Cara Menciptakan Bonsai Pohon Asem

Tahukah Anda jikalau tanaman pohon asem atau pohon asam jawa merupakan salah satu pilihan terbaik untuk dijadikan tumbuhan bonsai? Mengapa? Karena pohon asam mempunyai struktur batang alot atau giat yang tidak gampang patah sehingga sanggup dengan gampang dibuat sesuai harapan Anda. Selain itu, proses pembuatannya pun tidak sulit, sehingga bukan jago bonsai saja yang sanggup membuatnya, bahkan pecinta bonsai amatiran pun bisa membuat bonsai pohon asam sendiri.


 merupakan salah satu pilihan terbaik untuk dijadikan tumbuhan bonsai Cara Membuat Bonsai Pohon Asem


Bonsai pohon asam sanggup dibuat dari biji yang disemaikan, mencangkok pohon asem yang sudah besar atau mengambil bakalan bonsai dari kawasan asalnya. Yang perlu digaris bawahi, pohon asam jawa tidak sanggup ditanam dengan cara stek. Pada dasarnya, pohon ini menyukai tanah yang berdrainase lancar. Makara alangkah lebih baik jikalau ditanam pada tanah yang berkapur atau berpasir. Dengan begitu, tunas-tunas gres akan cepat bermunculan. Pada ulasan kali ini, Saya akan memperlihatkan kiat-kiat bagaimana cara menciptakan bonsai pohon asam jawa dari biji. Bagi yang sudah penasaran, eksklusif saja ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.


Menanam Biji Asam Jawa



  • Langkah pertama yang perlu dilakukan yakni pemilihan biji yang akan ditanam. Pilih biji asam jawa yang sudah renta atau yang sudah masak.

  • Siapkan bejana atau mangkuk yang berisi air, kemudian rendam biji asam jawa tersebut selama satu minggu. Perendaman ini dilakukan semoga cangkang biji asam yang tebal dan keras sanggup mengelupas dari bijinya.

  • Setelah cangkang bijinya mengelupas, angkat biji asam jawa tersebut dari rendaman air kemudian rendam kembali pada wadah lain yang berisi larutan pupuk khusus pertumbuhan.

  • Selanjutnya, tanam biji pada polybag atau pot yang sudah diisi media tanam. Media tanam yakni komposisi tanah, pupuk kandang, pasir dan kompos. Tanam biji tersebut ke dalam media tanam namun jangan menimbunnya terlalu dalam. Tunggu sampai bijinya mulai berkecambah dan mulai tumbuh lebih besar. Dalam keadaan ini, pohon asam jawa Anda sudah siap dijadikan bakalan bonsai pohon asem.


Membentuk dan Merawat Bonsai Pohon Asam Jawa


Setelah tumbuhan bonsai Anda sudah tumbuh cukup besar, maka sanggup dicangkok. Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikut ini:



  • Pilihlah bentuk bonsai yang Anda kehendaki. Ada beberapa macam bentuk bonsai pohon asem, diantaranya bentuk bonsai sarung angin, bentuk tegak berkelok-kelok, bonsai akar terjalin, bonsai miring ke kiri, miring ke kanan dan lain sebagainya. Setiap bentuk-bentuk tersebut mempunyai daya tarik dan nilai estetikanya masing-masing.

  • Atur diameter batang, bab bawah lebih besar dan bab atas semakin kecil. Seimbangkan antara yang kiri dan kanan.

  • Dahan yang baik yakni dahan yang berada di bab puncak lengkungan batang pohon. Dahan yang berada di bab dalam lengkungan sanggup dipotong.

  • Tarik garis lurus dari pangkal batang sampai bab puncak pohon.

  • Pangkas ranting atau dahan yang rimbun secara rutin semoga tidak saling menutupi.

  • Selanjutnya, lakukan perawatan berupa penyiraman yang rutin beserta pemupukan. Pemupukan sanggup memakai pupuk organik menyerupai pupuk kandang, kompos dan materi organik lainnya.

  • Terakhir yakni pembentukan bonsai. Proses pembentukan bonsai asam jawa sanggup dipakai dengan proteksi kawat. Bentuklah sesuai model yang Anda kehendaki dengan membelit atau melilitkannya dengan kawat. Apabila sudah terbentuk, maka belitan kawat sanggup dihilangkan.


Nah, bonsai pohon asem Anda sudah jadi dan siap dipajang di pekarangan Anda. Tampilan bonsai asam jawa terlihat lebih menarik alasannya daun-daunnya yang kecil-kecil menambah kesan miniatur dari pohon ini. Lakukan terus perawatan dan jangan lupa lakukan juga pemangkasan rutin semoga bentuknya tidak berubah. Sekian ulasan kali ini. Selamat mencoba.


Kami juga menyediakan aneka macam perlengkapan bonsai dan tumbuhan yang sanggup dijadikan bonsai, silahkan kunjungi toko online kami di https://bibitbunga.com atau klik disini.



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Menciptakan Bonsai Pohon Asem"

Posting Komentar