pada yang terdapat di Bumi. Samudera es mungkin juga terdapat pada satelit Callisto dan Ganymede. Karena terbukti mempunyai air, dan air mendukung kehidupan, makanya NASA ingin mengadakn misi untuk menjelajah satelit Europa.

Terima kasih sudah berkenan berkunjung dan membaca artikel Geografi di atas wacana Jupiter, Planet Terbesari di Tata Surya, supaya bermanfaat dan menambah wawasan pembaca sekalian. Apabila ada suatu kesalahan baik berupa penulisan maupun isi, mohon kiranya kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan bersama. Jangan lupa like dan share juga ya. ^^Maju Terus Pendidikan Indonesia^^


Sumber http://www.zonasiswa.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Jupiter: Planet Terbesar Di Tata Surya"

Posting Komentar