Pengertian Peta: Secara Umum & Berdasarkan Para Ahli

Pengertian Peta Dalam sejarah Manusia, Peta sudah dipakai semenjak zaman prasejarah, jauh sebelum kertas ditemukan di Cina masa ke-6 M. Manusia pada ketika itu menciptakan peta di dinding-dindng gua, pecahan tanah liat, permukaan batuan, dan pada kulit binatang. Pada perkembanganya, peta di buat pada kertas untuk menggambarkan tempat, posisi gunung, lembah, maupun sungai untuk mengetahui lokasi tertentu.

Dewasa ini peta sudah banyak dipakai untuk kepentingan dan analisis wilayah yang sudah mengatakan tema-tema khusus, contohnya untuk mengetahui persebaran jumlah penduduk, persebaran curah hujan, persebaran lokasi bencana, dan sebagainya. Namun, apakah peta itu? Ada yang tahu pengertiannya? Nah, pada kesempatan kali ini akan menghadirkan klarifikasi mengenai pengertian Peta secara lengkap. Semoga bermanfaat. Check this out!!!

 Peta sudah dipakai semenjak zaman prasejarah Pengertian Peta: Secara Umum & Menurut Para Ahli

Pengertian peta secara umum ialah citra dari permukaan bumi yang digambar pada bidang datar, yang diperkecil dengan skala tertentu dan dilengkapi simbol sebagai penjelas.

Beberapa andal mendefinisikan peta dengan banyak sekali pengertian, namun pada hakikatnya semua memiliki inti dan maksud yang sama. Berikut beberapa pengertian peta dari para ahli.

1. Menurut ICA (International Cartographic Association)
Peta ialah citra atau representasi unsur-unsur ketampakan abnormal yang dipilih dari permukaan bumi yang ada kaitannya dengan permukaan bumi atau benda-benda angkasa, yang pada umumnya digambarkan pada suatu bidang datar dan diperkecil/diskalakan.

2. Menurut Aryono Prihandito
Peta merupakan citra permukaan bumi dengan skala tertentu, digambar pada bidang datar melalui sistem proyeksi tertentu.

3. Menurut Erwin Raisz
Peta ialah citra konvensional dari ketampakan muka bumi yang diperkecil menyerupai ketampakannya bila dilihat vertikal dari atas, dibentuk pada bidang datar dan ditambah tulisan-tulisan sebagai penjelas.

4. Menurut Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional
Peta merupakan wahana bagi penyimpanan dan penyajian data kondisi lingkungan, merupakan sumber isu bagi para perencana dan pengambilan keputusan pada tahapan dan tingkatan pembangunan.

Dengan memakai peta, kita sanggup mengetahui segala hal yang berada di permukaan bumi, menyerupai letak suatu wilayah, jarak antar kota, lokasi pegunungan, sungai, danau, lahan persawahan, jalan raya, bandara, dan sebagainya. Ketampakan yang digambar pada peta sanggup dibagi menjadi dua, yaitu ketampakan alami dan ketampakan buatan insan (budaya).

Dewasa ini sudah dikenal adanya peta digital (digital map), yaitu peta yang berupa citra permukaan bumi yang diolah dengan tunjangan media komputer. Data yang diperoleh berupa data digital dan hasil dari citra tersebut sanggup disimpan dalam suatu media menyerupai disket, CD, maupun media penyimpanan lainnya, serta sanggup ditampilkan kembali pada layar monitor komputer. Biasanya peta digital ini dibentuk dengan memakai software GIS (Geography Information system). Ilmu yang mempelajari wacana peta dan pemetaan disebut dengan kartografi dan orang yang andal dalam bidang peta dan pemetaan disebut kartograf.


BACA JUGA:
  1. Jenis-jenis dan Fungsi Peta
  2. Membaca Peta

Demikian artikel Geografi di atas wacana Pengertian Peta, biar sanggup bermanfaat dan sanggup menambah pengetahuan teman sekalian. Apabila ada suatu kesalahan baik berupa penulisan maupun isi, mohon kiranya kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan bersama. Jangan lupa like dan share juga ya sobat. Terima kasih... ^^Maju Terus Pendidikan Indonesia^^

Sumber http://www.zonasiswa.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Pengertian Peta: Secara Umum & Berdasarkan Para Ahli"

Posting Komentar