√ Macam Dan Jenis Pembagian Terstruktur Mengenai Pranata Sosial

Macam Jenis Klasifikasi Pranata Sosial - Dalam kehidupan masyarakat, berbagai terdapat pranata sosial. Penganekaragaman pranata-pranata sosial tersebut berbeda-beda antara orang satu dengan yang Iainnya.

Menurut Koentjarainingrat, ada delapan macam pranata sosial, yaitu sebagai berikut.
1. Pranata sosial yang bertujuan memenuhi kebutuhan kehidupan kekerabatan, contohnya keluarga.
2. Pranata sosial yang bertujuan memenuhi kebutuhan insan untuk mata pencaharian, contohnya pertanian.
3. Pranata sosial yang bertujuan memenuhi kebutuhan pendidikan, contohnya TK, SD, SMP, dan SMA.
4. Pranata sosial yang bertujuan memenuhi kebutuhan ilmiah manusia, contohnya i1mu pengetahuan.
5. Pranata sosial yang bertujuan memenuhi kebutuhan rohanil batiniah dalam menyatakan rasa keindahan dan rekreasi, contohnya seni rupa, seni lukis.
6. Pranata sosial yang bertujuan memenuhi kebutuhan insan untuk bekerjasama dengan Tuhan atau alam gaib, contohnya masjid, gereja, pura, wihara.
7. Pranata sosial yangbertujuan memenuhikebutuhan untuk mengatur kehidupan berkelompk-kelompok/bernegara, contohnya pemerintahan, partai politik.
8. Pranata sosial yang bertujuan mengurus kebutuhan jasmani rnanusia, contohnya pemeliharaan kesehatan dan kecantikan.


beda antara orang satu dengan yang Iainnya √ MACAM DAN JENIS KLASIFIKASI PRANATA SOSIAL




Keluarga merupakan kesatuan kelompok terkecil dalam masyarakat. Semua masyarakat niscaya ada keluarga. Menurut Robert M.Z. Lawang, keluarga mempunyai empat karakteristik, yaitu.
a. terdiri atas orang.orang yang bersatu alasannya yaitu ikatan,
b. anggota keluarga hidup bersama dalam satu rumah dan membentuk rumah tangga,
c. merupakan satu kesatuan orang yang berinteraksi dan berkomunikasi,
d. melakukan dan mempertahankan kebudayaan yang sama.

Sebagai sebuah pranata sosial, agama berarti sistem iman dan praktik keagamaan yang penting dari masyarakat yang telah dilakukan dan dirumuskan serta yang dianut secara luas dan dipandang sebagai perlu dan benar. Pranata agama merupakan salah satu pranata yang sangat panting dalam mengatur kehidupan masyarakat. Pranata agama merupakan pranata sosial tertua. Pranata agama memperlihatkan petunjuk serta kaidah-kaidah bagi umat insan untuk memenuhi kebutuhan akan rasa kondusif dan kesegaran rohani pemeluknya. Setiap agama menginginkan umatnya untuk memperoleh keselamatan dunia dan akhirat.

3. Pranata Ekonomi
Pranata ekonomi yaitu bab dari pranata sosial yang bersangkut paut dengan pengaturan bidang ekonomi supaya ketertiban masyarakat tetap terpelihara. Ekonomi diartikan sebagai segala hal yang berkaitan dengan produksi, distribusi dan konsumsi.
a. Produksi
b. Distribusi dan Pemasaran
c. Konsumsi

Pendidikan yaitu suatu proses yang dilakukan masyarakat untuk meyebarkan pengetahuan, nilai, norma, dan ideologi untuk mempersiapkan para generasi muda dalam mengambil alih tugas generasi renta dan generasi muda mengambil tugas yang baru. berdasarkan William Kornblum pendidikan sebagai pranata sangat penting untuk membentuk kepribadian seseorang. Melalui pendidikan, seseorang akan lebih bisa mengikuti keadaan dengan perubahan yang terjadi dan mempunyai wawasan yang luas sehingga tujuan hidup akan tercapai.

Setiap negara niscaya mempunyai politik yang dijalanlan dalam penyelenggaraan negara. Dalam melakukan polilik, niscaya ada pranata-pranata politik yang dilakukan. Pranata politik merupakan pranata yang mempunyai acara dalam suatu nagara yang berkaitan dengan proses untuk memilih dan melakukan tujuan negara, dalam hal ini yaitu pemerintah negara. Pranata politik mempunyai beberapa norma dan status yang bekerjasama dengan kekuasaan dan otoritas.


Sumber http://www.ssbelajar.net/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "√ Macam Dan Jenis Pembagian Terstruktur Mengenai Pranata Sosial"

Posting Komentar