Manfaat Air Hujan Untuk Tanaman

Beberapa orang cenderung tidak menyukai hujan alasannya aneka macam alasan menyerupai lembap Manfaat Air Hujan Untuk Tanaman


Beberapa orang cenderung tidak menyukai hujan alasannya aneka macam alasan menyerupai basah, becek ataupun banjir. Padahal air hujan mempunyai banyak manfaat loh, salah satunya di bidang pertanian. Mungkin Anda yang tinggal diperkotaan merasa kesal ketika hujan turun sementara aktifitas di luar rumah sedang padat-padatnya. Untuk itu, turunnya hujan justru banyak dijadikan kendala. Lain halnya di tempat pedesaan, dimana ketika turun hujan, para petani akan bersorak bergembira. Lain halnya ketika kemarau, sawah menjadi kering, para petani tampak gelisah menunggu turunnya hujan.


Di dalam kitab al-Qur’an, telah disinggung perihal proses terjadinya hujan, manfaat hujan bagi makhluk hidup dan hujan pemberi kegembiraan bagi umat manusia. Hal itu dibuktikan bahwa semenjak jaman dulu, petani memang banyak mengandalkan air hujan alasannya air hujan sanggup membantu meningkatkan hasil panen mereka. Jadi, sanggup disimpulkan bahwa air hujan sanggup menyuburkan tanaman. Nah, kira-kira mengapa air hujan sanggup menyuburkan tanaman? Di bawah ini akan aku jawab secara runtut.


Pertama-tama yang akan dibahas ialah mengapa tumbuhan sanggup tumbuh. Tanaman sanggup tumbuh alasannya kebutuhan nutrisinya terpenuhi. Anda sanggup melihat bagaimana pertumbuhan tumbuhan dengan nutrisi yang cukup, batang, daun, bunga dan buahnya akan tumbuh sehat dan segar. Kemudian, Anda harus mengetahui nutrisi apa yang diharapkan oleh tanaman. Tanaman Anda membutuhkan nutrisi berupa Nitrogen, Phosphor dan Kalium. Semua nutrisi ini sanggup Anda dapatkan pada pupuk NPK yang banyak dijual di toko pertanian. Namun tahukah Anda mana nutrisi yang paling penting bagi tanaman?


Dari ketiga nutrisi tersebut, senyawa Nitrogen lah yang paling penting bagi tumbuhan Anda. Mengapa? Karena nitrogen ialah salah satu unsur penyusun DNA pada tanaman, penyusunan protein, serta berperan penting dalam proses metabolisme tanaman. Oleh alasannya itu, tumbuhan harus dirawat dengan menyiramnya rutin. Dari proses penyiraman inilah tumbuhan mendapat nutrisi nitrogen, yaitu dari air. Dan tahukah Anda air jenis apa yang paling banyak mengandung unsur nitrogen? Yup,, air hujan.


Sepertinya Anda sudah mendapat sedikit citra perihal mengapa air hujan bermanfaat bagi tanaman. Sekarang yang akan kita bahas ialah bagaimana sanggup hujan mengandung nitrogen? Baiklah, menyerupai pelajaran kiat sewaktu berada di sekolah dasar, proses terjadinya hujan dijelaskan secara singkat dimana air yang ada di dalam tanah menguap dan uapnya naik ke langit membentuk awan. Saat muatan awan tersebut sudah sangat berat, maka awan akan menjadi hitam dan turunlah hujan.


Ada satu hal penting lagi yang harus Anda ketahui. Terjadinya petir di ketika hujan juga merupakan proses utama dibelakang terbentuknya nitrogen pada air hujan. Petir mempunyai energi yang sangat besar yang sanggup melarutkan mineral-mineral yang ada di udara, menyerupai nitrogen. Makara sebelum hujan turun, petir yang berkumandang telah melarutkan nitrogen dan jatuh bersama air hujan. Inilah yang mengakibatkan mengapa air hujan mempunyai kandungan nutrisi yang sanggup menyuburkan tanaman.


Nah, bagaimana mengenai klarifikasi di atas? Sudah paham kan mengapa air hujan bermanfaat bagi tumbuhan Anda? Semoga artikel ini sanggup menambah pengetahuan Anda untuk tidak meremehkan air hujan. Jadi, jangan anggap hujan sebagai bencana, namun anggaplah sebagai berkah. Bayangkan saja jikalau hujan tidak turun? Mau makan apa kita kalau sawah kekeringan? Heheh… 😀


Silahkan kunjungi website toko online kami di https://bibitbunga.com untuk mendapat aneka macam macam benih dan bibit tanaman, serta perlengkapan berkebun lainnya yang sanggup Anda coba di rumah. 😉



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Manfaat Air Hujan Untuk Tanaman"

Posting Komentar