√ Tugas Dan Fungsi Pranata Sosial

Peran dan Fungsi Pranata Sosial – Adalah mari kita bahas dengan bahan yang sangat singkat terang dan padat berikut ini:


Pranata sosial yang bertujuan memenuhi kebutuhan-kebutuhan pokok insan intinya memiliki beberapa tugas dan fungsi sebagai berikut.
1. Memberikan anutan pada anggota masyarakat, bagaimana mereka harus bertingkah laris atau bersikap di dalam menghadapi masalah-masalah dalam masyarakat.
2. Menjaga keutuhan masyarakat.
3. Memberikan pegangan kepada masyarakat untuk mengadakan sistem pengendalian sosial (social control). Artinya, sistem pengawasan masyarakat terhadap tingkah laris anggota-anggotanya.



 Adalah mari kita bahas dengan bahan yang sangat singkat terang dan padat berikut ini √ PERAN DAN FUNGSI PRANATA SOSIAL



Dalam relasi yang berjudul Socioligy, Paul B. Horton dan Chester L. Hunt beropini perihal fungsi pranata sosial. Fungsi tersebut sebagai berikut.
1. Fungsi Manifes
Fungsi manifes forum sosial yaitu fungsi yang merupakan tujuan forum yang diakui. Misalnya, forum ekonomi harus menghasilkan atau memproduksi dan mendistribusikan kebutuhan pokok serta mengarahkan arus modal ke pihak yang membutuhkan.
2. Fungsi Laten
Fungsi laten forum sosial yaitu hasil yang tidak dikehendaki dan mungkin tidak diakui, atau kalau diakui dianggap sebagai hasil sampingan. Misalnya, pada forum ekonomi. Lembaga ini tidak hanya memproduksi dan mendistribusikan kebutuhan pokok, tetapi juga meningkatkan pengangguran dan kesenjangan sosial.


Sebelumnya mengenai Klasifikasi Pranata Sosial ini sanggup menambah pengetahuan anda



Sekian mengenai Peran dan Fungsi Pranata Sosial, supaya apa yang telah dipaparkan sanggup bermanfaat bagi semuanya.


Sumber http://www.ssbelajar.net/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "√ Tugas Dan Fungsi Pranata Sosial"

Posting Komentar