Rumus Daya Dan Pola Soalnya Dalam Ilmu Fisika


Senang sanggup berjumpa lagi sobat BT. OM BT minta maaf nih gres nongol hehehe. Hari ini OM BT bakalan posting tentang Rumus Daya dan Contoh Soalnya dalam Ilmu FisikaMelihat ekspresi dominan request sobat BT, banyak yang meminta postingan perihal ilmu-ilmu fisika sehingga OM BT bakal sharing secara bersiklus perihal hal ini.

Dalam fisika, daya yaitu kecepatan melaksanakan kerja. Daya sama dengan jumlah energi yang dihabiskan per satuan waktu. Dalam sistem SI, satuan daya yaitu joule per detik (J/s), atau watt untuk menghormati James Watt, penemu mesin uap masa ke-18. Daya yaitu besaran skalar.

Integral daya terhadap waktu mendefinisikan kerja yang dilakukan. Karena integral tergantung lintasan dari gaya dan torsi, maka perhitungan kerja tergantung lintasan.

Daya sanggup diwakili oleh persamaan :

P = W / t
Daya = Usaha / Waktu

Dalam persamaan ini, perjuangan diukur dalam joule (J) dan waktu diukur dalam detik (s), sehingga daya dinyatakan dalam joule per detik (J / s). Ini yaitu satuan SI untuk daya, juga dikenal sebagai watt (W). Satu watt sama dengan 1 joule perjuangan per detik. Sahabat BT mungkin sudah bersahabat dengan istilah watt. Bohlam dan peralatan rumah tangga menyerupai kulkas, rice cooker, dll  diberi label dengan watt untuk menandai seberapa besar konsumsi listrik alat-alat tersebut.

Contoh, jikalau sobat BT mempunyai dua bohlam dari jenis yang sama, jikalau satu bohlam tertera daya 10 watt dan yang lainnya yaitu 25 watt, manakah yang menghasilkan cahaya yang paling terang? maka jawabnya yaitu bohlam 25 watt terang lebih kuat, sehingga menghasilkan cahaya lebih terang

Cara Menghitung Daya dari Usaha dan Waktu

Daya sanggup dihitung dengan memakai rumus di atas jikalau jumlah perjuangan dan waktu telah diketahui. 

Sebagai contoh, asumsikan bahwa microwave sobat BT melaksanakan perjuangan 10.000 joule dalam 50 detik. Maka daya microwave sobat BT yaitu sbb:

Daya = Usaha / Waktu = 10000 J/50 s = 200 J / s, atau 200 Watt

Contoh lain, jikalau rice cooker sobat BT melaksanakan perjuangan 5.000 joule dalam 5 detik. Berapa dayanya ?
Daya = 4000 J/10 s = 100 J / s, atau 400 Watt

Dalam ilmu fisika, daya (P) membutuhkan perubahan pada benda (W) dan waktu (s) yang spesifik saat perubahan muncul. Hal ini berbeda dengan konsep kerja, yang hanya mengukur perubahan kondisi benda. Misal, kerja yang dilakukan seseorang yaitu sama saat mengangkat beban ke atas tidak peduli beliau lari atau sedang berjalan, namun diharapkan daya lebih besar untuk berlari alasannya kerja dilakukan pada waktu yang lebih singkat.

Misalkan daya keluaran motor listrik yaitu hasil perkalian antara torsi yang dihasilkan motor dengan kecepatan sudut dari tangkai keluarannya. Daya pada kendaraan bergerak yaitu hasil kali gaya traksi roda dengan kecepatan kendaraan. Kecepatan di mana bohlam lampu mengubah energi listrik menjadi cahaya dan panas diukur dalam watt—semakin tinggi nilainya, maka diharapkan energi listrik per satuan waktu yang makin banyak. [BT]

Sumber http://www.blogteknisi.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Rumus Daya Dan Pola Soalnya Dalam Ilmu Fisika"

Posting Komentar