Cara Menanam Kemangi Di Lahan Tanah

Budidaya kemangi yang dimanfaatkan daunnya sanggup dilakukan dengan memanfaatkan biji dengan melaksanakan penyemaian benih serta dilanjutkan dipindahkan ke lahan yang lebih luas. Ingin mempunyai tumbuhan kemangi sendiri di rumah Anda? Ayo tanam sendiri. Caranya gampang sekali dan tidak menguras waktu yang banyak. Bagi Anda yang mau mencoba, nih pribadi saja saya jelaskan tahap-tahapnya.


 yang dimanfaatkan daunnya sanggup dilakukan dengan memanfaatkan biji dengan melaksanakan penyem Cara Menanam Kemangi Di Lahan Tanah
Tanaman kemangi.

Tanaman Kemangi merupakan tumbuhan perdu, yang biasanya dimanfaatkan pucuk daunnya untuk lalapan dan buahnya yang renta untuk minuman dingin. Tanaman kemangi termasuk jenis tumbuhan yang gampang tumbuh dan juga gampang dalam perawatannya, tumbuhan ini memungkinkan untuk ditanam di ladang ataupun di pot sebagai tumbuhan penghijau di serambi rumah kita. Ciri-ciri tumbuhan ini ialah sanggup tumbuh dengan tinggi maksimal 100 cm. Selain itu daunnya berwarna hijau muda dengan aroma yang khas. Tanaman ini sanggup tumbuh di daratan rendah dengan ketinggian hingga 500 mdpl. Pembudidayaan kemangi ini dilakukan dengan biji. Dimana bijinya ini didapat dari bunga yang bentuknya memanjang ke atas. Nah, bagi Anda yang mempunyai cita-cita membudidayakan kemangi, simak ulasan berikut ini selengkapnya.


Menyiapkan Lahan Penanaman Kemangi


Langkah pertama dalam pembudidayaan kemangi ialah dengan menyiapkan lahan. Dimana lahan yang akan digunakan, harus dilakukan penggemburan dengan memakai cangkul. Selanjutnya tanah yang telah digemburkan dibuat menjadi tegalan. Dimana ukuran tegalan tersebut ialah lebar 1 meter dan panjang 3 meter atau sesuai luas lahan yang Anda miliki. Setelah itu, taburkan pupuk kompos secara merata pada tegalan tersebut. Kemudian ratakan dan aduk kembali dengan memakai cangkul dengan tujuan pupuk sangkar sanggup ke lapisan tanah bawah. Lahan yang telah digemburkan sanggup diistirahatkan kurang lebih selama 2-3 hari. Dengan demikian kondisi unsur hara sehabis dilakukan penggemburan sanggup kembali ibarat semula.


Penanaman Benih


 yang dimanfaatkan daunnya sanggup dilakukan dengan memanfaatkan biji dengan melaksanakan penyem Cara Menanam Kemangi Di Lahan Tanah
Benih kemangi sanggup pribadi ditabur pada lahan yang telah disiapkan, sanggup juga dengan menyemainya terlebih dahulu di dalam polybag. Setelah muncul daun sejatinya, barulah dipindahkan pada lahan tanam.

Benih yang akan di gunakan dalam pembudidayaan merupakan benih yang diperoleh dari bunga-bunga kemangi yang telah tua. Benih yang sanggup dipakai merupakan benih dengan warna coklat dan telah mengering. Sebelum digunakan, benih kemangi tersebut sebaiknya dijemur di bawah panas matahari sebelum disemai pada sebuah wadah. Setelah biji menjadi kering, pindahkan wadah tersebut di dalam suhu ruangan, dan biarkan menerima angin. Selanjutnya sanggup dilakukan penanaman benih kemangi. Penanaman ini termasuk mudah, dimana benih yang telah disiapkan tadi ditanam dengan cara menaburkan biji-biji kemangi secara merata di lahan yang telah disiapkan. Setelah itu lapisi dengan tanah secara tipis pada bab atas secara merata. Selanjutnya siram area tegalan secara merata. Untuk hari selanjutnya benih kemangi yang ditanam juga perlu disiram namun usahakan memakai selang yang dipancarkan ke udara, sehingga tetesan air ibarat dengan air hujan yang tidak begitu lebat. Waktu penyiraman yang sempurna sanggup dilakukan pada pagi dan sore hari.


Perawatan Tanaman Kemangi


Selama masa penanaman benih, benih akan mulai tumbuh tunas dan batang hingga daun hingga semakin membesar. Dimana tumbuhan kemangi tersebut akan tumbuh dalam waktu 5 – 7 hari dari penanaman. Perawatan yang paling utama untuk dilakukan ialah menyirami kemangi pada pagi dan sore hari. Tidak hanya itu tenaman kemangi juga membutuhkan perawatan akan tumbuhan penganggu atau gulma yang tumbuh disekitar tumbuhan kemangi. Pasalnya tumbuhan gulma tersebut akan mencuri nutrisi yang tersimpan di dalam tanah yang seharusnya dipakai tumbuhan kemangi untuk pertumbuhan. Setelah mempunyai tinggi batang sekitar 5 cm dikala daunnya masih 4 atau 5 helai, pindahkan tumbuhan kemangi ke tegalan. Dimana penanaman bibit ini perlu diatur jaraknya. Agar pertumbuhannya tidak saling berebut nutrisi dalam tanah. Selama masa pertumbuhan perlu diperhatikan dan dihilangkan hama ibarat ulat, namun usahakan untuk tidak memakai pestisida yang akan tidak sehat jikalau dikonsumsi.


Pemanenan Pucuk Daun Kemangi


 yang dimanfaatkan daunnya sanggup dilakukan dengan memanfaatkan biji dengan melaksanakan penyem Cara Menanam Kemangi Di Lahan Tanah


Daun kemangi ini memang cocok dijadikan sebagai lalapan. Dengan perpaduan lauk nasi dan sambal menjadi pasangan yang menggiurkan. Nah untuk sanggup menikmati momen tersebut atau sanggup Anda jual, tentunya usia pohon kemangi mencapai 2 bulan. Waktu pemanenan pucuk daun ini sebaiknya jangan hingga tumbuh bunga yang kurang nikmat untuk dikonsumsi. Namun, jikalau yang akan Anda manfaatkan bijinya maka tunggulah hingga berbunga dan mengering di pohon. Hal tersebut biasanya dilakukan dengan tujuan memanfaatkan biji yang akan dijual. Nah, itulah proses budidaya kemangi yang tentunya gampang untuk diikuti. Selain ditanam pada tegalan, tumbuhan kemangi ini juga sanggup ditanam dengan memakai metode penanaman hidroponik.


Kami juga menyediakan aneka benih kemangi yang sanggup Anda coba budidayakan di rumah, silahkan lihat aneka macam produknya disini.



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Menanam Kemangi Di Lahan Tanah"

Posting Komentar