Rumus Jajar Genjang

Sobat  bangkusekolah.com, tema bahasan kali ini masih seputar luas bangkit datar. Dan kali ini yang akan kita bahas bahu-membahu yaitu rumus jajar genjang, yaitu bagaimana cara menghitung keliling serta luas sebuah bangkit jajar genjang. Yang mana ibarat diketahui, sifat jajar genjang ialah sisi-sisinya yang berhadapan yaitu sama panjang serta sejajar. Nah, dari sifat jajargenjang tersebut sanggup disimpulkan bila dalam mencari keliling serta luas jajargenjang. Untuk lebih jelasnya lagi, simak ulasan dibawah ini.


Rumus Jajar Genjang


1. Keliling Jajar Genjang


Untuk mempermudah kalian dalam memahami, perhatikan pola gambar berikut.


 tema bahasan kali ini masih seputar luas bangkit datar Rumus Jajar Genjang

Keliling Jajargenjang


Seperti diketahui, dalam mencari keliling bangkit datar yaitu dengan menghitung jumlah panjang dari sisi-sisinya. Begitu pula pada ketika mencari keliling dari jajargenjang. Dari pola gambar di atas sanggup disimpulkan jika,


1.    Keliling dari KLMN yaitu KL + LM + MN + KN

2.    Keliling dari KLMN yaitu KL + LM + KL + LM

3.    Keliling dari KLMN yaitu 2(KL + LM)


2. Luas Jajar Genjang


Untuk mempermudah kalian dalam memahami bagaimana cara menghitung luas sebuah bangkit jajargenjang, mari ikuti bersama aktivitas berikut.


1.    Pertama-tama buatlah sebuah jajargenjang ABCD. Setelah itu, buat sebuah garis mulai dari titik D memotong tegak lurus garis AB di titik E dengan besar sudut 90°


 tema bahasan kali ini masih seputar luas bangkit datar Rumus Jajar Genjang

langkah 1


2.    Jika sudah, potong jajargenjang ABCDE sesuai dengan garis DE sampai terbentuk dua buah bangkit yakni segitiga AED serta segi empat EBCD


 tema bahasan kali ini masih seputar luas bangkit datar Rumus Jajar Genjang

Langkah 2


3.    Setelah itu, gabungkan bangkit AED sedemikian sampai sisi BC berimpitan dengan sisi AD. Untuk lebih jelasnya sanggup kalian lihat pada gambar di bawah ini.


 tema bahasan kali ini masih seputar luas bangkit datar Rumus Jajar Genjang

Langkah 3


Dari aktivitas singkat di atas, terbentuk bangkit gres persegi panjang dengan CD sebagai panjangnya dan DE sebagai lebarnya. Dan untuk mencari luas persegi panjang tersebut, maka sanggup kita cari dengan

Luas bangkit ABCD – panjang x lebar

L ABCD = CD x DE


Selain itu, sanggup disimpulkan juga bila luas jajargenjang dengan bantalan (a) dan tinggi (t) adalah


L = bantalan x tinggi

L = a x t


Perlu Diingat!


Alas pada bangkit jajar genjang yaitu salah satu sisi dari bangkit jajar genjang itu sendiri. Sedangkan tinggi dari bangkit jajar genjang yaitu tegak lurus dengan alas.


Nah, kini kalian coba perhatikan pola soal mengenai bagaimana cara menghitung keliling serta luas bangkit jajargenjang di bawah ini.


 tema bahasan kali ini masih seputar luas bangkit datar Rumus Jajar Genjang

Contoh Soal


Contoh 1


Berapakah luas jajargenjang yang mempunyai ukuran bantalan sebesar 14 cm serta tinggi sebesar 9 cm.

Penyelesaian Soal


Kita sanggup menciptakan analisa gambar ibarat dibawah ini


Alas = 14 cm

Tinggi = 9 cm, maka

Luas jajargenjang adalah

L = a x t

L –  14 x 9

L = 126 cm2

Jadi luas dari jajargenjang tersebut yaitu 126 cm2


Selain pola soal di atas, di bawah ini kami juga telah menyediakan beberapa sesi latihan soal yang sanggup sobat bangkusekolah.com coba semoga sobat semua lebih pahan dan mengerti.


Soal 1

Ada sebuah jajargenjang dengan luas sebesar 350 cm2. Diketahui, panjang alasnya yaitu 7x, sedangkan tingginya yaitu 2x. berapakah nilai x dan berapakah panjang bantalan dan tinggi dari bangkit jajargenjang tersebut.


Soal 2

Jajargenjang ABCD mempunyai keliling sebesar 1,8 m. Jika diketahui panjang AB yaitu (4x + 6) cm serta panjang BC yaitu (13x – 18) cm, maka berapakah nilai x dan berapakah panjang AB dan BC.


Demikian pembahasan perihal rumus jajar genjang, semoga bermanfaat bagi sahabat bangkusekolah.com. Jangan lupa dilike dan dishare ya, terima kasih.



Sumber https://bangkusekolah.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Rumus Jajar Genjang"

Posting Komentar