Cara Budidaya Rumput Maritim Gracilaria Sp

Tahukah Anda bahwa rumput Gracilaria sp merupakan materi baku utama pembuatan semoga Cara Budidaya Rumput Laut Gracilaria sp


Tahukah Anda bahwa rumput Gracilaria sp merupakan materi baku utama pembuatan agar-agar? Mari gotong royong kita mempelajari cara budidaya rumput maritim Gracilaria sp ini.


Rumput maritim Gracilaria sp sanggup dikembangbiakkan dengan gampang di tambak menyerupai halnya Cara Budidaya Kerang Kijing. Alasannya yaitu lantaran rumput maritim Gracilaria sp ini cukup adaptif terladap lingkungan tambak, dengan salinitas 15 – 30 ppt.


Yang lebih menarik lagi, rumput maritim Gracilaria sanggup dibudidayakan secara monokultur atau pun bersama dengan komoditi lainnya. Contohnya yaitu memadukan budidaya Gracilaria sp dengan Cara Budidaya Udang Tambak.


Jika Anda ingin menekuni budidaya rumput maritim Ggracilaria sp ini dengan sungguh-sungguh, silahkan disimak langkah-langkah budidayanya berikut ini.


Cara Budidaya Rumput Laut Gracilaria sp


1. Pemilihan Lokasi Budidaya


Pemilihan lokasi budidaya rumput maritim Gracilari sp sangat memilih tingkat kesuksesan bisnis ini. Sebelum masuk lebih jauh, perlu dipahami bahwa ada dua jenis pemilihan lokasi tambak. Yang pertama yaitu kondisi tambak secara alami, dan yang kedua yaitu kondisi tambak yang bisa diakali.


Kami akan mengulasnya satu per satu untuk Anda


a. Kondisi tambak alami


Keadaan yang sudah ada pada tambak itulah yang dimaksud dengan kondisi alami tambak. Misalnya:



  • Usahakan tambak yang Anda pilih berjarak kurang lebih 300 – 1000 m dari laut. Karena pada jarak tersebut, tambak akan mengikuti pasang surut air laut, maka pergantian air pun bisa berlangsung dengan baik. Sebaliknya, yang terletak terlalu bersahabat dengan pantai akan mengakibatkan salinitas yang terlalu tinggi.

  • Pilih lokasi tambak dengan struktur tanah berpasir dan juga berlumpur.

  • Salinitas air yang diharapkan oleh rumput maritim Gracilaria sp yaitu sekitar 15 – 30 ppt.

  • Subu airnya mencapai 20 – 28 derajat celcius dengan pH 6 – 9.

  • Delat dengan sumber air tawar semoga salinitas bisa dikurangi bila kadar garam terlalu tinggi.


b. Kondisi tambak yang bisa diakali


Maksudnya yaitu, suatu kondisi tambak yang harus diubahsuaikan dengan standar budidaya rumput maritim Gracilaria sp.


Berikut beberapa diantaranya:



  • Kondisi kedalaman air yang baik yaitu sekitar 0,5 – 1 meter.

  • Jauh dari polusi atau pencemaran.

  • Kondisi air tidak terlalu keruh semoga sinar matahari bisa menembus kedalaman air.

  • Mudah dibuatkan jalan masuk atau sirkulasi air sebagai pergantian ajaran air.


2. Teknik Pembibitan


Pembibitan rumput maritim Gracilaria sp cukup gampang untuk dilakukan speerti halnya Cara Budidaya Rumput Laut di Air Tawar. Carilah indukan yang tumbuh dengan subur, mempunyai banyak cabang, dan terlihat sehat. Pisahkan atau pecah rumput maritim tersebut menjadi 3 – 4 bagian.


Hasil pemecahan ersebut bisa Anda gunakan sebagai bibit gres yang akan ditanamkan, atau juga sebagai bibit pengganti tumbuhan yang gagal tumbuh. Pada dua ahad berikutnya, lakukanlah pemecahan lagi, dan ulangi proses sebelumnya.


Yang perlu diperhatikan, sesudah pemecahan kedua, tidak perlu dilakukan pemecahan lagi. Hal tersebut untuk menghindari pertumbuhan yang tidak serempak dalam satu tambak. Biarkan rumput maritim Gracilaria sp tumbuh hingga 7 – 8 minggu.







3. Proses Penanaman


Tahukah Anda bahwa rumput Gracilaria sp merupakan materi baku utama pembuatan semoga Cara Budidaya Rumput Laut Gracilaria spHarus diakui bahwa budidaya rumput maritim Gracilaria sp lebih gampang jikalau dibandingkan dengan Cara Menanam Rumput Hairgrass Mini. Sebabnya adalah, rumput maritim Gracilaria bisa dibudidayakan di tambak, yang tentunya akan memudahkan dalam perawatan.


Selain itu, kondisi air tambak yang damai akan menjauhkan resiko rumput maritim terseret arus air. Lagi pula, tambak bisa kita pupuk untuk meningkatkan kesuburan tumbuhan menyerupai pada Budidaya Tanaman Hias Jenis Euphorbia.


Berikut ini yaitu proses penanaman rumput maritim Gracilaia sp, mulai dari persiapan lahan hingga penyebaran bibit.



  • Kuras habis air dai dalam tambak, sesudah itu, Anda bisa menaburkan pupuk sangkar di atasnya. Bajak tanah semoga pupuk sanggup tercampur dengan sempurna. Pupuk sangkar tersebut bisa Anda buat melalui Cara Membuat Pupuk Kandang dari Kotoran Ayam dengan EM4.

  • Namun jikalau kondisi tanah terlalu keras, maka Anda bisa menebarkan pupuk TSP.

  • Ketebalan tanah pada dasar lahan budidaya Ggracilaria sp baiknya 10 – 15 cm. Setelah pupuk ditaburkan secara merata, biarkan tambak selama 3 hari semoga mengering.

  • Semprotkan zat pembunuh patogen atau hama yang lainnya ke dalam tambak. Obat yang biasa digunakan alah Saponin dengan takaran 40 – 50 kg / ha.

  • Setelah dilakukan penyemprotan, masukkan air hingga kedalaman 20 cm. Diamkan selama satu hari satu malam, kemudian diamkan kembali.

  • Setelah tambak mengering, cek sekali lagi kebersihan tambak. Hindari bangkai, gulma, atau pun sampah lainnya yang bisa mengganggu pertumbuhan runput maritim nantinya.

  • Masukkan kembali air dengan kedalaman 10 cm, kemudian tebarkan bibit rumput maritim Gracilaria so secara merata. Jangan terlalu rapat dan jangan terlalu renggang pula. Jumlah idealnya yaitu 1 ton bibit rumput maritim untuk 1 ha tambak.

  • Jika pertumbuhan rumput lautnya baik, Anda bisa menambahkan 1 ton bibit lagi.

  • Penebaran bibit yang terbaik yaitu pada ketika sore hari semoga rumput maritim tidak mengalami stres.

  • Setelah semua bibit simpulan ditebar, tambahkan lagi volume air hingga mencapai ketinggian 50 cm.








4. Cara Pemeliharaan


Seperti yang kami sampaikan di atas, pemeliharaan Gracilaria sp cenderung lebih mudah. Namun tetap saja ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan untuk menjamin tumbuhan kita tumbuh dengan baik.



  • Rumput laut, apapun jenisnya, yaitu tumbuhan yang menyerap air kawasan ia tumbuh. Oleh lantaran itu, ketersediaan makanan dalam air harus mencukupi. Demikian pula untuk kebersihan air di dalam tambak. Lakukan pergantian air 1 ahad sekali dengan memanfaatkan pasang surut air laut.

  • Kedalaman air harus berkisar 40 – 50 cm pada awal-awal penanaman. Saat mendekati masa panen atau di ahad ke 8, kedalaman air bisa ditingkatkan menjadi 60 – 70 cm.

  • Amati pertumbuhan Gracilaria sp pada ahad ke 2. Jika budidaya rumput maritim Anda dirasa kurang subur, maka silahkan menambahkan pupuk dengan kandungan N menyerupai Urea.

  • Jika rumput maritim sudah subur, lakukan pemecahan untuk ditanam pada lahan yang masih jarang.

  • Bersihkan area tambak dari lumpur, sampah, atau tumbuhan liar lainnya. Tujuannya semoga unsur hara sanggup diserap secara optimal oleh Gracilaria sp.

  • Hindari tambak tercemari olh air tawar yang berkebihan, lantaran akan menurunkan salinitas di tambak. Hal tersebut akan mengganggu pertumbuhan rumput maritim Anda.


Demikianlah cara budidaya rumput maritim Gracilaria sp, semoga bermanfaat bagi Anda.



Sumber https://ilmubudidaya.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Budidaya Rumput Maritim Gracilaria Sp"

Posting Komentar