Cara Menanam Bunga Kamboja Dari Biji

Cara membudidayakan bunga kamboja gotong royong sanggup dilakukan dengan 2 cara, yang pertama dengan memakai biji yaitu secara generatif dan yang kedua dengan memakai batang melalui proses stek yang disebut secara vegetatif. Namun ulasan kali ini akan membahas penuh ihwal cara menanam bunga kamboja dari biji atau dengan memakai cara generatif atau dengan biji. Caranya sanggup dilakukan dengan sangat gampang yaitu melalui tahap penyemaian biji terlebih dahulu untuk sanggup menentukan biji mana yang sanggup tumbuh dengan baik dan mana yang tidak. Bagi Anda yang sudah penasaran, maka pribadi saja simak ulasan dibawah ini.


Cara membudidayakan bunga kamboja gotong royong sanggup dilakukan dengan  Cara Menanam Bunga Kamboja Dari Biji
Bunga kamboja mempunyai tampilan yang sangat menawan. Banyak orang yang menentukan bunga ini sebagai penghias taman ataupun interior dalam rumah.

Untuk Anda yang gemar mengoleksi banyak sekali jenis bunga dan terlebih jikalau Anda mempunyai hobi untuk menanam tanaman bunga, maka Anda sudah tidak ajaib lagi jikalau mendengar jenis bunga kamboja. Bunga indah yang mempunyai warna menarik ini sangat banyak disukai oleh pecinta bunga lantaran mempunyai keunikan tersendiri yang juga sanggup dilihat terang dari bentuk akarnya yang juga sanggup dibentuk menjadi akar bonsai. Karena keindahan fisiknya tersebutlah banyak yang memanfaatkan kamboja sebagai tanaman penghias halaman atau taman depan rumah dan bahkan bunga kamboja ini juga dipakai sebagai hiasan interior dalam rumah.


Keunggulan Menanam Dengan Biji


Sebelum melangkah jauh pada proses penanaman, Anda harus tahu terlebih dahulu apa saja keunggulan dari menenam bunga kamboja dengan biji ini sehingga Anda juga harus menanamnya dengan biji. Sudah sangat umum diketahui bahwa semua yang hobi menanam bunga kamboja ini lebih suka memakai cara menanam dengan biji dibanding dengan memakai stek. Mengapa hal tersebut sanggup demikian? Karena penanaman dengan biji sanggup menciptakan bonggol kamboja menjadi lebih unggul dan lebih besar sehingga ketika menggelembung sanggup mengakibatkan daya tarik tersendiri bagi tumbuhan tersebut. Makara bonggol bunga kamboja tersebut sanggup dibentuk menjadi bonsai.


Hal tersebut ialah salah satu keunggulan menanam dengan biji dibanding dengan memakai cara stek yang hasil bonggolnya cenderung datar sehingga menciptakan daya tariknya menjadi kurang. Oleh lantaran itu, meski menanam dengan biji dalam proses pembungaan dikenal lebih usang dibanding dengan cara stek namun banyak orang yang lebih menentukan menanam memakai biji. Karena untuk proses pembungaan yang lambat sanggup dibantu dengan memakai hormon perangsang pembungaan.


Proses Penyerbukan Bunga Kamboja


Sebelum mendapat biji dari bunga kamboja yang baik dan sehat, terlebih dahulu Anda harus melaksanakan penyerbukan buatan semoga tumbuhan lebih cepat berbuah dan mengeluarkan biji yang siap untuk ditanam. Sebenarnya, proses penyerbukan ini dilakukan secara alami oleh tunjangan angin yang sanggup menerbangkan serbuk sari sebagai organ kelamin jantan pada kepala putik selaku organ kelamin wanita. Tidak hanya itu saja, cara alami juga sanggup dilakukan oleh serangga yang berpindah daerah membawa serbuk sari sampai ke kepala putik kamboja.


Namun rupanya cara alami tersebut tidaklah cukup efektif lantaran angin belum tentu selalu hadir dan begitu juga dengan serangga yang belum tentu ada. Oleh lantaran itu banyak yang memakai cara buatan untuk memindahkan serbuk sari pada kepala putik. Anda sanggup melakukannya dengan memakai kuas kecil yang menyapu halus serbuk sari dan menempelkannya diatas kepala putik. Untuk pemilihan jenis tumbuhan serbuk sari dan kepala putik sebaiknya dipilih dari jenis tumbuhan kamboja yang mempunyai fisik baik, sehat, tumbuh cepat, dan yang penting paling unggul.


Apabila proses penyerbukan tersebut atau yang juga disebut dengan perkawinan antara bunga kamboja telah dilakukan maka Anda sanggup menyaksikan apakah ada variasi gres yang muncul. Makara Anda sanggup melihat variasi tersebut pada bentuk dan corak daun serta warna bunga yang sanggup berubah dari sebelumnya. Untuk sanggup melihat perubahannya memerlukan waktu sampai proses tumbuh kembang buah benar benar matang. Buah adenium mempunyai bentuk menyerupai tanduk yang didalamnya berpolong dan terdapat biji biji gres yang akan tumbuh didalam tanduk tersebut. Ketika buah sudah masak maka telah siap dipanen yang kemudian dilanjutkan pada proses penyemaian sampai pada penanaman dan berakhir pada perawatan bunga kamboja.


Untuk buah kamboja yang sudah masak maka akan mempunyai fisik kulit yang mengering dan lebih terbuka tepat di penggalan atas polong yang memanjang. Ketika dilihat Anda akan tahu bahwa biji biji yang terdapat didalamnya masih menyatu bersamaan bulu bulu halus yang merupakan alat terbangnya. Apabila biji biji tersebut dibersihkan maka bentuk fisiknya yang memanjang tersebut mempunyai ujung yang datar. Tidak semua biji yang dihasilkan mempunyai kualitas tumbuh yang baik oleh lantaran itu perlu melaksanakan proses penyemaian terlebih dahulu.


Proses Penyemaian Biji


Cara membudidayakan bunga kamboja gotong royong sanggup dilakukan dengan  Cara Menanam Bunga Kamboja Dari Biji
Biji bunga kamboja.

Proses penyemaian dilakukan untuk memilah antara biji bunga kamboja yang sanggup tumbuh dengan baik dan perkembangan nantinya sangat cepat dengan biji bunga kamboja yang tidak sanggup tumbuh dengan tepat dan seluruh perkembangannya pun lambat. Cara penyemaian sanggup dilakukan sebagai berikut :



  • Pertama siapkan wadah higienis untuk wadah penyemaian.

  • Gunakan air yang higienis untuk proses perendaman biji. Lalu masukkan air tersebut kedalam wadah penyemaian.

  • Setelah itu masukkan biji-biji bunga kamboja ke dalam wadah penyemaian yang telah diisi dengan air.

  • Rendamlah biji terlebih dahulu pada air yang mempunyai kedalaman 10 menit.

  • Jika biji nampak mengapung dan terlihat sangat kopong atau berarti kosong dan tidak berisi maka buang dan jangan digunakan. Anda sanggup menentukan memakai biji yang karam yang artinya biji tersebut berkualitas dan akan tumbuh dengan baik.


Proses Penanaman Biji


Menyiapkan Media Tanam


Pertama, siapkan media yang akan dipakai yaitu cocopeat dan sekam bakar yang memakai perbandingan 1 : 1. Setelah itu masukkan media tanam tersebut ke dalam pot. Apabila tidak ada media tanam menyerupai cocopeat, sanggup diganti dengan memakai serutan kayu yang lebih halus atau sanggup juga menggantinya dengan memakai sekam bakar. Setelah pot terisi dengan media tanam dengan ukuran ¾ maka biji biji sanggup diletakkan dengan posisi terbaring. Jarak yang dipakai yaitu kurang lebih 1 cm. Anda sanggup memakai pot yang mempunyai ukuran diameter 20 dan dalam satu pot tersebut sanggup memuat 100 – 150 biji kamboja.


Proses Penaburan Biji


Cara membudidayakan bunga kamboja gotong royong sanggup dilakukan dengan  Cara Menanam Bunga Kamboja Dari Biji


Setelah itu Anda sanggup menaburkan biji pada media tanam dan diusahakan semoga biji tidak terlalu dalam terbenam dalam media tanam. Kemudian lakukan penyemprotan air higienis dengan memakai spray halus. Lalu tutuplah benih bibit pada media tanam dengan memakai plastik yang transparan dan letakkan pada daerah yang teduh. Hal tersebut dikarenakan pada dikala penyemaian ini, biji tidak sanggup terkena sinar matahari secara langsung. Kemudian semprotkan kembali dengan air bertahap kemudian tunggu sampai usia biji mencapai 1 ahad dan dikala itulah biji akan bermetamorfosis kecambah.


Perhatikan Tumbuh Kembang Bibit


Cara membudidayakan bunga kamboja gotong royong sanggup dilakukan dengan  Cara Menanam Bunga Kamboja Dari Biji
Setelah berumur 2 bulan, biji bunga kamboja yang telah ditabur akan tumbuh dengan batangnya yang kecil namun sudah memperlihatkan strukturnya yang berbonggol. Daun sejatinya pun mulai tumbuh beberapa helai. Jika sudah menyerupai ini, sanggup dipindahkan pada wadah polybag atau pot berukuran lebih besar.

Apabila daun sudah mulai tumbuh maka epilog plastik yang sebelumnya sanggup dilepaskan, namun tumbuhan tetap diletakkan pada daerah yang teduh kemudian jangan lupa untuk menyiramnya dengan memakai spray. Ketika usianya sudah mencapai 2 bulan maka jumlah daun akan muncul sekitar 6 – 8 helai dan dikala itulah Anda sanggup memindahkan tumbuhan ke dalam polibag yang berukuran kecil atau sanggup juga dengan memakai gelas plastik bekas air mineral dengan memakai komposisi media tanam pasir malang dan sekam bakar dan perbandingannya ialah 1 : 1.


Pemberian Pupuk


Setelah itu tambahkan juga pupuk sangkar yang sudah difermentasi sebelumnya sehingga bukanlah pupuk sangkar yang berasal dari kotoran ternak yang masih baru. Adapun jumlah pupuk sangkar yang diharapkan ialah ¼ saja. Apabila media tanam pasir tidak ada maka Anda sanggup menggantinya dengan memakai remahan kerikil bata yang sanggup ditumbuk garang sebelumnya dengan ukuran diameter 1 – 2 ml, namun jangan juga bertekstur terlalu halus supaya sirkulasi udara nantinya sanggup terjaga didalam media tanam. Sebelum media tanam dimasukkan ke dalam polybag, Anda sanggup memakai sterefoam yang dipotong-potong dan diletakkan pada dasar polybag.


Cara membudidayakan bunga kamboja gotong royong sanggup dilakukan dengan  Cara Menanam Bunga Kamboja Dari Biji


Hal tersebut dilakukan semoga nantinya air tidak tertahan di penggalan bawah saja yang justru sanggup mengakibatkan akar kamboja menjadi cepat busuk. Jika semua hal tersebut sudah dilakukan dengan tepat maka proses penyemaian sudah selesai dan Anda sanggup meletakkan tumbuhan bunga kamboja di daerah yang sanggup terkena sinar matahari namun tidak secara langsung. Apabila usia tumbuhan bunga kamboja ini sudah cukup sampaumur maka Anda sanggup meletakkan tumbuhan ini pribadi di bawah pencahayaan sinar matahari.


Itulah beberapa informasi mengenai cara menanam bunga kamboja dari biji yang sanggup Anda ketahui dan sanggup pribadi Anda praktikkan. Makara jikalau Anda sudah melihat bagaimana keunggulan dari menanam bunga kamboja dengan biji, sekarang Anda tidak perlu ragu lagi untuk mendapat hasil tumbuhan kamboja yang sangat unggul, menarik, dan lebih indah dibanding dengan cara stek atau cara instan. Menanam dengan biji juga tidak sulit, dengan memakai cara-cara di atas, Anda pun juga sanggup mempunyai tumbuhan kamboja yang sangat elok dengan bonggol yang lebih menarik untuk dijadikan penghias taman atau halaman depan rumah Anda.


Temukan bibit tumbuhan kamboja disini. Selain itu, kami juga menyediakan banyak sekali macam benih kamboja jepang (adenium), silahkan lihat aneka produknya disini.



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Menanam Bunga Kamboja Dari Biji"

Posting Komentar