√ Woow!, Kopi Favorit Ratu Belanda Ini Sudah Busuk Sebelum Diseduh

Kopi Besemah merupakan salah satu jenis kopi yang paling digemari oleh masyarakat yang ada √ Woow!, Kopi Favorit Ratu Belanda Ini Sudah Wangi Sebelum Diseduh


Kopi Besemah merupakan salah satu jenis kopi yang paling digemari oleh masyarakat yang ada di wilayah Sumatera Selatan. Kopi yang satu ini memiliki rasa dan aroma gurih yang istimewa. Kopi Besemah yang paling digemari dikalangan penikmat kopi ialah kopi Besemah yang berasal dari dataran tinggi Pagaralam, sekitar 7 jam perjalanan dari sentra kota Palembang. Mayoritas kopi – kopi yang dibudidayakan disana ialah jenis kopi robusta Besemah. Kopi-kopi di tempat ini tumbuh serta dibudidayakan oleh para petani di sekitar tempat lereng Gunung Dempo.


Salah satu keistimewaan yang menciptakan kopi robusta Besemah yang berasal dari tempat pagaralam ini fenomenal ialah aromanya. Banyak yang menyampaikan jikalau aroma nikmat kopi besemah ini sudah semerbak bahkan sebelum kopi ini diseduh. Menakjubkan!.

style="display:block"
data-ad-client="ca-pub-6037247388376359"
data-ad-slot="5485024081"
data-ad-format="link">



Lebih istimewa lagi, kopi besemah ini merupakan salah satu jenis kopi yang menjadi favorit Ratu Yuliana pada zaman Belanda dahulu. Menurut catatan sejarah, di tempat Pagaralam, terdapat sebuah kebun kopi yang khusus dibentuk untuk memproduksi biji kopi terbaik yang hasil panen dari kebun tersebut secara keseluruhan akan dikirim ke dapur istana sang ratu. Jika anda penasaran, letak dari perkebunan kopi yang menjadi pujian masyarakat Pagaralam ini berada dikawasan simpang Padang Karet. Tak hingga disitu, kopi Besemah ini juga dinobatkan sebagai “welcome drink coffee” bagi wisatawan yang tiba berkunjung ke Sumatera Selatan pada 2016 lalu.


Selain berasal dari tempat Pagaralam, kopi Besemah bahwasanya juga sanggup anda temukan dikawasan Kabupaten Muara Enim, dimana kopi – kopi disana biasa disebut sebagai kopi Semendo. Di samping itu, ada juga yang berasal dari Kabupaten Lahat serta Empat Lawang.


Kopi Besemah merupakan salah satu jenis kopi yang paling digemari oleh masyarakat yang ada √ Woow!, Kopi Favorit Ratu Belanda Ini Sudah Wangi Sebelum Diseduh

Proses Sortasi Biji Kopi


Secara umum proses pengolahan kopi Besemah sama dengan kopi pada umumnya. Pertama, biji kopi yang sudah bau tanah dan benar-benar masak dipetik, biasanya berwarna merah delima. Biji-biji tersebut kemudian disortasi kemudian dijemur hingga kering dan diambil yang bijinya berwarna kuning mengilap. Kemudian, biji kopi direndam, dicuci dan dijemur. Setelah itu biji kopi digoreng dalam penggorengan,tanpa minyak. Kopi yang sudah matang dihaluskan dengan tumbukan kayu, kemudian disaring, sehingga didapatkan bubuk kopi yang halus. Bubuk tanpa adonan materi lain kemudian diseduh dalam air yang mendidih hingga menghasilkan kopi yang kental. Namun perlu diingat bahwa kopi Besemah membutuhkan proses pengolahan yang dilakukan secara sempurna, sebab teknik pemprosesan kopi akan sangat besar lengan berkuasa terhadap rasa kopi yang dihasilkan.

style="display:block; text-align:center;"
data-ad-layout="in-article"
data-ad-format="fluid"
data-ad-client="ca-pub-6037247388376359"
data-ad-slot="7037953167">



Budidaya flora kopi, dan budaya meminum kopi memang suatu hal yang tidak akan sanggup lepas dari masyarakat Pagaralam. Meminum kopi di pagi hari sebelum beraktifitas sudah menjadi salah satu rutinitas wajib yang harus dilakukan masyarakat Pagaralam. Sebagian besar masyarakat disana percaya bahwa meminum kopi Besemah memiliki beberapa manfaat, menyerupai menambah semangat kerja, menyegarkan badan, dan juga sanggup menahan rasa lapar. Wah menarik sekali ya!. Anda tertarik untuk mencobanya?


 



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "√ Woow!, Kopi Favorit Ratu Belanda Ini Sudah Busuk Sebelum Diseduh"

Posting Komentar