Cara Menciptakan Bonsai Kelapa Bercabang

Bonsai merupakan seni bercocok tanam yang semakin banyak digilai oleh para pecinta tanaman hias. Bukan hanya sebab bentuknya yang unik dan menarik, namun juga sanggup menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Ada banyak sekali macam tumbuhan yang sanggup dibentuk menjadi bonsai, salah satunya yakni pohon kelapa. Pohon kelapa sanggup disulap menjadi bonsai kelapa bercabang atau bonsai kelapa mini. Bonsai ini mengundang banyak perhatian mengingat intinya pohon kelapa tumbuh dengan pohonnya yang tegak dan menjulang tinggi.


Bonsai merupakan seni bercocok tanam yang semakin banyak digilai oleh para pecinta  Cara Membuat Bonsai Kelapa Bercabang
Tanaman bonsai kelapa bercabang atau bonsai kelapa mini.

Membuat tumbuhan raksasa ini menjadi mungil tentunya tidaklah mudah, oleh sebab itu bonsai kelapa bercabang sanggup dibandrol dengan harga jual yang sangat tinggi. Namun bagi para kolektor bonsai, hal ini sama sekali tidak menjadi masalah. Berapa pun harganya, mereka tetap membelinya. Nah, bagaimana dengan Anda yang menginginkan bonsai kelapa ini tapi terkendala biaya? Tidak perlu sedih. Pada artikel ini Saya akan menunjukkan cara menciptakan bonsai kelapa bercabang. Seperti yang Saya katakan tadi, cara membuatnya tidaklah mudah. Namun bekerjsama tidak ada yang sulit jikalau ada kemauan. Yang terpenting hanyalah ketelitian dan kehati-hatian semoga hasil yang di dapatkan nantinya akan memuaskan.


Baiklah, untuk menciptakan bonsai kelapa bercabang ada beberapa tahap yang perlu Anda ikuti. Silahkan baca dengan secama tahap-tahapnya di bawah ini.


Tahap Pertama


Pilihlah bibit yang baik semoga cepat bertunas. Dalam pemilihan bibit ini, disarankan menentukan kelapa yang sudah renta dan sebaiknya diambil pribadi dari pohonnya. Karena kelapa renta yang sudah terjatuh di tanah, balasannya akan kurang baik. Sedangkan yang dipetik pribadi dari pohon sanggup bertunas dengan cepat. Selain itu, pilih kelapa renta yang ukurannya tidak terlalu kecil juga tidak terlalu besar.


Setelah pemilihan bibit, Anda tinggal menunggu beberapa waktu hingga kelapa renta Anda mengeluarkan tunasnya. Cara semoga bibit sanggup cepat bertunas yakni coba tempatkan kelapa renta tersebut di atas tanah yang mengandung banyak air dan bersuhu lembab.


Tahap Kedua


Bonsai merupakan seni bercocok tanam yang semakin banyak digilai oleh para pecinta  Cara Membuat Bonsai Kelapa Bercabang


Setelah bibit Anda bertunas, langkah selanjutnya yakni mengupas sabut kelapanya. Pengupasan sabut kelapa sanggup dimulai dengan menciptakan sayatan-sayatan dari ujung ke ujung dengan memakai pisau tajam. Sayat dengan hati-hati jangan hingga mengenai tunsa dan akarnya yang gres tumbuh. Sayatan-sayatan ini akan memudahkan Anda mengupas seluruh sabut kelapanya, kupas hingga batoknya higienis dari sabut yang menyelubunginya.


Tahap Ketiga


Bonsai merupakan seni bercocok tanam yang semakin banyak digilai oleh para pecinta  Cara Membuat Bonsai Kelapa Bercabang


Selanjutnya, dikala batok sudah higienis dari sabut kelapa, langkah ketiga yakni kerok batok kelapa tersebut dengan memakai pisau. Kerok seluruh batoknya hingga bulu-bulu halus bekas sabut hilang semuanya. Lakukan hingga terlihat licin dan mengkilap, sanggup juga dengan memakai amplas.


Tahap Keempat


Berikutnya yakni menyiapkan media tanam. Pada tahap ini Anda perlu menyiapkan pot berukuran kecil. Isi wadah pot tersebut dengan tanah, pasir dan pupuk kandang. Gunakan perbandingan 2:1:1. Setelah itu, Anda juga memerlukan botol minuman bekas. Potong potongan kelapanya dengan tinggi 5 cm. Pergunakan botol bekas tersebut untuk menutup tunas kelapa pertumbuhan tunasnya sanggup berkembang lebih cepat.


Tahap Kelima


Tahap berikutnya yakni penanaman kelapa ke dalam media tanam. Caranya, masukkan kelapa bertunas Anda ke dalam pot yang telah diisi dengan media tanam dengan hati-hati. Letakkan dalam posisi horisontal. Masukkan akar-akar kelapa tersebut di dalam media tanam tanpa membuatnya terputus.


Tahap Keenam


Tahap selanjutnya yakni dikala tunas bonsai Anda sudah mulai tumbuh dan mengeluarkan daunnya, daun yang gres tumbuh dan belum terbuka itu harus dipotong. Potong dengan memakai pisau atau gunting tanaman. Perlakuan ini dilakukan semoga daun kelapa tersebut tidak tumbuh ke arah atas. Perlakukan ini dilakukan pada setiap daun yang gres tumbuh, sebelum terbuka daunnya, maka potonglah. Dengan begitu, tampilan bonsai kelapa Anda akan tetap mungil dan terlihat menarik.


Tahap Ketujuh


Saat tumbuhan bonsai kelapa Anda sudah setinggi 15 cm – 20 cm, biasanya tunas-tunas gres akan mulai bermunculan. Untuk itu, yang harus Anda lakukan yakni memotong habis tunas-tunas gres tersebut. Pada tahap ini, kehati-hatian penuh harus Anda lakukan, jangan hingga dikala memotong tunas baru, Anda menggores atau melukai tumbuhan bonsai kelapa Anda. Lakukan tahap ini secara rutin minimal 3 kali sehari, sebab biasanya tunas gres akan tumbuh dalam waktu 3 hari.


Tahap Kedelapan


 


Bonsai merupakan seni bercocok tanam yang semakin banyak digilai oleh para pecinta  Cara Membuat Bonsai Kelapa Bercabang


Jika Anda sudah menuntaskan tahap ketujuh, itu artinya tumbuhan bonsai kelapa Anda sudah mulai tumbuh dengan bentuknya yang sempurna. Tahap terakhir yakni melaksanakan penyiraman dan pemupukan. Proses penyiraman dilakukan rutin pada pagi dan sore hari. Untuk hasil terbaik, penyiraman dilakukan dengan air larutan garam atau vetcin. Pada isu terkini kemarau, takaran penyiraman sanggup ditambah semoga tumbuhan bonsai Anda tidak mati kekeringan.


Untuk pemupukan, dilakukan tiap 15 hari sekali semoga tanahnya tetap gembur. Jangan lupa semprotkan insektisida atau herbisida untuk mencegah hama atau penyakit tanaman. Untuk menciptakan tumbuhan bonsai kelapa Anda sanggup cepat berbuah, Maka jangan tinggalkan perawatannya. Perawatan berupa penyiraman, santunan nutrisi atau pempukan ibarat apa yang telah dijelaskan di atas dan jangan lupa pemangkasan yang rutin pada ranting.


Nah, itulah sedikit ulasan wacana tahap-tahap menciptakan bonsai kelapa bercabang atau yang juga dikenal dengan bonsai kelapa mini. Tidak simpel memang, tapi kerja keras Anda niscaya akan terbayar dengan kepuasan tiada tara dikala menyaksikan tumbuhnya bonsai buatan tangan Anda sendiri. Sesuatu yang dibentuk sendiri biasanya lebih berharga bukan? Sekian ulasan kali ini. Semoga sanggup menjadi ilham teman-teman pecinta bonsai. Terima kasih dan selamat mencoba!! 😀


Kami juga menyediakan banyak sekali macam peralatan bonsai dan juga tumbuhan yang sanggup dijadikan bonsai. Silahkan kunjungi website kami di https://bibitbunga.com atau klik disini. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai tumbuhan bonsai, silahkan baca artikel yang telah kami buat disini.



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Menciptakan Bonsai Kelapa Bercabang"

Posting Komentar