20 Ilmu Penunjang Geografi

Ilmu Penunjang Geogrifi Geografi memiliki kajian ilmu yang sangat luas sehingga ilmu geografi memerlukan ilmu pendukung yang erat kaitannya dengan geografi. Kajian geografi mempelajari bumi secara fisik, tanda-tanda sosial, teritorial, dan interaksi antarmanusia. Hal ini menjadi ciri geografi yang spesifik dan bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Nah, pada kesempatan kali ini akan menghadirkan pengertian 19 ilmu penunjang geografi. Ilmu pendukung geografi juga disebut sebagai cabang-cabang ilmu geografi. Ilmu pendukung tersebut, antara lain, sebagai berikut. Semoga bermanfaat. Check this out!!!

Geomorfologi
Geomorfologi yaitu ilmu pengetahuan yang mempelajari perihal bentuk muka bumi dan proses terjadinya.

Hidrologi
Hidrologi yaitu ilmu pengetahuan yang mempelajari perihal air baik di permukaan maupun di bawah permukaan tanah.

Geologi
Geologi yaitu ilmu yang mempelajari bumi secara keseluruhan, asal kejadian, struktur, komposisi, dan sejarahnya (termasuk perkembangan kehidupan) dan proses alamiah perkembangannya.

Botani
Botani yaitu ilmu pengetahuan yang mempelajari perihal dunia flora dan persebarannya.

Oceanografi
Oceanografi yaitu ilmu yang mempelajari perihal perairan bahari dan isinya, antara lain, sifat-sifat air laut, terjadinya pasang surut, kedalaman, arus, geologi dasar laut, tumbuhan, binatang, serta hubungan antara bahari dan atmosfer.

 Geografi memiliki kajian ilmu yang sangat luas sehingga ilmu geografi memerlukan ilmu pe 20 Ilmu Penunjang Geografi

Meteorologi yaitu ilmu pengetahuan yang mempelajari perihal keadaan cuaca.

Klimatologi
Klimatologi yaitu ilmu pengetahuan yang mempelajari perihal keadaan iklim.

Biologi
Biologi yaitu ilmu pengetahuan yang mempelajari perihal makhluk hidup di permukaan bumi.

Demografi
Demografi yaitu ilmu yang mempelajari perihal cara mengumpulkan, memeriksa catatan-catatan dan statistik penduduk untuk mengetahui perkembangan, kepadatan, kelahiran, kematian, migrasi, dan persebaran penduduk.

Zoologi
Zoologi yaitu ilmu yang mempelajari perihal binatang dan persebarannya di muka bumi.

Antropologi
Antropologi yaitu ilmu pengetahuan yang mempelajari perihal insan dan kebudayaannya.

Sosiologi
Sosiologi yaitu ilmu pengetahuan yang mempelajari perihal contoh pergaulan insan dalam masyarakat.

Ekologi
Ekologi yaitu cabang dari ilmu biologi yang mempelajari perihal hubungan antarorganisme dan antara organisme dengan lingkungan.

Ekonomi
Ekonomi yaitu ilmu pengetahuan yang mempelajari perihal usaha-usaha insan untuk memenuhi kebutuhan hidup dalam mencapai kemakmuran.

Astronomi
ilmu yang mempelajari perihal benda-benda langit di luar atmosfer bumi, ibarat matahari, bulan, bintang, dan ruang angkasa, baik sifat-sifat fisik, kimia, maupun gerakan hingga pada proses kejadian benda langit.

Geografi Politik
Geografi politik yaitu cabang ilmu geogarfi yang khusus mempelajari perihal kondisi-kondisi geografis ditinjau dari sudut pandang politik dan kepentingan negara.

Geografi Fisik
Geografi fisik yaitu cabang ilmu geografi yang mempelajari perihal bentuk dan struktur permukaan bumi, yang meliputi aspek geomorfologi dan hidrologi.

Geografi Manusia
Geografi insan yaitu cabang ilmu geografi yang mempelajari perihal aspek sosial, ekonomi dan budaya penduduk.

Geografi Regional
Geografi regional yaitu cabang ilmu geografi yang mempelajari perihal suatu daerah tertentu secara khusus, contohnya geografi Asia tenggara dan geografi timur tengah.

Kartografi
Kartografi yaitu ilmu perihal peta, baik teknis pembuatan, jenis, maupun pemanfaatannya.

Geografi berada pada posisi sentral di dalam sistem pengetahuan alasannya yaitu berada dalam dua bab ilmu. Di satu pihak mempelajari hal-hal yang bersifat fisik, dan di lain pihak mempelajari hal-hal yang bersifat sosial. Dengan demikian, tampak dengan terang bahwa geografi tidak sanggup berdiri sendiri tanpa adanya tunjangan dari ilmu penunjang lainnya.

Semoga artikel Geografi di atas perihal Ilmu Penunjang Geografi sanggup menambah pengetahuan sahabat sekalian dan juga bermanfaat. Apabila ada suatu kesalahan baik berupa penulisan maupun isi, mohon kiranya kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan bersama. Jangan lupa like dan share juga ya sobat. Terima kasih... ^^Maju Terus Pendidikan Indonesia^^

Sumber http://www.zonasiswa.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "20 Ilmu Penunjang Geografi"

Posting Komentar