Perbandingan Alat Cat : Kuas Vs Roller Vs Sprayer

Kuas, Roller dan Sprayer (Penyemprot) ialah tiga alat utama yang paling sering dipakai dalam pekerjaan mengecat. Setiap alat mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Berikut ini Arsitur akan membahas perbandingan antara alat cat kuas, roller dan spayer beserta kelebihan dan kekurangannya masing-masing :

 ialah tiga alat utama yang paling sering dipakai dalam pekerjaan mengecat Perbandingan Alat Cat : Kuas vs Roller vs Sprayer
Perbandingan Alat Cat : Kuas vs Roller vs Sprayer

01. Kuas (Brush)

Alat mengecat dan melukis tertua yang dikenal manusia, kuas cat sering dibayangi oleh roller dan sprayer alasannya kemampuan mereka untuk menangani proyek yang lebih besar. Namun, kuas masih mempunyai kegunaannya dan masih sanggup menangani beberapa kiprah lebih baik daripada saudara-saudaranya yang lebih muda.

Kelebihan

Karena kuas cat dirancang semoga sesuai dengan ruang sempit, mereka sangat baik saat dipakai mengecat area kecil, detail halus, dan tekstur yang ditemukan pada dekorasi, tepi, dan sudut. Alat yang jauh lebih tepat daripada sprayer atau roller, kuas memungkinkan kontrol yang lebih baik dan untuk menutupi celah dan tepi.

Ada aneka macam ukuran dan bentuk yang tersedia, sehingga Anda selalu sanggup menemukan kuas yang tepat untuk hampir semua proyek. Cat yang diaplikasikan dengan kuas menampilkan daya rekat yang baik dan cakupan yang seragam.

Kekurangan

Di sisi lain, cara kuas dalam melaksanakan pengecatan tidak lebih cepat dan bisa menjadi kiprah yang sulit, memakan waktu, dan menuntut fisik yang akan menciptakan Anda kelelahan dalam banyak kasus. Proses mengecat monoton dan membosankan dengan kuas ialah apa yang mengilhami inovasi roller cat dan sprayer cat, sehingga fakta seharusnya tidak mengejutkan.

Sejauh ini, kuas ialah metode pengecatan paling lambat alasannya membutuhkan lebih dari satu lapisan untuk mencapai dampak yang diinginkan. Terkadang, kuas sanggup bermasalah dengan sudut dan celah kalau Anda tidak mempunyai ukuran atau gaya yang tepat dan kuas cenderung meninggalkan bekas ukiran saat Anda selesai mengecat.

02. Roller

Alat yang satu ini telah usang menjadi favorit kontraktor cat dan pemilik rumah sendiri. Upgrade utama dari kuas cat tradisional, roller ini bisa menangani proyek-proyek yang lebih besar, tetapi tidak cukup besar menyerupai tugas-tugas yang ditugaskan untuk sprayer/semprotan.

Kelebihan

Dirancang untuk mengecat area eksterior atau interior besar menyerupai kamar tidur utama, ruang makan, dan ruang tamu. Roller memungkinkan Anda untuk menutupi area yang luas dalam jumlah waktu yang lebih singkat. Karena ada kemungkinan pengurangan gerakan yang lebih sedikit, lebih sedikit peralatan dariada spayer.

Roller gampang diambil dan dipakai oleh siapa saja dan dengan harga yang jauh lebih rendah. Jika Anda tidak bisa mendapat permukaan yang higienis sebelumnya, roller sanggup mengatasinya dengan meletakkan lapisan awal tebal yang memungkinkan cat untuk mengikat lebih baik dengan permukaan.

Kekurangan

Tidak menyerupai sprayer atau penyemprot yang bisa masuk ke tempat-tempat yang paling sulit dijangkau dan mengisi ketidaksempurnaan semua ukuran, roller sedikit lebih menyerupai buldoser dan tidak mempunyai sentuhan halus saat mengerjakan permukaan terperinci.

Rol sanggup meninggalkan tetesan dan cat yang terkumpul di suatu area. Walaupun roller ini sangat berkhasiat di dalam ruangan, roller tidak mempunyai kekuatan yang dibutuhkan untuk menangani sebagian besar pekerjaan eksterior, menyerupai mengecat sisi rumah Anda. Meskipun cukup gampang digunakan, para pemula pada awalnya mungkin merasa kesulitan untuk mengaplikasikan cat secara merata.

03. Sprayer (Pistol Semprot)

Jika Anda pernah menangani pekerjaan berskala besar menyerupai mengecat rumah Anda, Anda mungkin pernah memakai sprayer atau penyemprot cat. Meskipun dulunya terbatas pada para profesional, kini ada aneka macam penyemprot cat yang tersedia bagi siapa saja untuk dibeli dengan harga yang relatif terjangkau.

Kelebihan

Dengan kemampuannya untuk menutupi area yang luas dengan sangat cepat dan efisien, sprayer cat menjadi penting untuk mengecat eksterior dengan batas yang jelas, terutama yang dengan permukaan berangasan atau rusak. Alat ini akan melukis dengan halus di celah, gundukan dan sudut yang biasanya ditemukan di rumah, geladak, dan pintu garasi.

Penyemprot cat sanggup mencapai kehalusan permukaan yang lebih tinggi dari kuas atau rol. Untuk mendapat setiap bab bangunan hanya membutuhkan satu lapisan untuk meninggalkan hasil yang halus tanpa ada tanda kuas dan jejak roll.

Kekurangan

Meskipun sprayer atau penyemprot cat melaksanakan pekerjaan dalam waktu singkat, Namun membutuhkan sejumlah besar persiapan sebelum Anda sanggup menggunakannya. Pembersihan menyeluruh juga tidak sanggup dihindari sesudah setiap penggunaan, menambah waktu yang diperlukan.

Sayangnya sprayer atau semprotan membuang cat lebih banyak daripada kuas dan roller alasannya sebagian terbang ke udara. Alat ini bukan pilihan mudah untuk pekerjaan kecil atau dinding interior. Selain itu semburan cat terkadang tidak bisa dikendalikan dan meluapi permukaan lainnya yang mungkin tidak kita inginkan terkena cat.

Kesimpulan

Selama Anda mau menempelkan lembaran plaster di dinding dan Anda punya anggaran besar untuk cat, sprayer atau penyemprot pantas dipertimbangkan. Alat ini mempunyai keunggulan, tetapi ini bukan pengganti yang mudah untuk kuas dan rol. Masing-masing punya fungsi tersendiri dan tak tergantikan satu sama lain. Semoga bermanfaat dan sanggup menambah wawasan Anda mengenai aneka macam alat untuk mengecat.

Sumber http://www.arsitur.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Perbandingan Alat Cat : Kuas Vs Roller Vs Sprayer"

Posting Komentar