Cara Menciptakan Kotoran Ayam Menjadi Pupuk Dengan 8 Langkah Mudah!


Beragam cara dan hal dipertimbangkan untuk menciptakan tumbuhan tumbuh dengan subur Cara Membuat Kotoran Ayam Menjadi Pupuk dengan 8 Langkah Mudah!



Beragam cara dan hal dipertimbangkan untuk menciptakan tumbuhan tumbuh dengan subur. Tanah, sinar matahari, suhu, cuaca, kebutuhan air, hingga unsur hara untuk kebutuhan nutrisi bagi tanaman. Di dalam tanah terdapat banyak unsur hara atau nutrisi yang dibutuhkan oleh tumbuhan menyerupai hydrogen, belerang, dan lain sebagainya.


Meskipun terdapat banyak nutrisi yang sanggup tumbuhan dapatkan dari tanah, tapi tidak semua tanah mempunyai unsur hara yang lengkap. Sehingga tumbuhan tetap membutuhkan nutrisi dari luar. Salah satunya yaitu dengan memberi pupuk menyerupai Jenis Pupuk Yang Mengandung Fosfor Tinggi dan sangat bermanfaat bagi tanaman.


Pupuk mempunyai dua jenis yang berbeda yaitu pupuk anorganik (kimia) dan pupuk organik. Pupuk anorganik atau lebih dikenal dengan pupuk kimia merupakan produk pupuk yang biasa di produksi di pabrik, hal tersebut dikarenakan pupuk kimia membutuhkan alat khusus dalam proses pembuatannya. Sedangkan pupuk organik yaitu pupuk yang materi dasarnya dari kotoran/air kencing hewan, hewan, dan tumbuhan yang telah melewati proses pembusukan. Contohnya Cara Membuat Pupuk Organik Dari Air Kencing Kambing yang belum banyak diketahui.


Baik pupuk kimia dan pupuk organik mempunyai manfaat untuk memenuhi nutrisi dan unsur hara yang mungkin tidak sanggup tumbuhan dapatkan dari tanah. Baik pupuk kimia dan pupuk organik mempunyai keuntungan, kekurangan, dan manfaat masing-masing. Dan ada Alasan Pupuk Kimia Dapat Merusak Tanah sehingga kurang ramah lingkungan.


Berikut yaitu laba dan manfaat jikalau memakai pupuk organik:



  1. Pupuk organik sanggup meningkatkan hasil produksi baik pertanian dan perkebunan

  2. Biaya pupuk yang murah akan menghemat biaya produksi. Selain itu pupuk organik sanggup diproduksi sendiri di rumah

  3. Karena terbuat dari materi alami, pupuk organik mempunyai sifat ramah lingkungan terutama untuk tanah

  4. Karena unsur hara didapatkan dari materi alami maka sanggup menyuburkan dan menggemburkan tanah dalam waktu lama. Hal tersebut dikarenakan zat dan organisme dalam tanah dan pupuk akan bekerja semakin baik dan lebih baik

  5. Merangsang pertumbuhan dari akar, batang, dan daun tanaman


Indonesia merupakan negara yang populer akan sektor pertanian dan perkebunan, untuk itu kebutuhan akan pupuk akan terus diperlukan. Pupuk kimia hanya dibentuk atau diproduksi di pabrik saja, sedangkan pupuk organik sanggup dibentuk sendiri dengan bahan-bahan yang gampang ditemukan disekitar rumah. Bagi yang mempunyai atau mempunyai tetangga yang beternak binatang menyerupai sapi, kambing, atau ayam sanggup dimanfaatkan kotoran binatang tersebut untuk dijadikan sebagai pupuk kadang Cara Membuat Pupuk Nitrogen Sendiri Dengan Bahan Limbah Kotoran Hewan.


Cara menciptakan kotoran ayam menjadi pupuk terbilang tidak sulit. Ayam yaitu salah satu binatang ternak yang kotorannya sanggup dimanfaatkan sebagai pupuk organik. Kebutuhan akan telur hingga daging ayam di Indonesia cukup tinggi, disisi lain alasannya harga yang terjangkau kandungan nutrisi dalam telur dan daging ayam cukup tinggi.


Sehingga para peternak ayam akan selalu memikirkan cara semoga produksi ayamnya tetap berjalan Keuntungan Budidaya Ayam Petelur. Selain telur dan daging yang sanggup dimanfaatkan sebagai materi pangan, bulu yang sanggup dimanfaatkan sebagai kemuncing, kotoran ayam juga sanggup dimanfaatkan sebagai pupuk organik.



  • Cara Mengolah Kotoran Ayam


Berikut akan kami sampaikan cara menciptakan kotoran ayam menjadi pupuk.



  1. Memperhatikan Tempat dan Lingkungan


Sebelum cara menciptakan kotoran ayam menjadi pupuk, lingkungan dan kawasan yang akan dipakai sebagai kawasan pembuatan harus diubahsuaikan terlebih dahulu. Tempat dan lingkungan juga perlu disiapkan dengan tujuan untuk menunjang pembuatan pupuk organik.


Berikut yang perlu diperhatikan untuk kondisi kawasan dan lingkungan



  • Gunakan tempat/wadah yang terpisah, terhindar dari paparan sinar matahari dan air hujan

  • Sirkulasi udara dan kelembaban dalam ruangan/wadah yang akan digunakan

  • Menjaga suhu selama proses pengomposan dengan tujuan semoga pembusukan dan kerja dari mikroorganisme dalam menciptakan pupuk organik tidak terganggu



  1. Alat dan Bahan


Hal kedua yang perlu dilakukan tentu menyiapkan materi dan alat yang akan digunakan, diantaranya :



  • Kotoran ayam sebanyak 100 kg

  • Serbuk kulit kelapa/serbuk kayu/sekam sebanyak 40 kg

  • Kapur CaCO3 sebanyak 1 kg

  • 100 ml DOF/MOL (Mikro Organisme Lokal) hijau, MOL bertujuan untuk mempercepat proses pembuatan pupuk organik padat.

  • 100 ml DOF/MOL (Mikro Organisme Lokal) merah

  • Polybag/terpal/atau wadah untuk dipakai sebagai kawasan pembuatan dan pencampuran pupuk

  • Thermometer untuk mengukur suhu (bila ada)









  1. Cara Pembuatan Pupuk


Setelah lingkungan, alat, dan materi telah siap, maka cara menciptakan kotoran kambing menjadi pupuk yaitu sebagai berikut :



  • Siapkan polybag/wadah/terpal sebagai kawasan pengolahan pupuk

  • Buat beberapa lapis dimulai dari lapisan serbuk kulit kelapa/serbuk kayu/sekam setebal 5 cm kemudian dilanjut dengan lapisan kotoran ayam setebal 10 cm. kemudian yang terkahir lapisan kapur secukupnya.

  • Campur cairan DOF/MOL hijau dan merah dan semprotkan secukupnya pada adonan pupuk. Biasanya pada kemasan cairan MOL terdapat panduan takaran sehingga sanggup diperkirakan untuk perbandingan yang sedang dibuat

  • Tutup wadah berisi komponen pupuk dengan terpal dengan tujuan mempercepat pembusukan dan menjaga suhu serta kelembaban

  • Setiap 2 hari sekali lakukan pengecekkan suhu, jikalau suhu dalam terpal terasa lebih panas maka proses pembuatan kompos berhasil berjalan

  • Hari ke 15 sudah sanggup dilakukan pengadukan semoga proses pembusukan merata

  • Pada hari 20-30 jikalau suhu dalam terpal masih terasa panas maka pupuk belum siap dipakai alasannya masih proses pembusukan

  • Pupuk sudah sanggup dibongkar atau dipakai pada hari ke > 30 dengan ciri-ciri kompos berwarna coklat kehitaman, tidak berbau, dan suhu panasnya telah turun


Begitulah cara menciptakan kotoran ayam menjadi pupuk dengan mudah. Lakukan dengan persiapan dan perbandingan materi yang sempurna semoga pembuatan pupuk organik dengan materi kotoran ayam.


Sumber https://ilmubudidaya.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Menciptakan Kotoran Ayam Menjadi Pupuk Dengan 8 Langkah Mudah!"

Posting Komentar