√ Miliki Potensi Luar Biasa, Kopi Ini Siap Rebut Pasar Dunia!

daerah lain sebagai kawasan penghasil kopi √ Miliki Potensi Luar Biasa, Kopi Ini Siap Rebut Pasar Dunia!


Kabupaten Lahat tidak seterkenal daerah-daerah lain sebagai kawasan penghasil kopi. Namun, siapa yang sangka kalau kabupaten yang berjarak sekitar 250 km dari kota Palembang tersebut mempunyai komoditas utama kopi. Lahat merupakan salah satu Kabupaten di Sumatera Selatan yang populer dengan julukan “kota nirwana penikmat kopi”. Kabupaten yang dipimpin oleh Saifudin Aswari Rivai ini merupakan salah satu kota tertua yang ada di Sumatera, yaitu sudah mencapai lebih dari 140 tahun.


Perkebunan kopi yang sangat banyak, menjadikan acara minum kopi sudah menjadi cuilan dari budaya penduduk kota Lahat sejak zaman dulu. Hampir diseluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Lahat terdapat flora kopi, dan budaya minum kopi yang menempel pada masyarakat Lahat menjadi awal mula julukan “surga penikmat kopi” muncul.

style="display:block"
data-ad-client="ca-pub-6037247388376359"
data-ad-slot="5485024081"
data-ad-format="link">



Produk kopi dari Kabupaten Lahat, sejatinya mempunyai potensi yang sangat besar untuk lebih berkembang dan menjangkau pasar yang lebih luas. Namun sayangnya, pengelolaan kopi di kawasan Lahat ini belum begitu optimal. Dengan luas tanam 51.318 hektar, luas panen sebesar 40.097 hektar, dan jumlah produksi yang mencapai 20.260 ton, kopi Lahat siap bersaing dengan kopi-kopi lain yang sudah populer menyerupai kopi Gayo, Lampung, Mandailing, Sidikalang dll.


daerah lain sebagai kawasan penghasil kopi √ Miliki Potensi Luar Biasa, Kopi Ini Siap Rebut Pasar Dunia!


Banyak faktor yang mensugesti permasalahan ini, pemerintah setempat menjelaskan, permasalahan yang ada mulai dari perilaku dan teladan pikir dari petani atau masyarakatnya sendiri, duduk kasus pengolahan, pendistribusian, hingga duduk kasus teladan ajar kemitraan. Saat ini, pemerintah setempat sedang bekerja keras untuk mengatasi kendala-kendala yang dihadapi melalui kebijakan – kebijakan yang diterapkan, menyerupai mengadakan training dan edukasi kepada masyarakat.

style="display:block; text-align:center;"
data-ad-layout="in-article"
data-ad-format="fluid"
data-ad-client="ca-pub-6037247388376359"
data-ad-slot="7037953167">



Terlepas dari banyak sekali permasalahan yang ada, kopi Lahat, dikenal mempunyai aroma yang sedap dan rasa yang gurih yang menempel kuat. Tidak hanya itu, kopi ini mempunyai tekstur yang lembut sehingga sangat nyaman di tenggorokan. Meminum kopi, biasanya menimbulkan efek menyerupai asam lambung naik, perih dan biasanya bagi penderita maag sangat tidak dianjurkan untuk meminum kopi. Namun, kopi yang satu ini berbeda dengan kopi pada umumnya. Meminum kopi Lahat relatif kondusif untuk lambung, alasannya yaitu mempunyai keasaman yang relatif rendah. Sehingga, kopi lahat sanggup diminum oleh semua orang dan kalangan.


Dengan banyak sekali potensi yang dimiliki, tentunya kopi lahat layak mendapat pasar dan apresiasi yang lebih baik, baik itu tingkat nasional maupun internasional. Tentunya, dengan naiknya pamor kopi Lahat dimata para penikmat kopi dunia, juga akan meningkatkan kualitas hidup masyarakat Lahat sendiri. Maju terus industri kopi Indonesia!



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "√ Miliki Potensi Luar Biasa, Kopi Ini Siap Rebut Pasar Dunia!"

Posting Komentar