Mengenal Programmable Logic Control (Plc)


Dear sahabat BT, bahagia bisa jumpa lagi. Hari ini Om BT akan sharing article tentang Programmable Logic Control (PLC). Apa itu Programmable Logic Control (PLC) ?, simak goresan pena di bawah ini. 

Modernisasi teknologi ketika ini berkembangan dengan sangat pesat, tak terkeculi didunia industri yang merupakan ikon perkembangan tersebut. Berawal dari revolusi industri yang terjadi di Eropa beberapa tahun silam, insan selalu mencari dan mengharapkan segala sesuatunya sanggup berjalan dengan mudah. 

Otomatisasi merupakan syarat keberhasilan untuk mencapai cita-cita tersebut. Salah satu syarat itu ialah meningkatkan produktivitas dengan jalan otomatisasi proses mesin. Proses otomatisasi ialah pembuatan suatu proses yang sanggup dikendalikan secara otomatis sebagian atau keseluruhan. Cara dan upaya tersebut dilakukan untuk mengatasi waktu dan tenaga yang diperlukan.

Peningkatan produktivitas ini diterapkan dalam persaingan industri yang semakin meningkat terutama industri besar dan maju. Seiring dengan adanya perkembangan teknologi, maka perkembangan controller pada system pengendalian juga mengalami kemajuan pesat. Dimana pada mulanya memakai sistem control konvensional hingga hasilnya ditemukan teknologi gres yang memanfaatkan peralatan berbasis computer, salah satunya ialah Programable Logic Controller (PLC).

Seperti yang diungkapkan oleh Setiawan, Iwan (2006:1) ibarat berikut: Tak sanggup disangkal lagi bahwa PLC remaja ini telah memegang peranan penting pada sebagian besar sistem control di dunia perindustrian. Aplikasi PLC ini sanggup dijumpai pada banyak sekali indutri modern, mulai dari sistem pembakitan tenaga, pengecatan mobil, pengeboran, hingga indutri pengepakan makanan.

Kemampuan control dari PLC mempunyai kecepatan dan ketepatan yang tinggi secara keseluruhan sehingga efisiensi sanggup tercapai dalam persaingan industri. Efisiensi Industri berarti cepat dalam proses produksi, mengurangi pemakaian tenaga kerja dan peningkatan kualitas. Dengan memakai PLC sebagai system control, maka otomatisasi system control secara keseluruhan sanggup tercapai.

Sistem kontrol PLC mempunyai banyak laba dan kelebihan bila dibandingkan dengan memakai sistem kendali konvensional yang umumnya memakai relai-relai mekanik dan relai elektromagnetik yang masih mempunyai banyak kekurangan dan kelemahan. PLC banyak laba dan fasilitas alasannya bisa mengintegrasikan banyak sekali macam komponen yang bangun sendiri menjadi satu kesatuan yang berpadu dan sanggup melaksanakan modifikasi pada jadwal kontrolnya tanpa harus mengganti semua peralatan-peralatan yang sudah ada.

Sekilas Tetang PLC

Programmable Logic Controllers (PLC) adalah komputer elektronik yang gampang digunakan (user friendly) yang mempunyai fungsi kendali untuk banyak sekali tipe dan tingkat kesulitan yang beraneka ragam. Definisi Programmable Logic Controller berdasarkan Capiel (1982) ialah :sistem elektronik yang beroperasi secara dijital dan didisain untuk pemakaian di lingkungan industri, dimana sistem ini memakai memori yang sanggup diprogram untuk penyimpanan secara internal instruksi-instruksi yang mengimplementasikan fungsi-fungsi spesifik ibarat logika, urutan, perwaktuan, pencacahan dan operasi aritmatik untuk mengontrol mesin atau proses melalui modul-modul I/O dijital maupun analog.

Berdasarkan namanya konsep PLC ialah sebagai berikut :

1. Programmable, memperlihatkan kemampuan dalam hal memori untuk menyimpan jadwal yang telah dibentuk yang dengan gampang diubah-ubah fungsi atau kegunaannya.

2. Logic, memperlihatkan kemampuan dalam memproses input secara aritmatik dan logic (ALU), yakni melaksanakan operasi membandingkan, menjumlahkan, mengalikan, membagi, mengurangi, negasi, AND, OR, dan lain sebagainya.

3. Controller, memperlihatkan kemampuan dalam mengontrol dan mengatur proses sehingga menghasilkan output yang diinginkan.  

PLC ini dirancang untuk menggantikan suatu rangkaian relay sequensial dalam suatu sistem kontrol. Selain sanggup diprogram, alat ini juga sanggup dikendalikan, dan dioperasikan oleh orang yang tidak mempunyai pengetahuan di bidang pengoperasian komputer secara khusus. PLC ini mempunyai bahasa pemrograman yang gampang dipahami dan sanggup dioperasikan bila jadwal yang telah dibentuk dengan memakai software yang sesuai dengan jenis PLC yang digunakan sudah dimasukkan.Alat ini bekerja berdasarkan input-input yang ada dan tergantung dari keadaan pada suatu waktu tertentu yang kemudian akan meng-ON atau meng-OFF kan output-output. 1 memperlihatkan bahwa keadaan yang diharapkan terpenuhi sedangkan 0 berarti keadaan yang diharapkan tidak terpenuhi. PLC juga sanggup diterapkan untuk pengendalian sistem yang mempunyai output banyak.

Fungsi dan kegunaan PLC sangat luas. Dalam prakteknya PLC sanggup dibagi secara umum dan secara khusus. Secara umum fungsi PLC ialah sebagai berikut:

1. Sekuensial Control

PLC memproses input sinyal biner menjadi output yang digunakan untuk keperluan pemrosesan teknik secara berurutan (sekuensial), disini PLC menjaga biar semua step atau langkah dalam proses sekuensial berlangsung dalam urutan yang tepat.

2. Monitoring Plant

PLC secara terus menerus memonitor status suatu sistem (misalnya temperatur, tekanan, tingkat ketinggian) dan mengambil tindakan yang diharapkan sehubungan dengan proses yang dikontrol (misalnya nilai sudah melebihi batas) atau menampilkan pesan tersebut pada operator.    
                   
Sedangkan fungsi PLC secara khusus ialah sanggup menawarkan input ke CNC (Computerized Numerical Control). Beberapa PLC sanggup menawarkan input ke CNC untuk kepentingan pemrosesan lebih lanjut. CNC bila dibandingkan dengan PLC mempunyai ketelitian yang lebih tinggi dan lebih mahal harganya. CNC biasanya digunakan untuk proses finishing, membentuk benda kerja, moulding dan sebagainya.            

Prinsip kerja sebuah PLC ialah mendapatkan sinyal masukan proses yang dikendalikan kemudian melaksanakan serangkaian isyarat logika terhadap sinyal masukan tersebut sesuai dengan jadwal yang tersimpan dalam memori kemudian menghasilkan sinyal keluaran untuk mengendalikan aktuator atau peralatan lainnya. 

Demikian sedikit pengenalan tentang Programmable Logic Control (PLC). Semoga bermanfaat![BT]

Sumber http://www.blogteknisi.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Mengenal Programmable Logic Control (Plc)"

Posting Komentar