Pengertian Dan Perbedaan Cd-Rom, Cd-R Dan Cd-Rw

 CD ROM yaitu abreviasi dari Compact Disk Read Only Memory Pengertian dan Perbedaan CD-ROM, CD-R dan CD-RW

CD ROM yaitu abreviasi dari Compact Disk Read Only Memory. CD ROM yaitu sebuah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk membaca data dari CD. Perlu diketahui bahwa CD ROM hanya bisa dipakai untuk membaca data-data dari CD saja.

Ada 2 tipe CD ROM, yaitu ATA/IDE dan SCSI. Perbedaan kedua tipe ini yaitu kecepatannya dikala membaca data. Tipe ATA mempunyai kecepatan ssekitar 100-133 Mbps. Sedangkan tipe SCSI memeiliki kecepatan mencapai 150 Mbps.

Apa yang bisa dilakukan oleh CD ROM?

Sesuai dengan namanya, CD ROM atau CD ROM Drive mempunyai fungsi untuk membaca data-data pada CD dan melaksanakan burning data ke CD. Istilah gampangnya yaitu menampilkan data yang ada di CD dan menyimpan data ke dalam CD.

Sampai disini paham mengenai CD ROM? CD ROM berbeda loh dengan DVD ROM. Nanti untuk perbedaannya dibahas pada artikel selanjutnya.

Sekarang kita membahas mengenai CD-R dan CD-RW. Pernah gak dikala Anda ingin membeli CD, lalu si penjual nanya, mau CD-R atau CD RW? Keduanya ini berbeda loh, apa saja perbedaannya? Berikut klarifikasi lengkapnya.

Apa itu CD-R?

Sesuai dengan pemanis pada namanya yaitu ada abjad R yang berarti Read. Maksudnya yaitu CD jenis ini hanya bisa membaca data-data. Untuk kapasitas penyimpanannya yaitu 700 MB.

Apa itu CD-RW?

Kita perhatikan lagi pemanis pada namanya ada abjad RW yang berarti Read & Write. Maksudnya yaitu CD jenis ini bisa membaca data sekaligus menulis. Artinya data-data yang ada di CD jenis ini sewaktu-waktu bisa dihapus lalu dimasukkan lagi data yang baru. Kelebihan CD jenis ini yaitu bisa dipakai berkali-kali dengan data yang berbeda. Perbedaan lainnya yaitu dari segi harga jualnya, CD-RW akan sedikit lebih mahal dibanding CD-R. Kemudian untuk kapasitasnya sama-sama 700 MB.

Sudah paham kan perbedaan CD ROM, CD-R, dan CD-RW? Jangan hingga salah artikan loh dan jangan hingga salah beli juga.

Sekian artikel singkat kali ini. Semoga yang sedikit ini sanggup menawarkan manfaat yang besar untuk teman-teman semuanya. Jangan lupa share dan kalau ada tambahan atau pertanyaan silahkan tuliskan pada kolom komentar di bawah ini.
Sumber http://www.gudangilmukomputer.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Pengertian Dan Perbedaan Cd-Rom, Cd-R Dan Cd-Rw"

Posting Komentar