9 Tips Kondusif Browsing Internet

Kegiatan browsing tentunya tidak gila lagi bagi banyak orang. Di zaman yang serba canggih ini, browsing yaitu aktivitas gampang yang sanggup dilakukan kapan saja untuk mencari aneka macam informasi. Browsing memanglah aktivitas menyenangkan. Kita sanggup menjelajahi aneka macam situs, mencari info dan juga mendownload aneka macam file yang kita inginkan. Tetapi yang sering kita lupakan yaitu tata cara browsing yang aman.

Seringkali banyak orang yang lupa dan tidak tahu cara browsing yang aman. Kegiatan browsing yang dilakukan tanpa mempertimbangkan beberapa hal biasanya akan menunjukkan imbas jelek pada komputer ataupun laptop yang digunakan untuk browsing. Hal yang mungkin akan terjadi kalau kita browsing tanpa mempertimbangkan beberapa hal yaitu kerusakan pada sistem kompuer atau laptop yang disebabkan oleh virus. Jadi, alangkah baiknya kita mengetahui aneka macam tips jitu untuk sanggup melaksanakan browsing dengan aman. Berikut ini beberapa tips yang sanggup kau pakai supaya sanggup melaksanakan browsing dengan nyaman dan kondusif :

Kegiatan browsing tentunya tidak gila lagi bagi banyak orang 9 Tips Aman Browsing Internet

1. Jangan Sembarangan Menggunakan Wi-Fi Gratis

Bagi kau yang sering menggunakan Wi-Fi gratis di aneka macam tempat, ada baiknya kau mengurangi kebiasaan tersebut. Wi-Fi gratis memang sangat menguntungkan dan juga menghemat pengeluaranmu untuk browsing, tetapi kalau jaringan yang kau gunakan yaitu jaringan untuk transaksi dan memerlukan identitas kartu kredit atau akun tabungan, bisa-bisa kau menjadi target yang sangat pas bagi para penjahat cyber.

2. Jangan menggunakan Password yang Sama untuk Semua Akun

Apa kau termasuk orang yang malas menghafal password untuk akunmu? Jika iya, tentunya kau sering menggunakan password yang sama untuk aneka macam akun bukan? Padahal, hal ibarat itu sanggup membahayakanmu. Jika suatu waktu hacker berhasil mengetahui kombinasi passwordmu, maka ia pun akan sanggup membuka aneka macam akunmu yang lain. Tentunya kau tak ingin hal ibarat itu terjadi, bukan? Maka ada baiknya kau menggunakan password yang berbeda untuk aneka macam akun. Jika kau kesulitan untuk mengingat aneka macam password, kau sanggup menggunakan aplikasi pelengkap ibarat Password Manager. Aplikasi ini akan membantumu untuk mengatur dan mengingat password yang kau gunakan untuk aneka macam akun.

3. Jangan Menyimpan Password di Browser atau Aplikasi

Saat kau mengakses situs ataupun halaman sosial media, kau seringkali ditawari untuk menyimpan password secara otomatis bukan? Hal ini memang mempunyai kegunaan supaya kau tidak repot memasukkan password lagi ketika berkunjung ke halaman yang sama. Tapi hal ini pun sanggup sangat berbahaya kalau kau sering meminjamkan laptopmu ataupun mengakses situs di komputer umum ibarat warnet. Orang lain sanggup melihat passwordmu dari history, dan para penjahat cyber akan menyalahgunakan akunmu untuk berbuat kejatahatan. Maka, sebaiknya kau tidak perlu menyimpan passwordmu secara otomatis supaya akunmu selalu aman.

4. Atur Privasi Akun Sosial Mediamu

Seringkali banyak orang yang mengabaikan pengaturan privasi yang terdapat pada akun sosial media milik mereka. Padahal, pengaturan privasi sangat penting untuk dilakukan mengingat aneka macam kejahatan lewat sosial media berkembang dengan pesatnya belakangan ini. Biasakan untuk memperhatikan pengaturan privasi yan ada di sosial media milikmu. Pastikan hanya orang-orang tertentu saja yang sanggup melihat postingan kamu. Dengan begitu, kau pun akan lebih kondusif dari penjahat cyber.

5. Gunakan Firewall dan Antivirus

Tips penting lainnya yang sanggup kau gunakan untuk tetap kondusif ketika browsing yaitu dengan menggunakan Firewall dan antivirus. Firewall dan antivirus sanggup menciptakan kau nyaman ketika browsing lantaran nantinya aneka macam virus yang sanggup masuk ke laptop atau komputermu akan ditangkal oleh frirewall ataupun antivirus. Jangan lupa juga untuk melaksanakan update terhadap antivirus yang kau pasang. Update antivirus akan menciptakan antivirus di komputermu semakin ampuh dalam menangkal aneka macam macam virus yang sanggup tiba ketika kau sedang browsing.

6. Jangan Lupa Log Out dari Semua Akun

Sama ibarat halnya dengan poin ketiga, kau sebaiknya melaksanakan log out sebelum meninggalkan komputer atau laptop yang telah kau pakai. Jika log out tidak dilakukan, bisa-bisa ada yang menggunakan akunmu dan menyalahgunakannya untuk berbuat kejahatan.

7. Jangan menyimpan File Pribadi di Komputer Umum

Buat kau yang sering browsing di internet dan juga menggunakan komputer umum, ada baiknya kau tidak menyimpan file langsung dalam komputer umum tersebut. Komputer umum tentunya bebas digunakan oleh siapa saja. Jika file pribadimu merupakan sesuatu yang penting namun kau tak sengaja meletakkannya di komputer umum, file yang kau miliki sanggup saja dicuri dan disalahgunakan oleh orang lain yang mempunyai niat jahat.

8. Hapus History atau Riwayat Setelah Browsing

Demi keamanan privasimu, cobalah untuk menghapus riwayat atau history kau sesudah browsing. Dengan begitu orang lain tidak akan tahu situs-situs mana saja yang telah kau kunjungi. Privasimu pun akan lebih terjaga sesudah menghapus history atau riwayat sesudah browsing.

9. Restart Ulang Komputer Setelah Browsing

Buat kau yang sering browsing di warnet, ada baiknya kau melaksanakan restart pada komputer yang telah kau gunakan untuk browsing. Restart komputer sanggup menghapus aneka macam history dan juga kata sandi. Dengan begitu, privasi kau akan tetap terjaga.

Itulah beberapa tips yang sanggup kau gunakan untuk browsing dengan kondusif dan nyaman. Browsing memang menyenangkan, tapi cobalah untuk mengikuti tips di atas supaya komputermu selalu aman, dan privasimu kondusif juga. Dengan mengikuti tips di atas, aktivitas browsing yang kau lakukan tentunya akan jauh lebih menyenangkan dan tidak memancing aneka macam hal jelek yang sanggup mengancam komputermu dan juga dirimu sendiri.
Sumber http://www.gudangilmukomputer.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "9 Tips Kondusif Browsing Internet"

Posting Komentar