Keindahan Matematika Dari Segi Grafis



Oleh : Admin Gema

Bagi kita yang masih awan mungkin akan berkata dan berpikir bahwa matematika dan seni ialah lahan yang berbeda. Apakah konsep ini benar? Untuk menjawab pertanyaan ini, tentu butuh pengkajian yang matang dan mendalam. Setelah membaca dari beberapa sumber ternyata matematika dan seni saling berkaitan dan tidak sanggup terpisahkan satu sama lain. Sebagai contoh, teori warna yang dipakai oleh seorang pelukis untuk mendapat warna yang pas merupakan perpaduan antara ilmu matematika dan seni. Karya seni apapun bentuk dan namanya bila dikreasikan dengan matematika akan menunjukkan kualitas yang tinggi terhadap karya itu sendiri. Untuk menguatkan argumen ini berikut ini kami sajikan keindahan matematika dalam seni grafis.

FRAKTAL 

Apakah fraktal itu? Fraktal ialah benda geometris yang bernafsu pada segala skala, dan terlihat sanggup dibagi-bagi secara radikal (dalam Budi Manfaat, 2010 : 132). Istilah fraktal sendiri dicetuskan oleh Mandelbrot yang diambil dari bahasa Latin : Fractus artinya “rusak atau patah atau tidak teratur”. Sebalum itu muncul pula istilah lain, yaitu bunga salju Koch atau kurva monster.
Ditinjau dari geometri, kita sanggup mengenal dan mempelajari diam-diam yang ada pada bentuk segitiga, persegi panjang maupun lingkaran. Begitupun bentuk-bentuk fraktal merupakan bab dari geometri yang dikenal dengan geometri fraktal. Dari geometri fraktal lalu berlanjut sampai melahirkan sebuah bidang seni gres berjulukan seni fraktal.

Contoh bentuk-bentuk fraktal sanggup anda lihat pribadi di sini.


Sumber http://gemarmatematika21.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Keindahan Matematika Dari Segi Grafis"

Posting Komentar