Cara Budidaya Kerang Abalon Bagi Pemula Dengan Panduan Lengkap

Kerang abalon memang tidak sepopuler kerang darah atau pun kerang kijing Cara Budidaya Kerang Abalon Bagi Pemula dengan Panduan LengkapKerang abalon memang tidak sepopuler kerang darah atau pun kerang kijing. Namun budidaya kerang abalon sanggup dikatakan menjanjikan, mengingat harga jualnya di pasaran yang cukup tinggi. Pelajari cara budidaya kerang abalon pada halaman ini.


Kerang abalon identik dengan masakan-masakan yang biasa disajikan di restoran, khususnya restoran Italia. Kerang ini dikenal mempunyai cita rasa yang khas dan menggugah selera.


Harganya di pasaran tidak sanggup disamakan dengan penjualan hasil Budidaya Kerang Darah. Tentu saja, lantaran perawatan kerang ini cukup sulit dan butuh keahlian khusus supaya tidak mengalami kerugian.


Nah, supaya Anda sekalian tidak keliru dalam memahami kerang abalon, berikut ini ciri-ciri kerang abalon.



  • Bentuk cangkangnya bundar oval, namun tidak pipih menyerupai halnya kerang kijing

  • Telinga atau auriform disebut pula denagn ear shell yang terdapat pada kerang abalon merupakan bentuk dari cangkangnya.

  • Memiliki 2 hingga 3 puntiran atatu disebut pula whorl.

  • Puntiran terbesarnya dan juga body worl mempunyai rangkaian lubang dengan jumlah 4 hingg 8 buah. Atau bergantung dari jenisnya, terletak di bersahabat sisi anterior.


Cara Budidaya Kerang Abalon


Terkenal hidup di perairan dangkal, budidaya kerang abalon lebih gampang terkena pencemaran bila dibandingkan dengan Budidaya Kepiting Cangkang Lunak. Namun tentu ada siasat atau tips dalam merawat serta membesarkan kerang abalon. Inilah cara budidaya kerang abalon yang wajib Anda ketahui.


1. Pemeliharaan Induk


Yang pertama dari cara budidaya kerang abalon yaitu proses pemilihan bibit atau bakal indukan kerang abalon. Indukan kerang abalon ini sanggup kita peroleh dari pasar atau kawasan budidaya yang lain.


Tempatkan indukan kerang abalon yang Anda beli tersebut pada wadah steril yang terbuat dari beton bervolume 1,5 m3. Sebarkan indukan kerang abalon ini dengan kepadatan sekitar 200 – 300 ekor.


Selain membeli di pasar, Anda sanggup melaksanakan sedikit usaha dengan menangkap bibit kerang abalon di pantai. Habitat dari kerang mahal ini biasanya ada di kedalaman 2 – 3 meter pada ketika air surut di pagi hari.


2. Proses Pemijahan


Proses pemijahan kerang abalon dilakukan pada wadah menyerupai Budidaya Ikan Cupang Hias, sanggup berupa aquarium dengan volume 80 – 100 liter yang dilengkapi dengan termometer dan juga heater otomatis.


Sementara itu, pemijahan alaminya biasa dilakukan pada ketika bulan terperinci dan gelap. Proses tersebut dilakukan pada tengah malam hingga pukul 6 pagi. Saat inilah induk jantan mengeluarkan sperma dalam kurun waktu 45 – 60 menit, diikuti sang betina yang akan mengeluarkan telurnya.


Perbandingan antara jumlah sperma dan telur yaitu 1:3.


3. Proses Pemeliharaan Larva


Pada tahap ini, pakan larva kerang abalon sudah wajib tersedia. Pakan awal dari kerang abalon yaitu plankton yang mempunyai nutrisi penting yang diperlukan kerang abalon. Demikian pula dengan hasil Budidaya Ikan Bandeng di Kolam Terpal








4. Pembesaran Kerang Abalon


Pembesaran kerang abalon sanggup dilakukan dengan cara mensuplai pakan dan vitamin yang dibutuhkan. Tujuannya yaitu untuk menghasilkan kerang yang berkualitas dan berukuran sesuai dengan kebutuhan pasar.


Abalon yang sudah mulai berkembang biak kembali sebaiknya dipilah dan dipisahkan. Hal ini untuk menghindari ruang yang semakin menyempit, dan kerang sanggup bertumbuh dengan optimal.


Pada awal pertumbuhan inilah, kerang abalon mempunyai cangkang khusus yang dipakai untuk melindungi diri.


5. Perluasan Benih


Ketika indukan abalon telah menghasilkan banyak anakan, Anda harus melaksanakan ekspansi benih dengan menyebarkannya pada kawasan yang telah Anda sediakan. Cara tersebut ada pula pada Cara Budidaya Ikan Nila Merah di Kolam Tembok.


6. Pengelolaan Air Kolam


Pastikan pula air yang dipakai pada setiap kolam cukup higienis dan steril lantaran abalon sangat sensitiv terhadap virus. Sering-seringlah mengganti air pada kolam abalon. Hal yang sama diprktekkan pada Cara Budidaya Ikan Mas Koki di Aquarium.


Untuk itu, campurkan anti kuman kedalam air kolam supaya air sebagai media budidaya kerang abalon selalu sehat dan bersih.


7. Proses pemupukan


Proses pemupukan pada budidaya kerang abalon tidak sama dengan pemupukan pada Cara Merawat Bunga Anggrek Agar Cepat Berbunga. Namun hal ini lebih pada proses derma pakan untuk kelangsungan hidup kerang abalon.


Porsi dan acara makan yang ideal untuk budidaya kerang abalon yaitu 2 – 3 kg / unit wadah dengan derma 4 – 5 kali sehari.


8. Proses Panen Kerang Abalon


Setelah semua cara budidaya kerang abalon di atas Anda kerjakan, sekarang saatnya memanen kerang abalon dan memetika laba darinya. Cara memanen kerang abalon tidak sama dengan Cara Budidaya Ikan Lele di Kolam Beton.


Caranya yaitu dengan memilah antara indukan yang perlu diangkat, dan tinggalkan kerang yang berukuran kecil supaya bertumbuh besar. 







Manfaat Kerang Abalon


Kerang abalon memang mempunyai harga yang mahal. Selain lantaran proses perawatan dalam budidaya kerang abalon yang susah, proses pengolahan dari kerang ini pun tak kalah rumit.


Kerang abalon memang tidak sepopuler kerang darah atau pun kerang kijing Cara Budidaya Kerang Abalon Bagi Pemula dengan Panduan LengkapDibutuhkan waktu sekitar satu hingga dua bulan sebelum kita sanggup mengolah kerang abalon menjadi makanan lezat. Namun mengingat keuntungannya yang besar bagi tubuh, tentu usaha tersebut tidak akan berarti.


Berikut ini yaitu manfaat dari kernag abalon yang wajib Anda ketahui bersama.



  • Mampu mencegah banyak sekali jenis penyakit menyerupai rematik, kolesterol darah, sakit jantung, dan juga menurunkan acara sel kanker.

  • Kaya akan protein dan juga serat yang diperlukan oleh tubuh, semisal: zat besi, yodium, zinc, omega 3, magnesium, vitamin E, vitamin B12, serta kalium.

  • Cangkangnya sanggup dipakai sebagai materi perhiasan, kancing baju, atau materi kerajinan tangan lainnya.


Membudidayakan kerang abalon memang penting dilakukan, mengingat pangsa pasarnya yang besar, dan ketersediaan binatang tersebut di bahari kian menipis.


Pencemaran, penangkapan liar, dan penyalahgunaan materi berbahaya sebagai alat menangkap ikan tentu sangat mengancam biota bahari menyerupai kerang abalon.


Tugas kita bersama yaitu melestarikannya dan selalu menjaga habitat dari makhluk hidup di bumi. Demikianlah cara budidaya kerang abalon yang sanggup kami sampaikan. Semoga berhasil dalam penerapannya dan sukses budidaya kerang abalon.



Sumber https://ilmubudidaya.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Budidaya Kerang Abalon Bagi Pemula Dengan Panduan Lengkap"

Posting Komentar