Surat Muatan Udara (Airway Bill)

Pengertian Surat Muatan Udara

Surat muatan udara atau airway bill atau consignment note yaitu tanda terima yang dikeluarkan oleh sebuah maskapai penerbangan internasional untuk barang dan bukti kontrak pengangkutan.
Air waybills mempunyai sebelas digit angka yang sanggup dipakai untuk melaksanakan pemesanan, mengecek status pengiriman, dan posisi pengiriman dikala ini.

Air waybills dikeluarkan dalam 8 set warna yang berbeda. Tiga salinan pertama diklasifikasikan sebagai dokumen asli.

Warna orisinil pertama berwarna hijau yaitu salinan Issuing Carrier.
Yang kedua, berwarna pink, yaitu Copy dari Consignee.
Yang ketiga, berwarna biru, yaitu salinan Pengirim.
Salinan coklat keempat bertindak sebagai Tanda Terima Pengiriman, atau bukti pengiriman.
Tiga salinan lainnya berwarna putih.

Format Surat Muatan Udara

Format waybill udara telah dirancang oleh IATA dan ini sanggup dipakai untuk transportasi domestik maupun internasional. Ini tersedia dalam dua bentuk, yaitu. logo maskapai penerbangan dilengkapi waybill udara dan waybill udara netral. Biasanya, waybill udara maskapai didistribusikan ke biro kargo IATA oleh maskapai penerbangan IATA.
Format SMU :
nama pembawa
alamat kantor pusatnya
Logo nya
nomor saluran udara tercetak nomor sebelas digit Hal ini juga memungkinkan untuk menuntaskan waybill udara melalui sistem komputerisasi. Agen-agen di seluruh dunia kini memakai sistem komputer in-house mereka sendiri untuk mengeluarkan busana udara maskapai penerbangan dan pengirim barang sendiri. Agen kargo IATA biasanya menampung waybills udara dari beberapa operator. Namun, secara sedikit demi sedikit menjadi sulit untuk mengakomodasi waybills udara pra-bernomor ini dengan identifikasi cetak di sistem komputer. Oleh sebab itu waybill udara netral diciptakan. Kedua jenis waybills udara mempunyai format dan tata letak yang sama. Namun, waybill udara netral tidak mengandung nama individu, alamat kantor pusat, logo dan nomor seri pra cetak.

Fungsi Surat Muatan Udara

Fungsi utama dari tagihan jalan nafas adalah:

Kontrak Pengangkutan
Dibalik setiap orisinil Air Waybill yaitu kondisi kontrak untuk pengangkutan.

Bukti Penerimaan Barang
Saat pengirim mengantarkan barang untuk diteruskan, ia akan menerima tanda terima. Tanda terima yaitu bukti bahwa pengiriman diserahkan dalam keadaan baik dan kondisinya dan juga bahwa aba-aba pengiriman, sebagaimana tercantum dalam Letter of Instructions, sanggup diterima. Setelah selesai, salinan orisinil waybill udara diberikan kepada pengirim sebagai bukti penerimaan barang dan sebagai bukti kontrak pengangkutan.

Bill Pengangkutan
The waybill udara sanggup dipakai sebagai tagihan atau faktur bersama dengan dokumen pendukung sebab sanggup mengindikasikan biaya yang harus dibayar oleh akseptor barang, biaya sebab biro atau pengangkut.

Salinan orisinil waybill udara dipakai untuk akuntansi pembawa Sertifikat Asuransi
The waybill udara juga sanggup berfungsi sebagai bukti kalau pembawa berada dalam posisi untuk menjamin pengiriman dan diminta untuk melakukannya oleh pengirim.

Deklarasi Bea Cukai
Meskipun otoritas bea cukai memerlukan aneka macam dokumen menyerupai faktur komersial, daftar pengepakan, dll., Waybill udara juga merupakan bukti jumlah pengangkutan yang ditagihkan untuk barang yang dibawa dan mungkin perlu diajukan untuk bea cukai.

Sekian artikel kali ini. Mohon maaf apabila ada salah salah kata.
Akhir kata wassalamualaikum wr. wb.
Referensi :
  • Wikipedia

Sumber http://matematikaakuntansi.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Surat Muatan Udara (Airway Bill)"

Posting Komentar