Manfaat Tanaman Keladi Tikus

Tanaman keladi tikus merupakan sebutan untuk tumbuhan dari famili Araceae (umbi-umbian). Tanaman ini merupakan tumbuhan orisinil di beberapa serpihan China, Bangladesh, Bhutan, dan Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Keladi tikus sedikit diketahui berkhasiat sebagai tanaman obat herbal, selain dipelihara sebagai tanaman hias. Keladi tikus mempunyai daun tunggal berwarna hijau. Daunnya berbentuk hati dengan ujung meruncing dan mempunyai panjang 16-17 cm. Keunikan dari tumbuhan ini ialah bunganya yang muncul di roset akar dan berbentuk mirip ekor tikus (yang menjadi asal-usul namanya). Panjang bunga itu 4.8 cm, dengan kelopak lonjong berwarna kekuningan.


 merupakan sebutan untuk tumbuhan dari famili  Manfaat Tanaman Keladi Tikus
Tanaman keladi tikus.

Di Indonesia, keladi tikus mempunyai sebutan berbeda-beda. Ada yang menyebutnya tumbuhan merata, daun panta susu, ileus, trenggiling mentik, dan masih banyak sebutan lainnya. Dalam keladi tikus terkandung banyak sekali manfaat kesehatan, termasuk untuk perawatan kanker. Di Malaysia, tumbuhan ini umum dipakai sebagai obat tradisional. Bagian tumbuhan yang umunya dipakai ialah daunnya, namun pada perawatan kanker, yang dipakai ialah umbinya. Berikut ialah manfaat dari keladi tikus:



  • Melawan sel kanker


Pada keladi tikus ditemukan adanya zat yang dipercaya bisa melawan sel kanker, Ribosome Inactiviting Protein (RIP). Sedangkan, studi yang dilakukan tahun 2014 oleh tim peneliti dari Universitas YARSI membuktikan, DMSO yang terdapat pada ekstrak keladi tikus mempunyai potensi racun terhadap sel kanker HeLa dan MCF-7. Namun, perlu studi lebih lanjut terhadap aktifitas telomerasi dan reaksi pada sel kanker. Penemuan ini diterbitkan di jurnal medis Universa Medicina. Keladi tikus juga mengandung antioksidan tinggi dan zat kurkumin yang mempunyai fungsi antiperadangan. Keduanya penting dalam terapi kanker dan pencegahan penyakit. Kini, komplemen keladi tikus sudah dijual dalam bentuk kapsul, mirip kapsul keladi tikus dari Toga Nusantara.


 merupakan sebutan untuk tumbuhan dari famili  Manfaat Tanaman Keladi Tikus
Dalam pengobatan kanker, serpihan keladi tikus yang dipakai ialah umbinya.


  • Menangkal radikal bebas


Pada abad modern ini, racun bisa tiba dari mana saja. Makanan yang tercemar pestisida dan asap kotor yang dikeluarkan dari kendaraan mengelilingi kita dalam sehari-hari. Dengan begitu, kita perlu pemberian dari dalam, yakni antioksidan. Antioksidan berasal dari banyak sekali senyawa yang terkandung pada banyak sekali tumbuhan, mulai dari yang bisa dimakan mirip buah-buahan dan sayuran, beberapa jenis teh, juga tumbuhan herbal mirip keladi tikus. Dalam keladi tikus, ada zat-zat bioaktif yang bermanfaat dalam menangkal radikal bebas, sehingga direkomendasikan untuk mengonsumsi komplemen dari keladi tikus.


 merupakan sebutan untuk tumbuhan dari famili  Manfaat Tanaman Keladi Tikus
Daun keladi tikus bisa diolah menjadi jus keladi tikus sebagai minuman sehat yang sanggup diminum untuk memperoleh banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya sebagai penangkal radikal bebas.


  • Mengobati bisul dan pembengkakan


Bisul atau jerawat watu yang membengkak akan menawarkan rasa yang nyeri dan mengganggu penampilan. Untuk itu, ada banyak sekali metode untuk peredakan pembengkakannnya. Keladi tikus merupakan tumbuhan yang juga mempunyai manfaat anti-pembengkakan, sehingga bisa meredakan bisul atau jerawat. Zat hepatoprotector yang terkandung di dalamnya bisa mengatasi infeksi dan nanah pada bisul, sedangkan, immunomodulator bermanfaat dalam mengatasi rasa nyeri. Untuk penggunaannya, ambil daun dan umbi keladi tikus, dan tumbuk sampai halus. Setelahnya hasil tumbukan itu bisa ditempelkan pada bisul atau jerawat, yang akan segera kempes dan hilang.



  • Sebagai Anti Bakteri


Keladi tikus mempunyai manfaat anti-bakterial, dan dipakai sebagai antibiotik alami yang bisa mencegah dan menyembuhkan banyak sekali penyakit mirip flu atau batuk. Ada dua jenis zat aktif yang berfungsi sebagai anti basil pada keladi tikus. Pertama, asam laurat yang bermanfaat dalam menghalau basil yang akan masuk tubuh, dan yang kedua, asam kaprat yang berfungi membunuh basil yang sudah masuk ke dalam tubuh,



  • Menyembuhkan iritasi dinding lambung


 merupakan sebutan untuk tumbuhan dari famili  Manfaat Tanaman Keladi Tikus
Salah satu produk kapsul hasil dari olahan keladi tikus.

Studi dari tim ilmuwan dari Universitas Malaya, Kuala Lumpur, dan Cyberjaya University College of Medical Sciences, Selangor Daruls Ehsan mengambarkan bahwa ekstrak daun keladi tikus bisa melindungi mukosa lambung dari penyebab iritasi pada dinding lambung yang dipicu oleh zat ethanol. Ini dibuktikan dari meredanya gangguan tukak di dinding lambung dan terhalangnya edema dan leukosit dari memasuki lapisan mukosa. Perlindungan ini optimal kalau mengonsumsi ekstrak daun sebanyak 500 mg.


Ekstrak daun keladi bisa diperoleh dari olahan daun keladi tikus menjadi produk kapsul ekstrak keladi tikus yang memudahkan Anda untuk mengonsumsinya secara langsung. Selain dengan suplemen, keladi tikus juga bisa dipakai eksklusif dan dicampur dengan bahan-bahan lain yang juga mempunyai manfaat yang sama sebagai obat kanker, mirip kunyit putih, daun sirsak, dan lain-lain.


Selain tanaman keladi tikus, kami juga menyediakan banyak sekali macam bibit tumbuhan obat lainnya. Silahkan lihat aneka produknya disini.



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Manfaat Tanaman Keladi Tikus"

Posting Komentar