Peranan Virus Dalam Kehidupan Manusia

Halo sahabat bangkusekolah.com, kali ini kita akan membahas mengenai peranan virus bagi manusia. Peranan virus ada dua macam, yaitu virus yang menguntungkan insan dan virus yang merugikan manusia. Untuk lebih jelasnya, simak uraian mengenai klarifikasi keduanya.


1. Peranan Virus yang Menguntungkan


a. Membuat antitoksin


Misalnya DNA virus digabungkan dengan gen yang mengendalikan sifat menguntungkan. Apabila virus menginfeksi bakteri, maka di dalam sel basil terkandung gen yang menguntungkan.


 yaitu virus yang menguntungkan insan dan virus yang merugikan insan Peranan Virus Dalam Kehidupan Manusia


b. Melemahkan bakteri


Contohnya pada virus yang menyerang basil patogen. Jika DNA virus lisogenik masuk ke dalam DNA basil patogen, maka basil tersebut menjadi tidak berbahaya.


c. Memproduksi vaksin


Vaksin yaitu patogen yang telah dilemahkan sehingga tidak menyerang manusia. Saat badan insan diberi vaksin, badan insan akan memproduksi antibodi.


2. Peranan virus yang merugikan


Beberapa penyakit insan disebabkan oleh virus. Adapun aneka macam macam penyakit itu yaitu:


a. Mata belek


b. Influenza


c. Polio


d. Cacar


e. Hepatitis


f. Campak ( Morbili)


g. Rabies ( anjing gila)


h. Herpes Simplex


i. Gondong


j. Kanker


k. AIDS


l. Penyakit ebola


m. Demam berdarah


n. Cacar air dan Herpez Zoster


o. Pilek (selesma)


Pertahanan badan insan terhadap serangan virus:


Dalam badan manusia, ada system pertahanan sehingga apabila ada virus yang masuk ke dalam badan melalu mulut, hidung maupun kulit yang luka, eksklusif sanggup diatasi. Berikut ini macam pertahanan badan insan dalam menghadapi virus:


1. Cara yang pertama yaitu melalui pertahanan darah putih. Saat ada virus yang masuk, sel darah putih akan segera menyerang virus dan memakannya.


2. Cara yang kedua yaitu badan menghasilkan protein yang disebut antibodi. Protein absurd virus disebut pantogen. Saat antigen masuk ke dalam badan manusia, maka antibodi insan akan segera menyerang antigen tersebut.


Terbentuknya antibodi di dalam badan sanggup dirangsang secara buatan. Untuk merangsang insan menghasilkan antibodi, badan insan diberi vaksin atau bibit penyakit yang dilemahkan. Selain badan akan menghasilkan antibody, badan akan kebal terhadap serangan penyakit. Vaksin merangsang sel-sel limfosit untuk menghasilkan antibodi sehingga vaksin sanggup meningkatkan sistem kekebalan tubuh.


Selain menyerang manusia, virus juga menyerang hewan. Contohnya sebagai berikutL:


1. Rabies pada anjing, kucing dan monyet.


2. Penyakit kuku dan ekspresi pada sapi dan kerbau. Akibatnya, binatang yang terkena peyakit ini tidak sanggup berjalan dan tidak sanggup makan.


3. Penyakit sampar ayam (tetelo). Ayam yang terjangkit penyakit ini akan diare, muntah-muntah kemudian mati. Apabila ayam sanggup sembuh, maka akan kehilangan keseimbangan dengan kepala tertekuk dan berputar-putar.


Selain itu,, tumbuhan juga sanggup terjangkit virus. Penyakit pada tumbuhan lantaran virus biasanya diakibatkan oleh serangga yang menularkan virus dari tumbuhan yang lain ke tumbuhan yang satunya. Virus tersebut sangat berbahaya dan sulit untuk diberantas.


Misalnya:


1. Penyakit mosaik pada tembakau, tomat, kentang. Keadaan daun tumbuhan yang terkena virus ini mengalami bercak-bercak warna kuning. Penyebaran penyakit ini dilakukan oleh serangga.


2. Penyakit degenerasi pembuluh tapis pada jeruk. Sebaiknya tumbuhan yang terkena penyakit virus ini segera dicabut dan dibakar. Jika dibiarkan, maka tumbuhan yang lain sanggup ikut tertular akhir serangga.


3. Penyakit kredil pada padi. Virus ini menyebabkan pertumbuhan tumbuhan padi terhambat. Wereng yaitu binatang yang berbagi penyakit kerdil ini.


Bagaimana sahabat bangkusekolah.com? Sudah tahu bukan bahwa ternyata peranan virus ada yang menguntungkan dan merugikan. Jangan lupa like dan share ya..



Sumber https://bangkusekolah.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Peranan Virus Dalam Kehidupan Manusia"

Posting Komentar