Mengapa Koordinasi Penting

Dalam konsepnya, koordinasi merupakan hal yang paling penting dalam sebuah organisasi untuk mecapai suatu tujuan. pentingnya koordinasi berdasarkan Handayaningrat, mengemukakan:
a. Koordinasi yang baik akan memiliki pengaruh adanya efisiensi terhadap organisasi itu. Karena itu maaka koordinasi yaitu menunjukkan dukungan guna tercapainya efisiensi terhadap usaha-usaha yang lebih khusus, alasannya kegiatan- acara organisasi itu yaitu dilakukan secara spesialisasi. Bila tidak akan terjadi pemborosan yaitu pemborosan uang, tenaga dan alat-alat.
b. Koordinasi memiliki pengaruh terhadap watak daripada organisasi itu, terutama yang berafiliasi denan peranan kepemimpinan . bila kepemimpinannya kurang baik, maka ia kurang melaksanakan koordinasi yang baik.
c. Koordinasi memiliki pengaruh terhadap pekembangan daripada personal di dalam organisasi itu. Artinya bahwa unsur pengendalian personal dalam koordinasi itu harus selalu ada.

Koordinasi

Sedangkan berdasarkan Hasibuan, koordinasi sangat penting dalam organisasi:
a. Untuk mencegah terjadinya kekacauan, percekcokan dan kembaran atau kekosongan pekerjaan
b. Agar oragng-orang dan pekerjaannya diseleraskan serta diarahkan untuk pencapaian tujuan perusahaan
c. Agar sarana dan prasaran dimanfaatkan untukmencapai tujuan
d. Supaya semua unsur administrasi dan pekerjaan masing-massing individu karyawan harus membantu tercapainya tujuan organisasi
e. Supaya semua tugas, kegiatan, dan pekerjaan terintegrasi kepada target yang diinginkan.

Sedangkan berdasarkan Terry dalam Saefuddin, koordinasi berperan sangat vital dalam sebuah organisasi, apabila organisasi diartikan sebagai suatu team kerjasama, maka yang menjadi landasan dari semua kerjasama yaitu koordinasi.

Dari beberapa pentingnya koordinasi diatas dapat dilihat bahwa koordinasi berperan sangat penting dalam suatu organisasi untuk mencapai suatu tujuan dan kolaborasi yang baik.


Sumber http://makalahahli.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Mengapa Koordinasi Penting"

Posting Komentar