√ “Rrrg”, Diam-Diam Dibalik Kerennya Motor Custom Putra Presiden

Demam motor custom yang pernah didengungkan Presiden Joko Widodo dengan motor cooper √ “RRRG”, Rahasia Dibalik Kerennya Motor Custom Putra PresidenDemam motor custom yang pernah didengungkan Presiden Joko Widodo dengan motor cooper-nya, sekarang terus menjamur. Tak ayal bengkel-bengkel di tanah air berlomba memperlihatkan jasa custom terbaik. Tak hanya Presiden Jokowi, putra sulungnya, Gibran Rakabuming Raka ternyata juga bahagia dunia modifikasi motor. Dan bengkel di Jalan Brigjen Katamso No.229, Mojosongo, Solo ini, dipercaya menggarap salah satu motor milik Gibran.


Ialah Rich Richie Ride Garage (RRRG) milik Eko Sutanto. Eko mengaku awalnya hanya melaksanakan promosi lisan ke lisan dan via media umum Instagram. Namun, hal tersebut terbukti efektif bisa menarik perhatian para pecinta motor custom, termasuk putra sulung Presiden Jokowi.


“Awalnya Mas Gibran via akun Chilli Pari-nya menghubungi kami. Katanya ingin custom motor untuk dipajang, entah itu di Markobar atau Chilli Pari. Saya tawarkan model cafe racer,” ungkap laki-laki lulusan Fakultas Sastra tersebut.


Dengan basic motor CB125 milik Gibran, Eko dan timnya mulai membangun motor custom biru muda dengan single seat menyerupai selayaknya cafe racer. Sebelumnya laki-laki kelahiran 29 Agustus 1990 ini menciptakan rancangan bersama Gibran.


Demam motor custom yang pernah didengungkan Presiden Joko Widodo dengan motor cooper √ “RRRG”, Rahasia Dibalik Kerennya Motor Custom Putra Presiden


Eko memotong rangka bab belakang CB125cc tersebut dan membuatkannya rangka baru. Setelah itu garpu depan diganti milik Tiger Revo dan stang diganti stang jepit dengan posisi rendah.


Eko merancang cafe racer full fairing dengan body gres yang dibuatnya sendiri dengan materi galvanis setebal 1,2 milimeter.


Sementara untuk mesin sengaja dibiarkan tetap standar, namun platina pada pengapian diganti CDI motor Shogun semoga lebih stabil.


“Terakhir, Kami menambahkan double stater biar gampang menghidupkan motor. Soalnya engkol kick starter dihilangkan alasannya mengganggu fairingnya,” imbuh laki-laki asal Salatiga tersebut.

style="display:block"
data-ad-client="ca-pub-6037247388376359"
data-ad-slot="5485024081"
data-ad-format="link">



Tangan cuek Eko bisa menuntaskan motor tersebut selama total tiga bulan. Modifikasi dilakukan selama dua sesi, adalah 2 bulan pada simpulan 2017, kemudian dilanjutkan sebulan pada April lalu.


Hasilnya, motor milik putra sulung presiden tersebut bisa menarik perhatian publik dikala tampil di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 di Jakarta. Motor tersebut berjejer dengan motor custom model chooper milik Presiden Jokowi.


Semakin Terkenal


Tak hanya rasa bangga, pengalaman mendandani motor putra presiden tak pelak turut mendongkrak nama RRRG. Banyak penggemar otomotif yang mulai menanyakan spesifikasi serta harga jasa costum di daerah Eko. Bahkan beberapa ada yang meminta dibuatkan model cafe racer.


Demam motor custom yang pernah didengungkan Presiden Joko Widodo dengan motor cooper √ “RRRG”, Rahasia Dibalik Kerennya Motor Custom Putra Presiden


“Ada yang nanya untuk dibuatkan motor yang hampir menyerupai cafe racer-nya Mas Gibran. Ada beberapa juga yang sudah oke, tinggal nunggu giliran buat dibangun (motornya),” ungkap Eko.


Untuk ongkos jasa custom, Eko tak pernah tetapkan harga pasti. Menurutnya sebagian besar jasa custom di bengkel RRRG merupakan hasil karya seni yang tak pernah sekalipun dilabeli harga tetap.


Meski begitu, Eko menaksir dominan ongkos jasanya sekitar 20 juta per custom motor. Jumlah tersebut tergantung berapa persen perombakan, ide, spare parts, lamanya pengerjaan, dan lainnya.


Selain motor cafe racer milik Gibran, Eko mengaku pernah menciptakan beberapa costum motor yang lebih “wah”. Bahkan beberapa ada yang lebih rumit lagi.


“Selain CR-nya (cafe racer) Mas Gibran belum pernah garap CR lain sih mas, alasannya order anaknya Presiden. Tapi yang lebih wah ada, yang tidak mengecewakan rumit juga ada, waktu tahun 2013, Mas,” lanjut anak sulung dari empat bersaudara ini.


Berawal dari Hobi


Meski mulai menyenangi dunia custom otomotif pada 2008, Eko pertama kali serius menekuni bisnis bengkel lima tahun berikutnya. Pertama kali ia mencoba merombak motor milik sahabatnya dan laris di pasaran.


Demam motor custom yang pernah didengungkan Presiden Joko Widodo dengan motor cooper √ “RRRG”, Rahasia Dibalik Kerennya Motor Custom Putra PresidenEko memakai nama Rich Richie Ride Garage bukan tanpa alasan. Baginya nama tersebut doa kesuksesan yang ia amini. Sementara nama Ride Garage merupakan pemanis dari divisi clothing.


Yap, selain mendandani motor, Eko dan teman-temannya juga menyediakan custom bagi si pengendara motor. Tepat di sebelah bengkelnya terdapat satu bisnis clothing yang desain produknya tak jauh dari tema otomotif.

style="display:block; text-align:center;"
data-ad-layout="in-article"
data-ad-format="fluid"
data-ad-client="ca-pub-6037247388376359"
data-ad-slot="7037953167">



Eko berharap dunia yang ia tekuni dikala ini sanggup jauh lebih maju. Ia percaya bahwa apa yang dikerjakan dengan rasa senang, tak bisa dibayar oleh apapun. Selain itu, ia meyakini bahwa proses kerja keras, tak akan mengkhianati hasil.


Tim Liputan BisnisUKM

(/ Rizky B.P)

Kontributor BisnisUKM.com Wilayah Solo Raya



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "√ “Rrrg”, Diam-Diam Dibalik Kerennya Motor Custom Putra Presiden"

Posting Komentar