Biografi Avicenna, Dokter Termahsyur Sepanjang Abad



Oleh : Admin Gema

         
            Pada kesempatan ini admin mau mengulas perihal Avicenna, seorang dokter termahsyur sepanjang abad. Sosok Avicenna tidak hanya dikenal jago dibidang kedokteran.Namun, aliran dan karyanya mencakup banyak sekali bidang. Beliau lahir pada 370 hijriah atau bertepatan pada tahun 980 Masehi. Keilmuwan yang dimilikinya terbentang luas mulai dari kedokteran sampai filsafat. Avicenna sangat dikagumi dimasanya, sampai gelar kehormatan pun dinisbatkan kepada beliau. Itu semua dikarenakan keahlian dan kehebatannya dalam bidang medis tiada tanding.

       Al-Qanun fil Tabib telah diterbitkan di Roma tahun 1593 sebelum diterjemahkan kedalam bahasa Inggris dengan judul Precepts of Medicine dalam jangka 1 kala buku ini telah mengalami cetak ulang ke dalam 15 bahasa di dunia.

           Pada kala 17 sampai 19 , buku ia dijadikan acuan di seluruh universitas-universitas di Italia dan Perancis serta menimbulkan buku wajib bagi mahasiswa kedokteran di Eropa. Selain kehebatannya di bidang kedokteran ia juga sangat jago dibidang filsafat. Salah satu karya spektakulernya di bidang filsafat ialah al-Najah yang sangat kental oleh aliran Al-Farabi dan Aristoteles.

         Pengaruh aliran Yunani sanggup dirasakan disetiap karya yang ditelurkan oleh Avicenna mulai dari kedokteran sampai filsafat. Avicenna juga pernah beropini bahwa matematika boleh dipakai untuk mengenal Tuhan. Pandangan menyerupai ini juga pernah dikemukakan oleh Pythagoras, matematikawan asal Yunani.

Salam Sukses Sejati, biar bermanfaat dan sering-sering berkunjung ya... :-)


Sumber http://gemarmatematika21.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Biografi Avicenna, Dokter Termahsyur Sepanjang Abad"

Posting Komentar